14 Manfaat Menakjubkan Dari Buah Kurma

April 6, 2018

Buah kurma menjadi salah satu buah favorit menjelang ramadhan dan ini menjadi makanan buka puasa wajib yang ada disetiap rumah. Ternyata ada banyak manfaat dari buah kurma ini yaitu membantu mengatasi masalah sembelit, gangguan usus, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker perut dan lainnya.

Kurma juga membantu untuk mendapatkan berat badan yang ideal karena kaya akan beberapa vitamin, mineral dan serat.

Beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa makan satu buah kurma per hari diperlukan untuk diet yang sehat dan seimbang. Manfaat kesehatan yang paling besar dari buah kurma yaitu menjadi salah satu makanan terbaik dalam pembangunan otot.

Banyak yang mengkonsumsi kurma dengan beberapa cara, seperti mencampur dengan susu dan yogurt atau dijadikan sebagai toping di atas roti untuk sarapan yang lezat dan sehat. Ini bermanfaat untuk orang dewasa dan anak-anak, terutama selama masa pemulihan dari cedera atau penyakit.

Menurut survei medis, kurma bermanfaat dalam mencegah kanker perut. 

Kurma adalah salah satu makanan serbaguna yang paling baik untuk mengatur proses pencernaan. Secara signifikan dapat meningkatkan tingkat energi pada seseorang dalam waktu setengah jam setelah dikonsumsi. American Cancer Society merekomendasikan asupan 20-35 gram serat per hari, yang bisa di dapat dari kurma.

Nilai Gizi Dari Kurma

Kurma adalah sumber yang baik dari berbagai vitamin dan mineral. Hal ini juga merupakan sumber energi, gula dan serat yang baik.

Mineral penting seperti kalsium, besi, fosfor, natrium, kalium, magnesium dan seng yang dapat ditemukan di dalamnya. Kurma juga menagandung vitamin B1, riboflavin, niasin, folat, vitamin A dan vitamin K.

Manfaat Kesehatan Dari Kurma

1. Meringankan Sembelit

Kurma sering dikategorikan sebagai makanan pencahar. Inilah sebabnya mengapa kurma begitu sering dimakan oleh orang-orang yang menderita sembelit.

Untuk mendapatkan efek pencahar dari kurma, rendam beberapa kurma dengan air semalaman, kemudian konsumsi di pagi hari ketika kurma berubah menjadi sirup untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Kurma juga memiliki tingkat serat yang tinggi, penting dalam membantu gerakan usus yang sehat dan membuat makanan nyaman melalui saluran usus serta dapat meringankan gejala sembelit.

2. Memperkuat Tulang

Jumlah mineral yang ditemukan dalam kurma membuatnya sangat baik untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis.

Buah kering ini mengandung selenium, mangan, tembaga dan magnesium yang semuanya merupakan bagian integral dari perkembangan dan kekuatan tulang yang sehat seiring bertambahnya usia yang membuat tulang secara bertahap menjadi lemah. Jadi dengan memakan kurma dapat memberikan dorongan untuk tulang anda.

3. Mengobati Gangguan Usus

Kandungan nikotin dalam kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis gangguan usus. Dengan mengkonsumsi secara rutin dapat membantu menghambat pertumbuhan patologis organisme dan dengan demikian kurma dapat membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Dalam masalah hal pencernaan, kurma mengandung serat dan asam amino yang bermanfaat untuk merangsang dalam mencerna makanan dan membuatnya lebih efisien. Maka akan lebih banyak nutrisi yang bisa diserap oleh pencernaan untuk masuk kedalam tubuh anda dalam penggunaan yang tepat.

4. Mengobati Anemia

Kurma memiliki kandungan mineral yang tinggi yang bermanfaat untuk berbagai kondisi kesehatan berbeda dan tingkat zat besi pada kurma membuatnya sempurna untuk orang yang mengalami anemia.

Tingkat zat besi yang tinggi dari kurma dapat menyeimbangkan kekurangan zat besi pada penderita anemia, meningkatkan energi dan kekuatan untuk mengurangi rasa lelah dan lesu.

5. Menyembuhkan Alergi

Salah satu yang menarik dari kurma adalah adanya belerang organik di dalamnya. Hal ini bukan unsur umum yang ditemukan dalam makanan, tetapi memiliki sejumlah manfaat kesehatan termasuk mengurangi reaksi alergi serta alergi musiman.

Menurut sebuah penelitian, senyawa belerang organik memiliki dampak positif pada sejumlah orang yang menderita alergi musiman yang mempengaruhi sekitar 23 juta orang di Amerika Serikat saja. Kurma adalah cara yang bagus untuk menghentikan efek alergi musiman tersebut.

6. Manjaga Berat Badan

Kurma harus ditambahkan sebagai bagian dari makanan yang sehat. Kurma terdiri dari gula, protein dan vitamin esensial yang banyak. Jika kurma dikonsumsi dengan timun, anda dapat menjaga berat badan anda tetap normal dan seimbang.

Satu kg kurma mengandung hampir 3.000 kalori dan kalori di dalamnya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk tubuh manusia. Tentu saja, anda tidak harus memakannya sepanjang hari.

Jika badan anda kurus dan ingin nmeningkatkan berat badan atau anda ingin mencoba membangun otot-otot untuk membuat seorang gadis terkesan dengan anda atau mengalami masalah medis lainnya, anda perlu memakan kurma.

7. Meningkatkan Energi

Kurma mengandung tinggi gula alami seperti fruktosa, glukosa dan sukrosa. Oleh karena itu, kurma adalah makanan ringan yang sempurna untuk memberikan energi. Banyak orang yang memakan kurma sebagai cemilan sore ketika mereka merasa lesu.

Saat anda merasa lelah ketika berolahraga di gym, di luar atau bahkan hanya sekedar peregangan di rumah, mengunyah beberapa kurma pada saat itu dapat membantu mengembalikan energi anda kembali.

8. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Vitamin yang ada di dalam kurma ideal untuk kesehatan fungsi sistem saraf. Kalium adalah salah satu bahan utama dalam membantu sistem saraf yang sehat dan responsif juga meningkatkan kecepatan serta kewaspadaan dari aktivitas otak.

Oleh karena itu, kurma adalah sumber makanan ajaib bagi mereka yang sistem sarafnya melemah karena seiring bertambahnya usia juga untuk orang yang ingin menjaga pikirannya tetap tajam.

9. Membantu Kesehatan Jantung

Kurma cukup membantu dalam menjaga jantung tetap sehat. Rendam kurma semalaman, lalu konsumsi keesokan paginya, ini terbukti memiliki efek positif pada jantung yang lemah. Kurma juga merupakan sumber kalium, untuk mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.

 

Selain itu, kurma disarankan sebagai cara yang sehat dan lezat untuk mengurangi kadar kolesterol buruk dalam tubuh yang merupakan faktor utama dari serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, ketika dikonsumsi 2 kali seminggu, kurma dapat meningkatkan kesehatan jantung.

10. Mengobati Kelemahan Seksual

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurma juga menguntungkan dalam meningkatkan stamina seksual. Rendam beberapa kurma dalam susu kambing segar semalaman, kemudian blender dengan ditambahkan campuran kapulaga dan madu.

Campuran ini sangat berguna untuk meningkatkan ketahanan seksual dan mengurangi kemandulan yang disebabkan oleh berbagai gangguan seksual.

11. Mencegah Rabun Senja

Manfaat dari kurma secara umum digunakan untuk melawan berbagai kondisi yang mempengaruhi telinga, hidung dan tenggorokan. Tumbuk daun kurma sampai berbentuk pasta dan gosokkan di sekitar mata, untuk mengurangi rabun senja dan solusi ini umumnya digunakan di daerah pedesaan.

12. Meredakan Keracunan

Kurma digunakan sebagai obat untuk mengobati keracunan alkohol. Kurma memiliki efek menenangkan dan sebagai bantuan cepat ketika anda telah mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak. Juga bisa digunakan di pagi harinya untuk menceah mabuk berat.

13. Mengobati Diare

Kurma matang mengandung potasium yang dikenal sebagai cara efektif untuk mengontrol diare. Juga serat yang terkandung didalamnya membantu meringankan diare serta mudah dicerna.

14. Mencegah Kanker Perut

Penelitian telah menyatakan bahwa kurma telah menjadi cara yang tepat untuk mengurangi risiko dan dampak dari kanker perut. Kurma bekerja sebagai obat yang berguna untuk semua usia dan dalam beberapa kasus juga bekerja lebih baik daripada obat-obatan tradisional.

Karena ini alami, kurma tidak memiliki efek samping negatif pada tubuh manusia, selain itu mudah dicerna untuk menigkatkan energi dengan cepat.

Meskipun kurma memberikan nilai gizi yang luar biasa, namun hati-hati dalam mengambilnya karena permukaan yang sangat lengket maka rentan terkena kotoran. Oleh karena itu, anda sebaiknya memilih kurma yang diproses dan dikemas dengan benar.

Juga, pastikan untuk mencuci kurma secara menyeluruh sebelum di makan, karena ini akan membantu menghilangkan kotoran-kotoran yang ada dipermukaannya.