10 Tanda Tubuh Anda Penuh Dengan Racun, Jangan Abaikan Gejalanya

February 7, 2018

Ketika berbicara tentang limbah beracun, pasti anda langsung berpikir tentang pabrik-pabrik kimia yang menghasilkan banyak limbah. Jarang anda berpikir bahwa sebenarnya tubuh anda juga menyimpan begitu banyak racun.

Ada banyak cara racun masuk kedalam tubuh anda. Melalui beberapa hal seperti :

  • Pernafasan, udara yang anda hirup setiap hari terkontaminasi dengan racun. Terutama orang-orang yang bekerja di pabrik dan kawasan industri, paling rentan terhadap penghirupan racun.
  • Konsumsi, penyebab paling umum dari toksin tubuh melalui konsumsi makan makanan olahan, makanan dengan pengawet dan makanan kaleng. Buah dan sayuran yang disemprot dengan pestisida. Makan di daerah yang terkontaminasi juga dapat menyebabkan mengkonsumsi zat beracun.
  • Penyerapan, kulit dan mata menyerap racun dari udara setiap hari. Produk perawatan kulit yang digunakan setiap hari. Racun dapat mengganggu fungsi tubuh dan mungkin akan berakibat fatal.

Seiring berjalannya waktu, penumpukan racun dalam tubuh dapat menyebabkan sakit kulit yang parah, infeksi mata dan perut, tumor, asma, penyakit saraf, komplikasi jantung, mutasi biologis dan infertilitas.

Penting untuk mengetahui bahwa tubuh anda membutuhkan bantuan diakibatkan kelebihan racun yang dialaminya, berikut tanda-tanda yang bisa anda ketahui.

1. Sembelit

Usus besar bertanggungjawab untuk mengolah racun dan menghilangkannya melalui kotoran yang dibuang secara teratur. Namun ketika usus besar bermasalah, maka dia tidak bisa menghilangkan semua racun dalam pencernaan anda.

Hal ini menyebabkan penumpukan kotoran di sepanjang dinding usus, dan menyebabkan sembelit serta kembung.

Sembelit merupakan buang air besar yang tidak teratur dan kotoran yang keras sehingga sulit untuk dikeluarkan. Untuk mengobatinya cobalah minum air, berolahraga setiap hari dan makan makanan yang kaya akan serat.

2. Berat Badan

Paparan bahan kimia berbahaya dan racun menyebabkan kerusakan pada banyak mekanisme pengendalian berat badan alami. Kurangnya olahraga dan makanan yang tidak sehat, maka racun memainkan peranan penting dalam menyebabkan obesitas.

Racun dapat mengubah cara kerja hormon alami tubuh, dengan mengubah kecepatan dan menghalanginya. Hormon yang dipengaruhi oleh racun yang berlebihan adalah tiroid, estrogen, testosteron, kortisol dan insulin.

Kelenjar tiroid mengatur metabolisme dengan mengeluarkan hormon pembakaran lemak. Racun akan memperlambat keluarnya hormon ini, sehingga mendorong kenaikan berat badan.

Pankreas memproduksi hormon insulin. Ketika anda makan makanan yang tidak sehat, tingkat gula akan naik. Insulin memindahkan kelebihan gula dari aliran darah ke sel untuk digunakan nanti. Ketika racun menggaggu insulin, maka kelebihan gula tetap ada dalam aliran darah dan merubahnya menjadi lemak, yang menyebabkan obesitas.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh lingkungan kesehatan perspektif mengevaluasi anak-anak perempuan yang terpapar pestisida tertular melalui udara dan tertelan selama kehamilan. Hasil menemukan hubungan langsung antara racun dalam rahim ibu dan obesitas yang terjadi pada anak-anak berusia 7 tahun

3. Kelelahan Berkepanjangan

Jika anda merasa lelah secara terus menerus, anda mungkin mengalami kelelahan yang disebabkan oleh racun. Tubuh mengurai makanan di saluran pencernaan untuk mendapatkan nutrisi penting untuk memproduksi energi.

Ketika racun menumpuk dalam saluran pencernaan, maka akan memperlambat dalam proses penguraiaan makanan. Hal ini menyebabkan anda merasa lelah, lambat dan kurangnya energi.

Entah itu pada pencernaan, buang air besar atau sekresi hormon, racun bercampur dengan sistem tubuh. Ini menyebabkan tubuh bekerja dua kali lebih keras untuk melakukan fungsi dasar. Sistem kekebalan tubuh yang lemah merupakan salah satu penyebab utama kelelahan.

4. Masalah Kulit

Kulit adalah organ detoksifikasi tubuh yang kedua. Ketika ada terlalu banyak racun dalam usus atau hati dan saat tidak mampu membersihkan darah yang penuh racun keluar dari pencernaan, maka kulit mencoba untuk mengambil alih untuk membuang racun. Detoksifikasi yang dilakukan oleh kulit berupa keringat yang berlebihan dan adanya ruam.

Masalah kulit juga dapat terjadi sebagai akibat dari racun. Anda sering menggunakan produk perawatan kulit dan make up yang mengandung racun. Ketika diserap oleh kulit, racun ini menyumbat pori-pori dan menyebabkan reaksi berbahaya.

Apakah racun tersebut diserap melalui penggunaan perawatan kulit dan produk kosmetik atau tertular melalui makanan dan air, racun dalam kulit dapat menyebabkan jerawat, peradangan, eksim, keriput, perubahan warna kulit dan lingkaran hitam.

5. Sakit Kepala Atau Migrain

Racun yang masuk melalui lingkungan dan makanan dapat menyerang sistem saraf dan akan menetap disana. Racun ini menyebabkan jaringan otak menjadi terlalu sensitif.

Oleh karena itu, ketika anda mengerahkan otak untuk merespon terhadap beberapa rangsangan akan menyebabkan rasa sakit yang membakar melalui jaringan otak yang biasa disebut migrain.

Selain itu, tubuh memiliki mekanisme menghasilkan racun sendiri. Saraf dapat melepaskan bahan limbah dan bahan bahan kimia seperti nitrat oksida ke dalam sistem saraf pusat. Tingkat nitrat oksida yang tinggi dalam tubuh dapat memicu migrain.

6. Perubahan Suasana Hati

Racun yang berasal dari makanan olahan, secara drastis dapat mempengaruhi suasana hati anda. Xenoestrogen adalah zat aditif pada makanan yang mengganggu estrogen alami dalam tubuh, yang menyebabkan perubahan suasana hati secara ekstrim.

Zat aditif lain disebut sebagai aspartam yang melepaskan racun dalam tubuh, dan dikaitkan dengan depresi berat. Minuman manis yang mengandung aspartam menyebabkan risiko lebih tinggi akan depresi.

 

Jika anda sering merasa tertekan, mungkin disebabkan oleh racun yang telah menumpuk dalam tubuh anda.

7. Nafas Bau

Jika nafas terus menerus berbau sementara anda telah menyikat gigi, berarti masalahnya tidak pada gigi anda melainkan pada sistem pencernaan. Saluran pencernaan merupakan rumah bagi bakteri baik maupun bakteri jahat.

Bila anda mengkonsumsi makanan olahan, karbohidrat dipecah menjadi gula yang berlebihan dimana bakteri berbahaya dapat tumbuh dan berkembang. Bakteri ini mengeluarkan racun yang tersimpan dalam pencernaan anda dan merangsang bau mulut.

Penumpukan plak dapat disebabkan oleh nafas yang bau akibat racun dalam tubuh. Bersendawa secara berlebihan juga menyebabkan bau mulut dan gejala tambahan dari gangguan pencernaan.

Selain itu nafas bau juga menunjukkan adanya masalah pada ginjal, yang bertanggung jawab untuk menghilangkan bahan kimia yang beracun dalam darah yang dikeluarkan melalui urin.

8. Nyeri Otot Dan Kejang

Paparan racun secara terus menerus dari produk-produk makanan, produk pembersih rumah tangga, kosmetik dan lingkungan akan mengaktifkan sistem kekebalan dan respon stres.

Ini menghambat mekanisme pertahanan tubuh, yang secara bertahap akan melemah. Hal ini dapat menyebabkan tekanan berlebihan yang mempengaruhi setiap organ dalam tubuh, termasuk otot.

Otot-otot yang tertekan akan menyempitkan kapiler, dan menghalangi aliran darah melalui otot. Sehingga dapat menyebabkan kekurangan oksigen dan ketegangan. Ketika otot-otot mencoba melawan dan bekerja secara berlebihan maka akan menyebabkan rasa sakit.

Nyeri otot yang disertai dengan kelelahan adalah salah satu gejala yang paling umum bahwa tubuh anda penuh dengan racun. Terapi pijat dapat membantu untuk mengatasi nyeri otot dan kejang.

9. Insomnia

Orang-orang yang bekerja di peternakan dan di pabrik-pabrik, orang-orang yang mengkonsumsi makanan olahan secara teratur dan orang-orang yang tinggal di rumah dengan cat yang beracun lebih memungkinkan terkena insomnia.

Sistem saraf pusat dapat dengan mudah menyerap zat tertentu. Zat-zat racun seperti lipofilik dapat menyerap kedalam darah dengan cepat menuju ke otak dan menetap disana. Kehadiran racun ini di otak menyebabkan gangguan tidur.

Karena otak mengeluarkan racun saat anda tidur di malam hari, insomnia dapat menghambat proses detoksifikasi. Jika anda menderita tidak dapat tidur di malam hari dan tidak tau kenapa, itu saatnya anda mulai mencoba untuk detoksifikasi tubuh anda.

10. Tubuh Menjadi Terlalu Panas Dan Berkeringat Berlebih

Hati yang bekerja terlalu keras biasanya menunjukan gejala seperti lonjakan panas pada tubuh dan keringat yang berlebihan.

Sementara berkeringat adalah cara yang bagus untuk membersihkan kulit dari racun, Tapi ketika anda berkeringat secara berlebihan mungkin itu cara tubuh anda bekerja keras untuk membersihkan racun pada tubuh anda.

Jika anda mengalami salah satu tanda atau mungkin bahkan beberapa tanda seperti di atas, ada baiknya anda mencoba untuk mendetoksifikasi tubuh anda untuk mengeluarkan racun yang menumpuk di dalam tubuh.