10 Makanan Kaya Akan Antioksidan

April 30, 2018

Antioksidan sangat penting untuk kesehatan anda, bekerja melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidan yang merupakan radikal bebas dan memainkan peran utama dalam pembentukan penyakit.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Asian Journal of Research in Chemistry and Pharmaceutical Sciences Melaporkan bahwa antioksidan adalah faktor penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia secara optimal.

Antioksidan membantu mencegah penuaan dan berbagai penyakit kronis, termasuk diabetes, kanker dan penyakit kardiovaskular lainnya. Penting untuk memasukkan makanan yang kaya akan antioksidan ke dalam makanan anda untuk membantu melawan radikal bebas.

Antioksidan alami terdapat dalam buah dan sayuran tertentu. Resveratrol dalam anggur merah, likopen dalam tomat atau betakaroten dalam wortel adalah semua jenis antioksidan. Bahkan cokelat juga merupakan antioksidan karna mengandung flavonoid.

Makanan yang kaya akan antioksidan dapat mengurangi efek radikal bebas. Jadi, untuk menjaga tubuh tetap sehat, sangat penting untuk makan lebih banyak makanan yang kaya akan antioksidan. Berikut adalah 10 makanan yang kaya akan antioksidan yang perlu anda masukkan ke dalam makanan sehari-hari anda.

1. Cokelat Hitam

Kabar baik bagi semua pecinta cokelat, cokelat hitam yang terbuat dari biji kakao adalah salah satu sumber antioksidan terbaik yang juga mengandung flavanols dan polifenol. Antioksidan ini dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang mengesankan, seperti mengurangi peradangan dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Nutrisi sehat lainnya dalam cokelat hitam adalah serat larut, kalium, mangan, seng, selenium, tembaga, magnesium dan besi. Karena cokelat hitam memiliki kalori dan jumlah gula yang moderat, makanlah secukupnya untuk mendapatkan manfaat kesehatan tanpa terlalu banyak gula atau kalori.

2. Artichoke

Artichoke adalah sayuran berwarna gelap yang merupakan sumber kaya akan antioksidan. Terutama kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai asam klorogenat. Juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Nutrisi lainnya seperti vitamin A, C, E, B dan K, kalium, kalsium, magnesium, besi, tembaga dan fosfor serta rendah kalori.

Kandungan antioksidan dalam artichoke dapat bervariasi, tergantung bagaimana ini disajikan. Merebus dan mengukus membantu menjaga kekuatan antioksidan dalam artichoke. Di sisi lain, menggoreng artichoke dapat mengurangi kandungan antioksidan di dalamnya.

3. Kacang Pikan

Semua jenis kacang-kacangan adalah sumber yang kaya akan antioksidan, tapi kacang pikan merupakan yang paling tinggi. Kacang pikan mengandung berbagai macam antioksidan seperti vitamin E, yang dikenal sebagai tokoferol, serta zat fenolik lainnya.

Kacang ini juga sumber yang kaya akan berbagai vitamin penting seperti B kompleks, vitamin A, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan seng. Juga sumber lemak tak jenuh dan protein.

Untuk mendapatkan manfaat antioksidan dari kacang pikan, anda bisa menambahkannya ke atas pancake atau wafel, yogurt rasa buah serta sereal panas atau dingin.

4. Blueberry

Buah berwarna biru kecil ini mengandung antioksidan bahkan mengandung jumlah tertinggi dari antioksidan diantara beberapa buah dari kategori yang sama. Antioksidan dalam blueberry, terutama jenis yang disebut anthocyanin, sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Blueberry juga kaya akan vitamin C dan K serta mangan bersamaan dengan riboflavin, folat, serat, niasin, magnesium, potasium, tembaga, besi dan seng. Hanya setengah cangkir blueberry dapat memberikan semua antioksidan yang anda butuhkan per hari.

Anda dapat langsung memakan keseluruhannya atau mencampurkannya ke dalam salad buah, sereal atau dijadikan smoothie.

5. Kubis

Kubis adalah makanan kaya akan antioksidan lain yang juga perlu anda masukkan ke dalam makanan harian anda. Kubis mengandung berbagai antioksidan dan yang paling terkenal yaitu quercetin dan kaempferol. Kedua senyawa ini diyakini dapat melawan penyakit yang berbeda.

Sayuran berdaun hijau ini juga mengandung vitamin seperti A, C dan K serta beberapa vitamin B. Juga memiliki nutrisi seperti serat, magnesium, kalsium, mangan, tembaga, potasium, besi, fosfor dan protein.

Juga mengandung sedikit lemak yang sebagian besar adalah omega-3 asam lemak yang disebut Alfa-linoleat (ALA). Anda dapat membuatnya menjadi keripik atau membuatnya menjadi salad, sup atau smoothie lezat. Ukuran porsi yang disarankan adalah 1 ½ hingga 2 cangkir.

6. Bayam

Bayam adalah kaya akan antioksidan. Faktanya, ini adalah salah satu sumber terbaik beta-karoten, antioksidan yang dikenal karena sifat antikanker, anti-penuaan dan melindungi jantung. Bayam juga memiliki limpahan antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Bayam adalah sumber terbaik dari vitamin A, B2, C, E dan K serta mengandung mineral seperti mangan, magnesium, besi, kalium, kalsium dan folat. Juga penuh dengan serat bahkan rendah kalori. Usahakan makan sekitar 1 cangkir bayam setiap hari. Anda dapat menambahkannya ke dalam salad, smoothie, jus, sandwich dan hidangan utama lainnya.

7. Strawberry

Strawberry mengandung anthocyanin, antioksidan yang melindungi terhadap penyakit kardiovaskular. Juga mengandung beberapa vitamin B, C dan K serta megandung magnesium, mangan, kalium, serat, folat, tembaga, kalium, biotin dan asam lemak omega-3. Selain itu memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah kalori.

Makan segenggam strawberry setiap hari sebagai snack sehat untuk mendapatkan manfaat antioksidan. Anda juga dapat menambahkan beberpa strawberry ke dalam smoothie, milk shake, salad, es krim dan kue.

8. Bit

Bit kaya akan antioksidan betalain, yang dikenal untuk melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit. bit mengandung vitamin A, B6 dan C serta kalium, magnesium, besi, asam folat, seng, karbohidrat, protein dan serat larut.

Juga, bagian atas yang berdaun hijau kaya akan vitamin C, kalsium, zat besi dan magnesium. Untuk menikmati kekuatan antioksidan, baik daun dan akar bit dapat dimakan. Akarnya bisa dimakan mentah dalam salad atau dimasak dengan kulit untuk mempertahankan semua nutrisi di dalamnya.

9. Brokoli

Dari semua sayuran, brokoli merupakan salah satu sumber terbaik dari antioksidan. Antioksidan dalam brokoli adalah lutein karotenoid, zeaxanthin dan beta-karoten. Sayuran hijau ini juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C, K dan A. Juga memiliki serat, mangan, potasium, besi, folat dan protein.

Masukkan brokoli ke dalam makanan harian anda setidaknya 4 kali seminggu. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat antioksida dalam brokoli adalah dengan mengukusnya, karena kapasitas antioksidan hancur ketika dimasak terlalu lama.

10. kacang polong

Kacang kaya akan senyawa yang disebut flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan. Kacang merah dan hitam memiliki tingkat antioksidan tertinggi.

Semua jenis kacang-kacangan juga sangat tinggi serat, yang dapat membantu membuat gerakan usus anda teratur. Juga, kacang menawarkan nutrisi yang menakjubkan termasuk vitamin dan mineral seperti vitamin C, protein, kalsium, seng, selenium dan folat.