10 Tips Sehat Mengurangi Nafsu Makan Berlebih, Agar Tetap Langsing

January 23, 2018

Seberapa baik anda mengontrol nafsu makan dan makan makanan yang dapat membantu menurunkan atau menambah berat badan. Nafsu makan adalah fenomena psikologis dan fisik. Hal ini karena kadang-kadang anda akan makan lebih banyak bila sedang bosan atau stres, terlepas apakah anda benar-benar lapar atau tidak.

Selain itu anda tidak dapat menahan godaan akan makanan manis, asin atau yang berlemak. Makanan yang tidak sehat dapat merusak usaha anda untuk menurunkan berat badan. Berikut cara mengontrol keinginan makan yang berlebih dan dapat mengontrol cara makan anda agar menjadi lebih sehat.

1. Menambahkan Protein Dan Serat

Makanan yang kaya akan protein dan serat dapat memberi energi. Plus, protein dan makanan kaya serat membutuhkan banyak waktu bagi tubuh untuk mencernanya sehingga anda akan kenyang dalam waktu yang lama dan dapat menekan keinginan anda untuk tidak makan lagi.

Diet dengan protein yaitu meningkatkan rasa kenyang. Makan sehat protein seperti ikan, telur, unggas dan kacang-kacangan juga, makan banyak sayur, buah-buahan dan bijian untuk mendapatkan dosis harian yang cukup dari serat.

2. Minum Air Putih

Minum air sepanjang hari terutama sebelum makan dapat membantu menekan nafsu makan atau anda akan makan lebih sedikit.

Jika anda merasa lapar diantara waktu makan, minum segelas air dapat menunda rasa ingin makan. Bukan hanya air, sesuatu yang berbentuk cairan seperti jus atau sup sebelum makan juga dapat mencegah anda dari makan yang berlebih.

3. Sarapan

Tidak peduli seberapa sibuk anda, tapi jangan pernah lewatkan sarapan. Melewatkan sarapan dapat menyebabkan penurunan gula darah, yang menyebabkan anda akan makan lebih banyak disiang hari dan menyebabkan memilih makanan yang tidak sehat. Inilah sebabnya para ahli mengatakan sarapan adalah waktu makan yang paling penting.

Memilih pilihan sarapan yang sehat seperti semangkuk oatmeal, smoothie buatan sendiri, secangkir yogurt dengan buah, roti gandum, sandwich atau sereal gandum. Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan sarapan pagi, anda bisa menyiapkannya pada malam hari sebelum tidur.

4. Cukup Tidur

Kurang tidur memiliki banyak dampak negatif pada tubuh, termasuk peningkatan hormon kelaparan yang membuat anda makan cemilan sepanjang hari. Kurang tidur juga menyebabkan kadar hormon ghrelin kelaparan meningkat dan juga bisa membuat anda lebih tahan terhadap insulin.

Pada saat bersamaan, hormon leptin dilepaskan oleh sel lemak yang menekan nafsu makan sangat tergantung dari lamanya tidur. Jadi sangat penting untuk mendapatkan setidaknya 7-8 jam tidur setiap malam untuk mengontrol lapar dan keinginan untuk makan sepanjang hari. Tidur 1 jam setelah makan malam, akan mencegah anda dari mengemil saat larut malam.

5. Berjalan-jalan

Berjalan kaki sekitar 15 sampai 20 menit akan membantu merangsang hormon nafsu makan yang lebih rendah. Latihan sederhana ini juga menghentikan anda dari memikirkan makanan. Berjalan kaki juga akan membantu anda dalam mengurangi tingkat stres.

6. Makan Dalam Keadaan Santai

Dalam kondisi normal, otak anda tahu apakah anda merasa lapar atau kenyang. Tapi makan terlalu cepat atau makan sambil menonton televisi atau browsing media sosial dapat membuat otak anda sulit mengenali sinyalnya dan dapat mengakibatkan makan berlebihan

Untuk mengatasi masalah ini, makan dalam keadaan santai atau sedang tidak melakukan kegiatan apapun. Anda harus berkosentrasi pada apa yang anda makan dan menikmati makanan. Di sisi lain makan terburu-buru akan membuat anda makan lebih banyak lagi. Namun, anda harus mempelajari perbedaan antara lapar atau hanya sekedar ingin makan.

7. Minum Kopi

Minum beberapa cangkir kopi, terutama tanpa kafein, dapat membantu anda mengurangi rasa lapar. Juga, dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menekan nafsu makan jika dikonsumsi pagi hari. Kopi memiliki banyak manfaat kesehatan lain namun memberikan pemanis pada kopi akan meningkatkan kadar insulin.

Kopi yang dikonsumsi tanpa kafein dapat mengurangi kelaparan dan meningkatkan hormon kenyang peptida YY. Peptida YY di produksi di dalam usus dalam merespon makanan dan meningkatkan perasaan kenyang.

8. Mencubit Telinga

Trik mengejutkan dan sederhana ini mampu menekan nafsu makan anda lho. Rangsangan titik akupresur ini membantu mengembalikan keseimbangan energi anda. Faktanya bahwa ketidakseimbangan dan penyumbatan energi dapat menyebabkan keinginan berlebih untuk makan.

Jadi, jika anda ingin menekan nafsu makan, anda dapat mencubit telinga anda selama 10 detik.

9. Sikat Gigi

Walaupun terdengar aneh, menyikat gigi anda ketika anda memiliki keinginan yang kuat untuk makan maka trik ini bisa menghentikan keinginan tersebut. Bila anda memiliki mulut segar dan bersih anda akan merasa tidak ingin makan dan minum apapun.

Anda dapt membawa sikat gigi atau obat kumur untuk digunakan ketika keinginan untuk makan muncul. Tapi harus diingat bahwa menyikat gigi terlalu sering bisa mengikis enamel pada gigi anda. Jadi, jangan menggunakan trik ini terlalu sering.

10. Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Tindakan mengunyah akan menyebabkan penurunan rasa lapar dan keinginan untuk makan. Permen karet dapat menipu otak untuk membuat anda merasa kenyang. Permen karet bebas gula juga membantu menjaga mulut dan membersihkan gigi serta memproduksi banyak air liur.

Tips Tambahan

  • Tidak peduli apa yang anda makan, makan dengan perlahan dan fokus pada makanan.
  • Dianjurkan makan lebih sering dengan porsi kecil dan seimbang sepanjang hari.
  • Ketika anda ingin sekali makan sesuatu, lakukan pengalihan perhatian.
  • Menghirup minyak esensial seperti rosemary dan lavender untuk menahan nafsu makan.
  • Ketika anda ingin makan sesuatu yang manis, makanlah dark coklat maka rasa pahit dari coklat dapat membantu menekan nafsu makan.
  • Letakan makanan di piring kecil, agar kelihatan banyak.