10 Minyak Terbaik Untuk Kulit Tampak Lebih Muda

January 25, 2018

Proses penuaan yang terjadi pada kulit adalah hal yang tidak bisa dihindari. Masalah garis-garis halus, keriput, dan kulit kendur mulai muncul diakibatkan menurunnya produksi minyak alami kulit. Tapi dengan beberapa perawatan khusus, anda dapat menjaga kulit anda tetap sehat dan mempertahankan penampilan agar selalu tampil awet muda, tanpa menghabiskan banyak uang untuk membeli produk anti penuaan.

Untuk menjaga kulit dari penuaan serta menjaga agar kulit tetap kenyal dan terdehidrasi, sangat penting untuk mengganti minyak yang hilang. Banyak minyak alami yang memiliki anti penuaan serta manfaat kesehatan yang dapat menjaga kulit anda terdehidrasi.

Minyak ini mengandung banyak antioksidan yang mampu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dari sinar ultraviolet dan polusi lingkungan. Juga mengandung senyawa unik lainnya yang mencukupi kebutuhan jenis kulit yang berbeda untuk mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan serta mencegahnya. Berikut adalah 10 minyak anti penuaan terbaik untuk kulit anda.

1. Minyak Argan

Minyak argan , diekstrak dari sebuah pohon yang sangat unik ditemukan hanya di Maroko, terdiri dari 80% asam lemak yang membantu memerangi radikal bebas dan memberikan manfaat anti penuaan.

Vitamin A dan E dalam minyak ini juga membantu mengurangi keriput, bintik-bintik, garis-garis halus dan kulit kendur. Ini secara efektif menjaga kulit tetap lembab dan meningkatkan elastisitas kulit. Bahkan melindungi kulit dari kerusakan oksidatif dari sinar ultraviolet.

Minyak argan cepat diserap oleh kulit dan tanpa meninggalkan sisa minyak dan tidak meninggalkan kesan lengket. Sangat cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak dan sensitif.

  • Setelah membersihkan kulit wajah, usapkan dengan lembut minyak argan dengan gerakan melingkar pada wajah anda. Lakukan setiap hari sebelum tidur.
  • Tambahkan 1 sendok minyak argan dalam makanan, rasa kacang akan menambah makanan anda terasa manis dan gurih.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bekerja sebagai minyak anti penuaan sempurna untuk menjaga kulit tampak lebih muda. Minyak ini kaya akan vitamin A dan E serta beberapa mineral dan asam lemak yang membantu melawan radikal bebas.

Bila digunakan secara rutin pada kulit, akan merangsang produksi kolagen, yang menjadikan kulit anda bercahaya dan halus. Jika dikonsumsi, minyak zaitun melindungi tubuh terhadap penyakit alzheimer, osteoporosis dan banyak lagi.

  • Sebelum mandi, pijat tubuh anda dengan minyak zaitun hangat selama 5-10 menit setiap hari. Ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kulit anda dari tanda-tanda penuaan.
  • Konsumsilah 1-2 sendok makan minyak zaitun.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa menggantikan dan meningkatkan produksi kolagen, yang mencegah tanda-tanda penuaan seperti keriput dan bintik-bintik penuaan. Sifat antioksidan membantu melawan radikal bebas dan menutrisi kulit rusak. Juga mengandung asam laurat yang memiliki sifat antibakteri yang dapat melawan jerawat.

Dapat juga digunakan untuk mengobati kulit kering kronis, eksim dan psoriasis. Bagus sebagai tabir surya alami yang membantu menjaga kulit anda melawan kerusakan akibat sinar matahari, salah satu faktor utama di balik penuaan dini.

  • Pijat tubuh dengan minyak kelapa setelah mandi untuk membantu kulit untuk mempertahankan kelembaban.
  • Anda juga dapat membuat scrub dengan menggabungkan minyak kelapa dan gula pasir, lakukan sekali seminggu.
  • Konsumsi 2 sendok minyak kelapa dapat menjaga tubuh tetap sehat.

4. Minyak Lavender

Minyak lavender ini juga baik untuk mengatasi penuaan kulit. Kandungan tinggi antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas yang merusak dan berbahaya. Mengurangi efek penuaan, mencegah garis baru dan membantu pembentukan regenerasi kulit.

Minyak lavender juga memiliki sifat antiseptik dan antijamur yang membantu mengobati sejumlah kondisi kulit, seperti jerawat dan psoriasis dan juga membantu membuat tidur lebih nyaman.

  • Tambahkan 5 atau 6 tetes minyak lavender dan 1 sendok gel lidah buaya, oleskan pada kulit dan pijat lembut. Tunggu sampai 10 menit, bilas dengan air dingin. lakukan setiap hari.
  • Gunakan air yang telas ditetesi minyak levender ketika mencuci wajah untuk menjaga kulit terdehidrasi, segar dan awet muda.

5. Minyak Jojoba

Minyak jojoba adalah salah satu minyak paling menghidrasi di dunia yang menawarkan manfaat anti penuaan. Vitamin seperti E dan C di dalamnya dapat dengan cepat meregenerasi sel kulit. Bahkan membantu mengurangi garis-garis halus dan tanda penuaan lain.

Minyak ini juga menjaga kelembaban kulit dan mencegah iritasi kulit atau kulit bersisik dan kasar yang sering terlihat pada penuaan kulit. Tekstur non berminyak membuatnya cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan berjerawat serta dapat mempercepat penyembuhan luka.

  • Campurkan minyak jojoba dalam jumlah yang sama dengan minyak yang lain seperti minyak almond. Gunakan pada kulit setelah mandi, lakukan sekali sehari.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak jojoba dalam masker pilihan anda.

6. Minyak Almond

Minyak almond juga dapat menunda proses penuaan dan mengatasi kerutan. Vitamin E dan K dalam minyak ini membantu kulit meregenerasi dan menjaga elastisitas serta melancarkan sirkulasi darah lebih baik.

Selain itu, minyak almond merupakan tabir anti surya alami, sehingga cocok untuk orang-orang yang banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari.

  • Pijat minyak almond ke kulit setelah mandi sekali sehari untuk menunda efek penuaan.
  • Oleskan beberapa tetes minyak almond hangat di bawah mata sebelum tidur untuk menyingkirkan keriput atau lingkaran hitam.
  • Konsumsi 2 atau 3 sendok minyak almond dalam secangkir susu hangat dan minum setiap hari. Bisa juga dicampurkan ke dalam smoothie atau salad.

7. Minyak Biji Delima

Minyak biji delima memiliki Antioksidan yang kuat melawan dan memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh paparan terhadap matahari dan faktor lingkungan. Minyak biji delima memperkuat lapisan luar dan memperbaiki lapisan dalam kulit.

Meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit. Juga memiliki antimikroba, anti inflamasi dan sifat yang mendukung kesehatan kulit. Minyak ini dapat digunakan pada wajah serta seluruh tubuh. Ini akan diserap dengan cepat dan efektif untuk melembabkan semua jenis kulit.

Pijat kulit anda dengan minyak biji delima sambil ditekan, gunakan sekali sehari.

8. Minyak Alpukat

Seperti ketika makan alpukat baik untuk kesehatan, menggunakan minyak alpukat pada kulit dapat menjaga kulit bebas dari tanda-tanda penuaan dan sangat baik untuk orang yang memiliki kulit kering.

Minyak ini sangat kaya akan vitamin A dan E yang membantu kerusakan, tidak hanya meningkatkan regenerasi sel-sel kulit tapi juga membuat sel-sel jaringan sehat. Jumlah protein dan lemak tak jenuh yang tinggi di dalamnya juga membuat kulit sehat dan mengurangi penuaan, keriput dan kulit kendur.

9. Minyak Gandum

Gandum juga memiliki sifat regenerasi kulit yang membantu menjaga kulit anda tetap muda dan sempurna selama bertahun-tahun. Minyak ini mengandung vitamin A dan E serta antioksidan yang kuat dapat membantu mencegah radikal bebas untuk sel-sel kulit.

Mendukung proses regenerasi alami kulit dan baik untuk mengobati kulit kering dan penuaan.

  • Tambahkan beberapa tetes minyak gandum dan 1 sendok gel aloe vera lalu oleskan pada kulit anda. Pijat lembut selama 5 menit, dan biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.
  • Campurkan minyak gandum dengan madu dalam jumlah sama, terapkan ke kulit selama 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih.

10. Minyak Mimba

Minyak mimba memiliki antioksidan baik sebagai antivirus, antijamur, analgesik, antiinflamasi, antibakteri dan antimikroba. Sifat antioksidan melindungi kulit dari racun-racun yang mempercepat proses penuaan.

Minyak ini juga tinggi asam lemak tak jenuh dan vitamin E yang membantu meremajakan sel-sel kulit dan mengembalikan elasitas kulit. Vitamin E memiliki efek yang melembutkan di kulit dan membantu mengurangi penampakan garis-garis halus, bintik-bintik penuaan dan keriput.

  • Campurkan 1 sendok minyak mimba dan 1 sendok minyak zaitun hangat atau minyak kelapa.
  • Pijat kulit selama 5 menit kemudian biarkan selama 10 menit, tidak perlu dibilas.
  • Lakukan sekali sehari sebelum tidur.

Sebelum menggunakan Salah satu minyak di atas ada baiknya melakukan uji coba pada tangan untuk mengesampingkan kemungkinan terjadinya alergi atau efek samping. Walaupun dari bahan alami, tidak semua kulit cocok untuk menggunakannya. Jadi anda bisa memilih salah satu minyak terbaik di atas yang bisa anda terapkan pada kulit anda. Stay healty, stay young.