10 Makanan Detoksifikasi Dan Manfaat Yang Mengejutkan Untuk Tubuh

January 31, 2018

Anda mungkin sangat menikmati menyantap makanan olahan seperti burger, kentang goreng, pizza dan makanan cepat saji lainnya. Tapi pernahkah anda mencoba untuk mendetoks tubuh anda? Bisakah anda bayangkan berapa banyak racun yang menumpuk dalam tubuh anda, bukan hanya dari makanan yang anda makan saja, melainkan dari produk kosmetik serta berbagai polusi yang anda hirup.

Detoksifikasi atau pembersihan membantu tubuh anda membuang racun secara teratur yang terpapar dari makanan dan lingkungan. Efek yang terjadi bisa bermacam-macam tergantung proses detoks yang dipilih, berapa lamanya dan juga latihan yang anda lakukan.

Apa manfaat pada tubuh setelah dilakukan detoksifikasi? Makanan apa saja yang baik untuk detoksifikasi? penasaran kan? yuk langsung lihat aja penjelasannya.

Manfaat Detoksifikasi Untuk Tubuh

Meningkatkan Energi

Dengan mengurangi beberapa tekanan pada organ tubuh anda melalui pembersihan atau detoks, anda dapat meningkatkan energi anda secara keseluruhan setiap hari. Detoks dilakukan dengan membersihkan organ tubuh dari berbagai bahan kimia dan zat yang tidak perlu yang masuk melalui makanan anda.

Hasilnya, anda akan memberikan pada tubuh anda dengan tepat apa yang dibutuhkannya dan memungkinkan untuk memfokuskan kinerja yang lebih baik. Bukan hanya mencegah anda dari penyakit tetapi juga meningkatkan energi.

Membantu Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Detoks dengan menggunakan jus sangat populer, termasuk berbagai jus buah dan sayur seperti jeruk, apel, bit, wortel dan bahkan bayam. Apakah semua buah-buahan dan sayuran memiliki kesamaan? Ya, mereka sama-sama mengandung vitamin dan nutrisi seperti zat besi dan vitamin C.

Sistem kekebalan tubuh memerlukan vitamin dan nutrisi dalam melawan berbagai infeksi dan virus, yang mungkin anda alami. Inilah sebabnya detoks sangat membantu bagi orang-orang yang sangat jarang mengkonsumsi sayur dan buah dalam menu sehari-harinya.

Pastikan anda memilih cara detoks yang berkualitas untuk membersihkan organ dalam tubuh anda dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan hasil yang terbaik. Detoks memiliki peran penting untuk pembersihan tubuh.

Membantu Tubuh Memproduksi Serotonin

Jika organ tubuh anda berfungsi secara efisien, kemungkinan anda akan tidur dengan nyenyak yang membuat anda merasa senang dan energik sepanjang hari. Detoks baik dalam menjaga kesehatan usus dan menjaga anda agar tidak terbangun pada tengah malam, karena tubuh anda memproduksi banyak serotonin, bahan kimia yang dihasilkan tubuh pada saat anda tidur.

Serotonin membantu anda menyeimbangkan mood, mengurangi depresi, meningkatkan memori dan membantu pencernaan. Semua ini terjadi jika anda bisa tidur nyenyak pada malam hari sehingga tubuh memproduksi serotonin dengan baik.

Membantu Menguatkan Rambut

Seperti kulit, rambut juga membutuhkan banyak vitamin dan nutrisi sehingga dapat tumbuh dengan kuat dan mengkilap. Saat rambut berhadapan dengan racun dalam tubuh, maka akan meningkatkan risiko kerusakan, pertumbuhan rambut yang lambat dan keliatan kusam.

Detoks membantu mengurangi racun dalam tubuh yang berhubungan dengan rambut sehingga rambut bisa tumbuh dengan bagus dan indah.

Memperbaiki Penampilan Kulit

Polusi udara, lemak dalam makanan dan bahan kimia lainnya yang masuk ke dalam tubuh dapat mempengaruhi penampilan kulit. Hal ini membuat kulit kusam, pori-pori tersumbat, minyak yang berlebih, kulit bersisik dan kering, serta banyak lagi. Itu semua tergantung seberapa banyak racun yang terserap dalam tubuh anda.

Menghilangkan racun dari tubuh anda lebih efisien dengan bantuan detoks dan pastikan kulit anda terjaga kebersihannya agar mendapatkan kulit yang bersih.

Membantu Organ Bekerja Lebih Baik

Apakah anda tahu bahwa tubuh bisa melakukan detoks sendiri? Tapi ini bukan berarti detoks dari luar tidak perlu. Meskipun hati, ginjal, paru-paru dan sebagainya dapat mendetoks tubuh walaupun hanya sedikit tapi jika anda terus memperberat kerja mereka dengan terus-terusan makan makanan olahan maka mereka tidak akan bekerja secara efisien.

Hal ini bisa menyebabkan risiko jatuh sakit. Anda harus fokus untuk memilih makan makanan yang bersih dan sehat, karena organ dalam tidak mampu detoksifikasi hal yang tidak bisa dihindari seperti polusi. Dengan membantu detoks dari luar anda membantu kerja organ dalam lebih efisien dan ini lebih dari sekedar membuat anda tehindar dari sakit.

Nah, udah tau donk manfaat detoks itu bagus banget untuk tubuh. Kalau udah tau manfaatnya, pasti sekarang bingung gimana ya cara melakukan detoks? Anda bisa melakukan detoks melalui makanan yang anda makan, berikut makanan terbaik yang bisa anda konsumsi untuk melakukan detoksifikasi pada tubuh.

Makanan Yang Bagus Untuk Detoksifikasi

1. Artichoke

Artichoke membantu hati berfungsi secara optimal. Ketika hati dapat bekerja dengan baik, maka akan membantu membuang racun di dalam tubuh. Artichoke memungkinkan hati untuk membuat lebih banyak empedu yang membantu memecah makanan sehingga lebih mudah untuk mengambil nutrisi yang ada pada makanan.

Serta kaya akan serat, magnesium, protein dan kalium. Juga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan membuat hati berfungsi dengan baik.

2. Asparagus

Asparagus membantu hati untuk lebih mudah menyaring bahan-bahan beracun dalam makanan yang anda makan. Ini membantu detoksifikasi tubuh serta membantu anti penuaan juga melindungi anda dari kanker, menjaga jantung tetap sehat dan anti inflamasi.

Asparagus mengandung glutathione yang kuat akan antioksidan dan dikenal untuk detoksifikasi serta kaya akan folat, serat, iron, vitamin A, C, E dan K.

3. Bit

Pektin yang terkandung dalam bit mampu membersihkan racun yang dikeluarkan dari hati dan mengeluarkannya dari tubuh, racun akan masuk kembali jika tidak segera dikeluarkan. Bit juga tinggi akan antioksidan dan mengandung banyak nutrisi yang dikenal sangat baik untuk detoksifikasi.

4. Brokoli

Brokoli bekerja dengan enzim hati sehingga bisa menghilangkan racun dalam tubuh anda. Serat dalam brokoli dan empedu mengikat asam dalam saluran pencernaan yang membuatnya lebih mudah untuk dihilangkan. Ini membantu menurunkan kadar kolesterol.

5. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan membantu fungsi hati. Vitamin C yang tinggi dalam bawang putih bertanggung jawab untuk mendukung hati. Substansi alami yang terkandung di dalamnya memiliki sifat penyembuhan yang banyak untuk tubuh.

6. Jeruk

Jeruk mengandung serat dan nutrisi yang membantu dalam detoksifikasi tubuh. Jeruk memperlambat tahap pertama detoksifikasi dalam hati, sehingga tahap kedua terjaga sehingga hati mampu menyeimbangkan beban kerjanya. Jika tahap kedua detoks tidak bisa mengikuti tahap pertama ada kemungkinan menyebabkan hiperaktif dan menyebabkan kerusakan pada sel-sel anda.

7. Kubis

Kubis diakui dengan kemampuannya untuk memberikan dukungan menyeluruh dalam detoksifikasi tubuh. Kubis juga membantu pengaturan detoksifikasi ke tingkat genetik. Kubis digunakan dari sebagian banyak program untuk membantu hati menyingkirkan kotoran.

8. Selada Air

Selada air mengandung vitaminB, seng, kalium, vitamin E, C dan antioksidan yang merupakan hal penting dalam detoksifikasi tubuh. Ini juga mengandung phytochemical yang merangsang enzim dalam tubuh. Selada air dapat membantu mencegah penyakit paru-paru termasuk kanker karena mengandung gluconasturtin.

9. Rumput Gandum

Rumput gandum membantu meningkatkan jumlah sel darah merah, membersihkan darah dan organ tubuh. Juga dapat mengurangi asam dalam darah yang dapat menyebabkan tukak lambung, sembelit dan diare. Kandungan klorofil yang tinggi dapat membantu oksigenisasi darah dan memberikan anda energi serta mengandung sembilan asam amino, vitamin dan mineral.

10. Rumput Laut

Rumput laut membantu memerangi peradangan dan kerusakan jaringan yang disebabkan oleh radikal bebas. Protein dan asam amino membantu melawan infeksi sementara serat membantu pertumbuhan bakteri baik dlam perut. Magnesium dan kalium melindungi pembuluh darah melawan dari efek stres.