10 Kebiasaan Yang Membuat Anda Bahagia

April 11, 2018

Kebahagiaan adalah tujuan umum, tetapi hanya beberapa orang saja yang tampaknya mencapai itu dengan mudah. Ini adalah perasaan yang ada pada anda, bahwa dengan menyadari kehidupan yang baik, juga seperti rasa kesejahteraan, kebahagian atau kepuasan.

Kebahagiaan berasal dari dalam dan tidak membutuhkan bantuan dari luar untuk menciptakannya. Meskipun tidak mungkin untuk menjadi bahagia sepanjang waktu, kita semua memiliki kapasitas yang luar biasa untuk membawa tingkat kebahagiaan yang lebih besar ke dalam hidup kita.

Hanya beberapa perubahan dalam kehidupan sehari-hari, bersamaan dengan perubahan sikap yang anda butuhkan untuk menemukan kebahagiaan. Bahkan ilmu pengetahuan telah menemukan beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membuat diri sendiri lebih bahagia.

1. Bersyukur

Dengan berlatih bersyukur, anda dapat membawa lebih banyak kebahagiaan ke dalam hidup anda. Bersyukur untuk hal-hal sederhana dalam hidup anda, dapat membuat lebih positif dan kebahagiaan serta kepuasan dalam hidup. Bersyukur bahkan dapat melindungi anda dari stres, negatif, kegelisahan dan depresi.

Di sisi lain, mengeluh tentang hal-hal yang bekerja tidak sesuai dengan keinginan anda hanya akan menciptakan kesuraman dalam hidup.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kepribadian dan psikologi sosial, mengatakan efek dari rasa terima kasih pada fisik dan kesejahteraan psikologis menunjukan bahwa memiliki manfaat emosional dan interpersonal.

Penelitian lainnya mengatakan memberikan dorongan terhadap dukungan sosial dan melindungi dari stres serta depresi. Oleh karena itu, penting untuk bersyukur atas semua hal-hal kecil dalam hidup anda. Selalu ingat bahwa banyak orang yang kurang beruntung dan bahkan tidak memiliki hal yang bisa disyukuri.

Untuk mengingat hal-hal baik yang bisa anda miliki dalam hidup, anda bisa membuat catatan rasa syukur. Tuliskan hal-hal yang membuat anda merasa bersyukur kedalam catatan.

2. Lebih Banyak Tersenyum

Senyum mampu mengurangi rasa sakit dan membawa lebih banyak kebahagiaan. Tindakan sederhana ini dapat membuat orang merasa lebih baik dalam hitungan detik. Kekuatan senyum ini bahkan lebih efektif bila didukung dengan pikiran positif.

Tersenyum akan mengirim sinyal kembali ke otak, yang pada gilirannya akan meningkatkan hormon endorfin atau bahagia. Ketika otak merasa bahagia, maka anda akan tersenyum lebih lebar lagi. Tersenyum bahkan dapat meningkatkan kewaspadaan anda dan membantu anda bekerja lebih baik pada tugas-tugas kognitif.

Bahkan tindakan sederhana seperti menggigit pensil dengan gigi, yang menggunakan otot-otot untuk tersenyum dapat membuat anda merasa lebih baik. Jadi, ketika anda sedang sedih atau stres, maka lakukan gerakan sederhana ini untuk mengangkat suasana hati anda.

3. Lakukan Sesuatu Untuk Orang Lain

Jenis aktivitas seperti sukarelawan sangat baik, karena ini membuat anda keluar dari zona kenyamanan anda dan mengulurkan tangan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Menjadi relawan dapat membuat anda lebih kuat dan lebih fit, yang membantu anda mengatasi stres dengan lebih baik dan hidup lebih puas.

Ini juga dapat membangun hubungan sosial dan memberikan rasa kebahagiaan yang mendalam, yang dikaitkan dapat memperpanjang usia dan lebih sehat. Membantu orang lain tidak selalu berarti anda harus mengeluarkan uang.

Anda dapat menghabiskan waktu mengunjungi atau membantu di pusat-pusat komunitas. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Health dan perilaku sosial mengatakan ada hubungan positif sekitar enam aspek kesejahteraan pribadi yang bekerja menjadi relawan di masyarakat.

Cobalah untuk meluangkan waktu 1-2 jam dari jadwal anda setiap minggu menjadi pekerja sukarela dan rasakan perubahan dalam hidup anda.

4. Lebih Banyak Berolahraga

Melatih tubuh adalah pembangkit kebahagian yang kuat. Seperti obat-obatan yang bisa meningkatkan suasana hati, berolahraga setiap hari akan meningkatkan jumlah serotonin dan endorfin yang beredar di otak dan meningkatkan kebahagiaan. Juga dapat mengurangi stres, aspek penting dari kebahagiaan.

Olahraga bahkan dapat meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal psikologi kesehatan menemukan bahwa orang yang melakukan olahraga dalam seminggu selama 40 menit setiap hari merasa lebih baik, bahkan tanpa adanya perubahan pada fisik.

Penelitian lain menyimpulkan bahwa program latihan fisik memiliki efek positif pada kebahagiaan pada orang dewasa. Ada banyak hal-hal sederhana yang dapat anda lakukan untuk menjadi lebih aktif setiap hari.

5. Membatasi Penggunaan Media Sosial Dan Ponsel

Penemuan ponsel dan media sosial telah membuat banyak hal menjadi lebih mudah. Anda dapat berbicara dengan teman yang jauh hanya dengan bantuan dari ponsel. Melalui media sosial anda bisa mengetahui apa yang terjadi dalam kehidupan teman-teman dan anggota keluarga.

Meskipun media sosial dan ponsel tampak tidak berbahaya, ada banyak efek yang benar-benar merugikan terkait dalam penggunaannya. Memeriksa situs media sosial terlalu sering dapat memiliki efek psikologis yang parah, mulai dari meningkatkan depresi hingga kecemasan sosial.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal psikologi anak abnormal menemukan bahwa penggunaan media sosial oleh remaja dalam sehari-hari yaitu prilaku mencari perhatian akhirnya menyebabkan peningkatan tingkat depresi dan kecemasan.

Untuk mendapatkan kehidupan yang bahagia, cobalah untuk membatasi penggunaan ponsel serta media sosial.

6. Terhubung Dengan Lebih Banyak Orang

Hubungan merupakan hal paling penting untuk kebahagiaan. Orang yang dalam hubungan sosialnya kuat dan luas akan lebih bahagia, sehat dan hidup lebih lama.

Keluar dari zona kenyamanan anda dan mulai habiskan waktu dengan anggota keluarga dan teman. Aktif bersosialisasi melancarkan jalan bagi lebih banyak cinta, makna dan dukungan dalam hidup. Ini juga bahkan menanamkan rasa harga diri.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Health dan perilaku sosial menunjukkan bahwa hubungan sosial mempengaruhi berbagai hasil kesehatan, termasuk kesehatan mental, kesehatan fisik, dan risiko kematian.

7. Lakukan Meditasi Selama 10 Menit

Banyak yang mengetahui bahwa meditasi sangat penting, tapi sangat sedikit dari kita yang mempraktekkan hal ini. Meditasi membantu meningkatkan fokus, dan ketenangan dalam hidup. Meditasi dapat meningkatkan emosi positif, yang akan meningkatkan kebahagiaan dan kepuasaan hidup secara keseluruhan.

Saat memulai meditasi, maka meditasi kesadaran adalah yang terbaik. Jenis meditasi ini melibatkan pemusatan perhatian pada saat sekarang tanpa penghakiman. Meditasi bahkan sangat menguntungkan untuk mengurangi kecemasan.

8. Menghabiskan Lebih Banyak Waktu Dengan Alam

Di zaman teknologi yang serba canggih saat ini, membuat anda jauh dari alam sehingga ketidakpuasan dan kesedihan terus meningkat. Berada di alam bebas dapat meningkatkan kesehatan, kebahagiaan dan kesejahteraan.

Di sisi lain, penyimpangan dari alam adalah penyimpangan dari kebahagiaan. Sebuah penelitian yang diterbitkan di American Chemical Society’s jurnal lingkungan sains dan teknologi melaporkan bahwa ruang hijau dapat membuat orang bahagia selama bertahun-tahun.

Penelitian lain yang diterbitkan oleh Proceedings of National Academyof Sciences menemukan bahwa orang-orang yang berjalan kaki selama 90 menit melalui lingkungan alam dilaporkan menunjukkan penurunan pada aktivitas saraf di daerah otak yang berhubungan dengan risiko penyakit mental dibanding dengan mereka yang berjalan di lingkungan perkotaan.

9. Turunkan Keinginan Anda

Keinginan untuk hal-hal yang baik dan lebih baik dapat mempengaruhi tingkat kebahagiaan anda. Di sisi lain, membelanjakan uang Anda dengan bijak, Anda bisa menangani materialisme Anda dan meningkatkan kesejahteraan Anda.

Jika status keuangan anda memungkinkan, habiskan uang untuk pengalaman yang membantu anda mendapatkan kebahagiaan yang sangat pantas dalam hidup anda daripada untuk hal-hal yang tidak berguna. Seperti pergi berlibur bersama keluarga atau teman akan menambah kebahagiaan daripada sekedar membeli pakaian.

Untuk meningkatkan kebahagiaan Anda, tetap awasi pengeluaran Anda dan jauhi perilaku sombong.

10. Berlatih Spiritualitas Atau Iman

Spiritualitas berarti proses pembelajaran batin. Orang-orang yang beriman memiliki tujuan dan arti dalam hidup dan meraka merasa terhubung dengan kekuatan kekal yang lebih luas. Hal ini membantu menentukan kebahagiaan.

Spiritualitas dan kebahagiaan adalah konsep yang sangat penting dari kehidupan manusia. Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Internasional Psikologi India bahwa spiritualitas membuat sesorang lebih terbuka dalam emosi positif dan perasaan. Jadi spiritualitas secara positif berhubungan dengan kebahagiaan.