10 Kebiasaan Cantik Yang Harus Anda Lakukan Setiap Malam

February 19, 2018

Sepanjang hari, kulit sering terkena sinar UV, polusi debu, bahan kimia dan kondisi lingkungan. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada kulit anda dan menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis-garis halus dan kulit kusam.

Anda bisa mengembalikannya dengan melakukan perawatan rutin untuk kulit dan rambut setiap malam sebelum tidur. Setelah anda seharian bekerja atau beraktivitas diluar.

Saat anda tidur, kulit melakukan perbaikan sendiri dan dengan sedikit bantuan dari anda, kulit akan kembali menjadi sehat. Rutinitas perawatan kulit setiap malam dengan tepat akan membantu meningkatkan warna kulit, membuat kulit bersinar, mengurangi noda dan melembabkan serta meremajakan kulit.

Hanya dengan memberikan waktu beberapa menit untuk kulit anda setiap malam, anda akan melihat peningkatan kecantikan dalam beberapa hari. Penasaran! yuk langsung aja dicoba 10 kebiasaan berikut ini yang bisa anda praktekkan sendiri.

1.Menghapus Makeup

Terlepas dengan jadwal anda yang sibuk seharian terkadang ketika sampai dirumah, masuk kamar langsung merebahkan diri di tempat tidur dan terlelap. Ini kebiasaan yang buruk, tak peduli seberapa lelahnya anda, anda harus bisa meluangkan waktu untuk menghapus riasan sebelum tidur.

Hal ini sangat penting jika anda ingin menjaga kulit terlihat awet muda. Ketika anda tidur di malam hari pori-pori kulit terbuka, tetapi ketika ada lapisan riasan pada wajah seperti lipstik, maskara, alas bedak, dan eye shadow, semua itu akan menyumbat pori-pori.

Maka akan dapat menyebabkan bintik-bintik, kulit yang tidak merata bahkan jerawat. Anda dapat menggunakan makeup remover atau pembersih wajah untuk membersihkan kulit dan membuat wajah anda bersih bebas dari make up.

2. Gunakan Toner

Toner membantu mengembalikan tingkat PH alami kulit, yang membuat kulit lebih tahan terhadap bakteri dan mikro-organisme. Hal ini juga dapat membantu membersihkan kulit dari debu, polusi dan kotoran. Terutama untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Ada banyak jenis toner yang dijual di pasaran untuk berbagai jenis kulit. Jika anda ingin menggunakan toner alami, maka air mawar adalah pilihan yang terbaik karna mampu menghidrasi, mencerahkan dan memberikan efek fresh.

Tuangkan toner ke kapas dan usapkan ke seluruh wajah serta leher dan kemudian biarkan kering secara alami, lebih baik gunakan toner bebas alkohol.

3. Mengoleskan Krim Tangan

Untuk menjaga tangan tetap halus dan lembut sepanjang hari, anda perlu mengoleskan krim tangan setiap malam. Cuci tangan secara menyeluruh dengan air hangat dan sabun, lap dengan handuk kemudian oleskan krim tangan.

Gunakan krim tangan yang tebal dan sedikit berminyak untuk menjaga tangan anda tetap lembab sepanjang malam. Ini akan membantu tangan dan kuku terlihat baik saat di pagi hari. Juga menjaga kutikula dalam keadaan lembab dan mencegah tanda-tanda penuaan seperti kulit kendur dan keriput.

4. Gunakan Krim Mata

Tahukah anda bahwa daerah mata merupakan hal pertama yang menunjukan tanda-tanda penuaan, sangat penting menjaga mata anda dengan benar. Pertama, Anda perlu menghapus semua riasan pada mata anda. Kemudian oleskan krim mata sebelum tidur.

Krim mata dapat membantu melembabkan, menghidrasi, mengurangi lingkaran hitam, mengurangi munculnya keriput dan mengencangkan daerah bawah mata.

Gunakan krim mata yang ringan dengan bahan-bahan yang mengandung seperti kafein, peptida, antioksidan dan pencerah. Mulai terapkan dari sudut bagaian dalam mata dan pijat dengan lembut kearah sudut luar.

5. Sikat Gigi

Setelah anda selesai makan malam, pastikan anda menyikat gigi sebelum tidur. Ini akan membantu menjaga mulut anda bebas dari kuman, gigi berlubang dan infeksi. Juga membantu menghindari nafas yang bau di pagi hari.

Gunakan sikat gigi yang berbulu lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride lalu sikat gigi anda setidaknya selama 2 menit. Sikat permukaan luar dan dalam gigi, kemudian kumur-kumur dengan air hangat secara menyeluruh.

Disarankan untuk sikat gigi sekitar 30 menit setelah makan, terutama setelah makan makanan yang mengandung asam.

6. Menggunakan Petroleum Jelly Pada Kaki

Kaki indah dan sehat adalah cerminan sejati tentang keindahan dan kepribadian anda, maka anda tidak boleh mengabaikannya dalam rangkaian perawatan kecantikan anda di malam hari.

Setelah mencuci kaki dengan air hangat, lap dengan benar dan kering. Kemudian oleskan petroleum jelly atau krim pada kaki yang telah kering. Untuk mencegah kulit kasar pada kaki dan mencegah kulit tumit retak-retak serta membuatnya menjadi lembut. Lalu pakai kaos kaki dan segera tidur.

Jika anda punya waktu, pijat kaki anda setiap hari dengan gerakan melingkar setidaknya 5 menit, dapat membuat anda menjadi santai dan tidur lebih baik.

7. Ikat Rambut

Beberapa orang terbiasa tidur dengan rambut terurai, tetapi lebih baik untuk mengikat rambut saat tidur. Ini akan menguntungkan untuk rambut dan kulit anda.

Sisir rambut anda kemudian ikat dengan disanggul, untuk menghindari kusut saat anda bangun di pagi hari. Ini akan membantu menjaga rambut agar tidak terkena wajah saat anda sedang tidur. Rambut mengandung minyak dan kotoran yang dapat menyebabkan jerawat pada wajah.

8. Menyalakan Humidifier

Menyalakan humidifier di malam hari sebelum tidur sangat penting terutama di musim dingin. Hal ini membantu menenangkan kulit kering, gatal dan retak-retak.

Tingkat kelembaban yang rendah dapat memperburuk gejala eksim, psoriasis dan kondisi lainnya. Tapi ini dapat diatasi dengan mudah dengan menyalakan humidifier.

Jadi, untuk mendukung kulit indah, maka anda dapat tidur dengan humidifier sepanjang malam.

9. Menggunakan Sarung Bantal Sutra

Tidur dengan sarung bantal dan sprei sutra akan sangat menguntungkan kulit serta rambut anda. Sutra mengandung protein alami dan 18 asama amino esensial yang membantu kulit anda terlihat awet muda dan cantik.

Ini juga mencegah terjadinya bekas tidur pada wajah anda yang sering terjadi ketika tidur pada sarung bantal biasa.

Sutra yang halus baik untuk rambut anda juga. Ini membuat rambut bergeser dengan lancar dan akan mengalami sedikit kerusakan. Sedangkan, sarung bantal biasa akan menyebabkan rambut menjadi mudah kusut.

10. Tidur Yang Cukup

Setelah seharian bekerja, sangat penting untuk mendapatkan tidur yang cukup di malam hari untuk kecantikan anda. Durasi tidur dapat memiliki dampak besar pada penampilan anda di siang hari. Tidur adalah perawatan meremajakan, sebagai perbaikan dan proses pertumbuhan sel yang terjadi ketika anda tidur.

Kurang tidur dapat menyebabkan banyak tanda-tanda penuaan seperti kerutan, lingkaran hitam di bawah mata, kulit kusam dan garis-garis halus. Untuk menjaga diri anda agar tampak awet muda, maka tidurlah selama 7-8 jam.

Untuk menikmati tidur yang nyenyak, pertahankan waktu tidur yang teratur, matikan TV, letakan ponsel jauh dari jangkauan anda, menghindari kopi sebelum tidur dan mencoba mandi air hangat di malam hari.

Sekarang anda dapat menyambut pagi dengan kulit bercahaya dan indah dengan rutin membiasakan perawatan kecantikan setiap malam.