10 Manfaat Yoghurt Untuk Kecantikan Kulit Dan Rambut

March 23, 2018

Yoghurt kaya akan protein, kalsium dan vitamin D, B2, B12 dan B5 serta probiotik, yoghurt memberikan banyak manfaat kesehatan. Selain untuk kesehatan secara keseluruhan, nutrisi dalam yoghurt polos tanpa pemanis juga baik untuk kulit dan rambut.

Asam laktat, seng dan vitamin B dalam yoghurt menawarkan banyak manfaat kecantikan. Namun, anda harus memastikan untuk menggunakan yoghurt polos, organik dan tanpa zat aditif.

Berikut 10 manfaat menakjubkan dari yoghurt untuk kulit dan rambut.

1. Mengobati Kulit Kering Dan Gatal

Yoghurt adalah agen hydrating yang sangat baik untuk membantu melawan kekeringan. Melakukan exfoliating dengan yoghurt akan menjadikan kulit lembab. Asam laktat di dalamnya membantu menyingkirkan kuman atau bakteri yang dapat menyebabkan gatal.

Selain itu, sifat antioksidan dan anti-inflamasi dapat membantu menenangkan kulit kering dan gatal.

  • Untuk penggunaan sehari-hari, anda bisa langsung mengoleskan yoghurt polos pada wajah, tangan dan kaki pijat lembut dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 10 menit, kemudian cuci bersih.
  • Untuk penggunaan mingguan, siapkan yoghurt setengah cangkir dan 3-4 sendok pepaya masak yang sudah dihancurkan. Anda juga bisa menambahkan sedikit madu dan lemon. Oleskan pada kulit selama 10 menit dan bilas dengan air dingin.
  • Untuk maker wajah, campurkan 4 sendok yoghurt polos, 1 sendok bubuk cokelat dan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah dan leher, biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air dingin, gunakan 2-3 kali seminggu.

2. Bantuan Darurat Akibat Sengatan Matahari

Yoghurt merupakan produk alami kaya protein yang juga mencerahkan warna kulit akibat berjemur serta menenangkan kulit terbakar karena sinar matahari. Kandungan pelembabnya membantu menyembuhkan kulit rusak akibat paparan berbahaya sinar UV.

Kandungan seng dalam yoghurt memiliki sifat anti-inflamasi yang juga membantu mendinginkan kulit karena sinar matahari.

  • Oleskan yoghurt polos ke daerah kulit yang terkena, biarkan selama 15 menit lalu lap dengan handuk basah yang hangat.
  • Campurkan jus tomat dan mentimun dengan setengah cangkir yoghurt, oleskan pada kulit yang terkena selama 15-20 menit kemudian cuci bersih.

Anda bisa melakukan salah satu cara diatas 2-3 kali seminggu.

3. Melawan Ketombe

Salah satu penyebab ketombe adalah jamur yang membuat kulit kepala terkelupas, yoghurt adalah agen anti jamur alami yang membantu menghilangkan ketombe. Hal ini juga membantu meringankan gatal-gatal pada kulit kepala, salah satu gejala dari ketombe.

  • Oleskan yoghurt pada kulit kepala dan pijat sekitar 5-10 menit. Anda juga bisa menambahkan sedikit lemon, biarkan selama 45 menit sebelum dibilas air hangat, gunakan beberapa kali dalam seminggu.
  • Selain itu, campurkan setengah cangkir yoghurt dengan 3 sendok biji fenugreek, oleskan pada kulit kepala dan rambut. Tunggu 1 jam lalu cuci dengan sampo, ulangi seminggu sekali.

4. Sebagai kondisioner Rambut

Yoghurt bekerja sebagai kondisioner yang membuat rambut anda lembut, halus dan mengkilap. Plus memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu menjaga kulit kepala tetap bersih dan bebas dari infeksi.

  • Aplikasikan yoghurt polos ke rambut anda yang sedang basah, biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Gunakan perawatan ini seminggu sekali.
  • Campurkan 4 sendok makan yoghurt dan 2 sendok makan gel lidah buaya serta minyak kelapa. Aduk dan oleskan pada seluruh rambut. Biarkan selama 45 menit sampai 1 jam, lalu cuci dengan sampo. Gunakan perawatan ini 2 kali seminggu.

5. Mengurangi Noda

Wajah bernoda tentu adalah hal yang paling anda benci dan berharap bisa menghilangkannya dan tidak kembali lagi.

Yoghurt dapat mengurangi munculnya noda dan bekas luka pada kulit. Hal ini juga memiliki efek membuat wajah lebih putih dan bisa merubah warna kulit.

Asam laktat dalam yoghurt bekerja sebagai pembersih alami dan agen exfoliating yang dapat membantu mengembalikan cahaya kulit anda.

  • Oleskan yoghurt polos pada daerah kulit yang gelap dan pijat selama beberapa menit. Biarkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air biasa. Gunakan 1-2 kali sehari untuk menghilangkan noda.
  • Campurkan 2-3 sendok makan yoghurt dan lemon. Oleskan pada kulit dan biarkan selama 20 menit, bilas dengan air hangat gunakan sekali sehari.

6. Mengencangkan Pori-pori Wajah

Pori-pori besar akan menimbulkan beberapa masalah seperti jerawat dan komedo, tapi bisa anda obati menggunakan yoghurt. Ini akan mengecilkan dan mengencangkan pori-pori besar di kulit anda.

Zat yang terkandung dalam yoghurt dapat membantu mempertahankan elastisitas pada kulit.

  • Oleskan 1 sendok teh yoghurt polos di wajah. Biarkan selama sekitar 15 menit agar meresap ke dalam kulit. Bilas dengan air dingin, ulangi 1-2 kali sehari.
  • Campur 2 sendok makan masing-masing yoghurt dan oatmeal instan. Oleskan ke wajah anda ini adalah masker yang akan mengencangkan pori-pori, biarkan selama 30 menit. Kemudian gosok dan bilas wajah dengan air hangat. Gunakan 3 kali seminggu.

7. Melawan Jerawat

Salah satu hal yang paling menyebalkan masalah pada wajah adalah jerawat dan ini bagaikan mimpi buruk. Tapi anda sekarang bisa mengatasinya dengan yoghurt yang memiliki segudang manfaat.

Yoghurt mengandung sifat antibakteri dan antijamur alami yang dapat membantu melawan jerawat. Ini juga mengandung bahan yang ringan untuk membantu mengencangkan jaringan kulit dan mencegah jerawat.

Seng dalam yoghurt memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

  • Masukan kapas ke dalam yoghurt polos tanpa pemanis dan oleskan pada daerah yang terkena.
  • Biarkan semalam dan keesokan harinya cuci muka dengan air dingin. Gunakan perawatan ini setiap hari sebelum tidur.
  • Buat pasta dengan 1 sendok makan yoghurt dan 1 sendok teh bubuk kunyit. Pijat pasta ini dengan lembut ke daerah rawan jerawat. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin, gunakan 1-2 kali sehari.

8. Mengurangi Keriput Dan Garis-garis Halus

Asam laktat, salah satu bahan utama dalam yoghurt membantu mencegah keriput dan mengurangi munculnya keriput yang sudah ada. Asam laktat juga membantu mengencangkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati.

Yoghurt bahkan mampu membantu radikal bebas yang dapat melepaskan molekul oksigen dari sel-sel kulit, sehingga merusaknya.

  • Untuk perawatan harian, campurkan 1 sendok makan minyak zaitun extra virgin dan 3-4 sendok makan yoghurt. Oleskan campuran pada wajah selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Hancurkan pisang dan campurkan setengah cangkir yoghurt serta 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah selama 20 menit lalu bilas. Gunakan masker ini 2-3 kali seminggu.

9. Melembutkan Tumit Retak

Yoghurt juga dapat melunakkan tumit yang kasar dan retak. Asam laktat bekerja sebagai agen pengelupasan,yang dapat membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati. Dan membantu menyembuhkannya lebih cepat.

  • Rendam kaki anda dalam air hangat selama 15 menit,
  • Gunakan batu apung, scrub kaki dengan lembut,
  • Selanjutnya oleskan yoghurt polos pada tumit dan pijat lembut,
  • Tunggu 15 menit kemudian bilas menggunakan air hangat,
  • Lap dengan kering lalu gunakan kaus kaki,
  • Lakukan perawatan ini 1-2 kali seminggu.

10. Membuat tangan dan kuku Jadi Indah

Yoghurt bisa menjadi agen hydrating alami yang dapat membantu memerangi tangan kering dan kasar. Selain itu, asam laktat di dalamnya bekerja sebagai pembersih alami dan agen pengelupasan untuk mengangkat sel kulit mati.

Yoghurt juga memiliki sifat anti-inflamasi dan pelembab yang juga dapat mengobati radang yang menyakitkan.

  • Oleskan yoghurt pada tangan dan jari, pijat lembut selama 5 menit dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari.
  • Untuk perawatan mingguan, siapkan masker menggunakan 2 sendok makan yoghurt polos dan tepung gram lalu tambahkan sedikit bubuk kunyit. Aduk, oleskan pasta ini pada tangan dan biarkan kering sendiri,bilas dengan air hangat.