9 Cara Mudah Melindungi Mata Dari Kerusakan Sehari-Hari

March 8, 2018

Mata merupakan bagian terpenting dari tubuh dan menjaga kesehatan mata baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Pernahkah anda merasakan sakit mata? Tentu saja hal ini sangat tidak enak dan sedikit banyaknya juga akan  mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Bukan hanya itu anda juga akan malu ketika bertemu dengan seseorang.

Ada cara-cara tertentu untuk melindungi mata anda, ikuti cara sederhana ini untuk menjaga mata anda tetap sehat bahkan sampai anda tua.

1. Memakai Kacamata Hitam Di Siang Hari

Sepasang kacamata hitam tidak hanya membuat anda terlihat keren saat memakainya. Mempunyai sepasang kacamata hitam yang tepat juga dapat melindungi mata anda dari radiasi ultraviolet yang berbahaya dari sinar matahari.

American Optometric Association menekankan pentingnya mengenakan kacamata hitam dengan perlindungan UV untuk mencegah masalah mata dan penglihatan.

Jangka pendek dari paparan sinar UV, bahkan hanya dalam beberapa jam dapat menyebabkan beberapa individu mengalami efek yang disebut fotokeratitis, dikenal sebagai “sengatan sinar matahari“. Gejalanya termasuk mata merah dan oversensitivity terhadap cahaya.

Namun, kondisi ini tidak menyebabkan kerusakan mata permanen. Di sisi lain, paparan jangka panjang terhadap sinar UV dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius, serta dapat mengakibatkan katarak, degenerasi makula terkait usia bahkan kanker mata.

Belilah kacamata hitam yang dapat menghalangi 99-100 persen dari sinar UV dan menyaring 75-90 persen dari cahaya yang terlihat. Pastikan juga bahwa frame pas dengan mata dan bentuk garis wajah untuk mencegah terpapar sinar UV dari semua sisi.

2. Hindari Penggunaan Perangkat Elektronik Yang Berlebihan

Di tempat kerja atau di rumah, sebagian besar dari kita menatap ponsel, televisi dan layar laptop atau komputer setiap hari. Berlebihan dalam penggunaan perangkat elektronik menyebabkan mata anda akan terpapar sinar biru.

Banyak dari kita mengalami ketidaknyamanan ketika menatap layar dalam waktu yang terlalu lama, karena menyebabkan ketegangan mata atau mata kering.

Hal ini dikenal sebagai ketegangan mata digital. Sinar biru tidak hanya mempengaruhi mata, tapi terlalu lama terkena paparan, maka dapat mengganggu siklus tidur, sehingga sulit untuk tidur di malam hari.

Cara termudah untuk menghindari ketegangan mata dari sinar biru adalah dengan mengikuti aturan 20-20-20. Setiap 20 menit, fokuskan mata anda pada objek yang setidaknya berjarak 20 kaki selama 20 detik, ini dapat memberikan bantuan dari ketegangan.

3. Jangan Menggosok Mata

Ketika benda asing seperti debu masuk ke dalam mata anda, sangat wajar apabila anda menggosok mata untuk menyingkirkan iritasi. Menggosok mata dapat membuat anda merasa baik, tapi dengan menggosoknya sebenarnya berbahaya bagi mata.

Hal ini dapat mengakibatkan melemahnya dan penyimpangan kornea bagian depan transparan mata yang menutupi iris dan pupil. Juga dapat menyebabkan kulit di sekitar mata, termasuk kelopak mata kehilangan elastisitas.

Jika anda lupa untuk mencuci tangan sebelum kontak dengan mata, bahkan menggosoknya ini dapat menyebabkan infeksi pada mata. Jadi, jika anda perlu menggosok mata, maka lakukan dengan lembut.

Sebagai contoh, jumlah tekanan yang dilakukan harus sama dengan tekanan yang anda gunakan saat mencuci wajah anda dengan kain lap atau saat mengeringkan dengan handuk. Menggosok mata dengan keras akan menimbulkan sensasi cahaya, dan ini sangat buruk untuk mata anda.

4. Gunakan Tetes Mata Bebas Kimia

Jika anda menderita mata kering atau kemerahan pada mata, cara mudah untuk mendapatkan bantuan langsung yaitu dengan menggunakan obat tetes mata. Banyak orang beralih ke tetes mata karena mudah di dapatkan, bahkan tanpa perlu menggunakan resep dokter.

Namun, menggunakan tetes mata, terutama yang mengandung bahan kimia, akan lebih banyak ruginya daripada baiknya untuk mata anda. Banyak bahan-bahan yang terkandung dalam obat tetes mata, termasuk bahan pengawet untuk membuatnya bisa bertahan lebih lama.

Bahan kimia tambahan bisa meningkatkan iritasi mata dan menyebabkan kerusakan lainnya. Kadang ujung botol bisa terkontaminasi oleh permukaan lainnya yang bisa membuat kabur penglihatan anda untuk sementara.

Jangan menggunakan tetes mata kadaluarsa karena pasti bisa menyebabkan infeksi pada mata. Sebelum menggunakan tetes mata, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter mata anda dan cari tahu apa yang dapat anda lakukan saat mata kering atau kemerahan.

Bacalah label pada obat tetes mata dengan hati-hati sebelum anda membelinya. Menggunakan tetes mata alami dapat membantu masalah anda.

5. Menghindari Penggunaan Produk Makeup Kadaluarsa

Produk yang anda gunakan di sekitar mata juga memainkan peran penting dalam kesehatan mata. Eyeshadow, eyeliners dan penjepit bulu mata adalah beberapa produk yang digunakan di sekitar mata.

Menggunakan produk-produk makeup berkualitas rendah atau yang lebih buruk lagi seperti kadaluarsa dapat menyebabkan iritasi, mata kering atau kondisi mata seperti konjungtivitis. Oleh karena itu, sangat penting untuk berhati-hati dengan makeup anda.

  • Cuci tangan anda secara menyeluruh sebelum menggunakan produk pada wajah dan mata.
  • Membaca produk pada label untuk memastikan bahwa produk tidak kadaluarsa.
  • Hindari berbagi produk makeup untuk menghindari infeksi.

Sama pentingnya seperti menghapus make up sebelum tidur. Banyak dari kita yang masih saja tidur dengan wajah penuh dengan makeup, maka ketika bangun muncul rasa bersalah yang hal ini seharusnya tidak dilakukan.

Membersihkan makeup sebelum tidur, tidak hanya baik untuk kulit saja tapi juga untuk kebaikan mata anda.

6. Berhenti Merokok Atau Jangan Pernah Memulai

Rokok adalah kebiasaan buruk dan sangat merugikan kesehatan, serta menyebabkan berbagai masalah kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, stroke dan kanker.

Tetapi, banyak orang yang terus melakukannya, terutama mereka yang telah lama dengan kebiasaan ini yang akan berdampak buruk lebih banyak lagi terhadap kesehatan, termasuk mata.

Penelitian menunjukan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko degenerasi makula yang terkait usia. Rokok adalah kebiasaan yang membuat kecanduan fisik dan psikologis serta berhenti dalam semalam itu adalah hal yang tidak mungkin.

Jika anda berencana untuk berhenti, anda dapat mulai dengan beberapa hal berikut ini :

  • Menetapkan tanggal berhenti.
  • Memberi tahu teman, keluarga dan rekan kerja bahwa anda berencana berhenti merokok.
  • Antisipasi dan rencanakan tantangan yang harus anda hadapi selama masa berhenti.
  • Hilangkan rokok dan produk sejenis dari mobil, rumah dan tempat kerja anda.
  • Berbicara dengan penyedia layanan kesehatan untuk membantu anda berhenti merokok dan yang paling penting percaya pada diri sendiri.

7. Lindungi Mata Dengan Kacamata Pengaman

Survei melaporkan bahwa beberapa daerah bagian di rumah seperti garasi atau halaman adalah tempat yang umum terjadinya luka mata yang serius.

Menggunakan produk pembersih seperti pemutih, memotong rumput, memasak makanan yang memungkinan terkena cipratan minyak, menggunakan benda-benda panas yang dekat dengan wajah seperti alat pengeriting rambut dan pengeboran atau memalu sekrup atau memotong kuku dan beberapa kegiatan lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan mata di rumah.

Untuk melindungi mata anda dari iritasi dan cedera mata atau mungkin yang lainnya, penting untuk menggunakan kacamata pengaman. Ini tampaknya merupakan tindakan pencegahan yang tidak perlu, tapi tidak apa-apa terlihat berlebihan demi melindungi mata anda dari cedera.

8. Melepas Lensa Kontak Sebelum Tidur

Lensa kontak mampu membuat anda terlihat sempurna saat anda menggunakannya di sebuah pesta. Lensa kontak juga tersedia dalam berbagai warna dan anda bisa memilih yang terbaik dan cocok untuk anda.

Sebagian dari kita menggunakannya hampir setiap hari untuk menghindari beban penggunaan kacamata yang berat. Apapun alasan anda untuk menggunakan lensa kontak, sangat penting untuk melepasnya sebelum anda tidur.

Siang hari, mata anda bersentuhan dengan sejumlah iritasi dan lensa kontak dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri. Memakai lensa kontak juga mengurangi oksigen yang tersedia dan tidur dengan lensa dapat menyebabkan infeksi kornea, kekeringan dan iritasi.

9. Kunjungi Dokter Mata Secara Teratur

Anda mungkin berpikir bahwa penglihatan anda baik-baik saja dan mata anda sehat karena tidak memiliki masalah apapun. Tapi, satu-satunya cara untuk meyakini hal ini adalah dengan mengunjungi dokter mata dan melakukan pemeriksaan.

Banyak orang, terutama anak-anak, tidak menyadari bahwa mereka dapat melihat lebih baik dengan menggunakan kacamata. Selain itu, kondisi mata umum seperti glaukoma, penyakit mata diabetes dan degenerasi makula terkait usia sering tidak memiliki gejala apapun pada tahap awal penyakit.

Hal ini bisa diketahui hanya dengan melakukan tes pada mata dan melakukan perawatan dari awal dapat membantu mengurangi efek ini pada penglihatan

Walaupun riwayat kesehatan mata dalam keluarga banyak kaitannya dengan kesehatan mata anda, tapi dengan menjaga kebaikan dan kebersihan mata, seperti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas dapat membantu melindungi mata anda dari kerusakan awal.