Apakah Anda Pernah Mengalami Tangan Gemetar ? Berikut Cara Mudah Mengatasinya

February 6, 2018

Apakah anda pernah menyadari bahwa tangan anda kadang-kadang gemetar? Hal ini sangat normal jika anda sedang gugup atau bersemangat akan sesuatu, tapi ini bisa menjadi tanda awal adanya suatu penyakit jika kondisi ini sering terjadi tanpa alasan.

Tangan gemetar atau tremor  adalah masalah yang sangat umum dialami oleh orang dewasa. Penyebab paling umum dikarenankan suatu kondisi yang disebut tremor esensial, yang terjadi akibat gangguan fungsi normal dalam otak kecil.

Banyak orang yang mengabaikan gejala ini dan berpikir nanti akan hilang dengan sendirinya. Namun, tremor tidak akan benar-benar hilang dengan sendirinya, butuh perawatan yang sesuai. Jika tidak diobati, tremor akan menyebabkan komplikasi parah dan masalah lainnya.

Penyebab umum lainnya dari tangan gemetar yaitu :

  • Kondisi medis, seperti tiroid terlalu aktif, gangguan cerebellar dan penyakit huntington.
  • Efek samping obat, secara khusus seperti beberapa obat asma, antidepresan, lithium dan beberapa obat penenang, jika anda berhenti mengkonsumsinya secara tiba-tiba.
  • Kafein overdosis, yang dapat mempengaruhi sistem saraf.
  • Gula darah rendah, karena saraf dan otot kekurangan bahan bakar, serta dapat terjadi juga setelah
  • olahraga yang berlebihan.
  • Kekurangan nutrisi tertentu.
  • Stres, kecemasan dan gugup yang memicu tangan gemetar.

Meskipun masalah ini tidak mengancam kehidupan anda, tangan gemetar bisa membuat tugas sehari-hari menjadi sulit. Jika dalam kasus yang berat, anda akan mengalami kesulitan memegang cangkir atau gelas tanpa tumpah, makan dengan normal, mencukur dan menulis.

Penting untuk menanggapi masalah ini dengan serius, karena hal ini dapat merupakan tanda peringatan awal beberapa kondisi neurologis dan degeneratif.

Sebelum mencoba pilihan pengobatan, sangat penting untuk mengetahui penyebab tangan gemetar. Jika masalah yang terjadi di dasari karena kondisi medis, maka mengobati kondisi itu mungkin dapat mengurangi dan menghilangkan gemetaran pada tangan.

Beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan juga dapat membantu meringankan gejala tangan gemetar. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengobatinya.

Mengendalikan Tingkat Stres

Stres, kegelisahan dan gugup dapat menjadi faktor utama di balik tangan gemetar. Oleh karena itu, anda harus mencoba untuk bersantai, mengurangi stres dan ketegangan dalam hidup anda, sebanyak yang anda bisa.

Untuk mengurangi stres, meditasi adalah salah satu pilihan terbaik yang harus anda coba. Meditasi membuat pikiran anda lebih jernih dan dapat melemaskan saraf.

Teknik pernapasan adalah metode lain yang baik untuk melawan stres. Hanya 10 menit dari pernapasan melalui diafragma sangat bermanfaat bagi sistem saraf dan mendorong relaksasi.

Minum Teh Chamomile Atau Menggunakan Minyak Chamomile

Chamomile adalah ramuan yang memiliki sifat menenangkan. Ini dapat membantu menenangkan sistem saraf serta menghilangkan stres dan kecemasan.

Hal ini juga disebut sebagai sebuah ramuan antispasmodic dan efektif membantu mengendurkan kejang otot yang dapat menyebabkan tangan gemetar.

Minum 2-3 cangkir teh chamomile setiap hari. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak chamomile ke dalam bathtub untuk merileksasikan saraf.

Lakukan Latihan Tangan

Latihan tangan dapat memperkuat tangan anda dan mencegah atau mengurangi terjadinya tangan gemetar.

  • Genggam bola karet dengan kuat.
  • Remas sekuat mungkin.
  • Jaga posisi ini sekitar 5 detik, kemudian lepaskan perlahan-lahan.
  • Ulangi 10 kali.
  • Lakukan latihan ini beberapa kali setiap hari.

Selain latihan tangan anda juga bisa mencoba olahraga yoga. Yoga efektif dalam mengurangi stres dan membantu anda tidur lebih baik. Stres dan kurang tidur adalah dua faktor yang dapat memicu tangan gemetar.

Habiskan waktu antara 10-15 menit perhari untuk melakukan yoga dan lihat perbedaannya pada kesehatan anda.

Minum Teh Lavender Atau Menggunakan Minyak Lavender

Lavender adalah obat alami yang efektif untuk mengelola tangan gemetar. Ramuan ini sangat baik untuk sistem saraf, yang memainkan peran penting dalam mengobati masalah ini.

Selain itu, lavender dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres. Wanginya yang menenangkan dapat meningkatkan asam gamma aminobutirat (GABA), serta neurotransmitter yang beredar luas terbukti mampu melawan stres.

Efek menenangkan dari lavender dapat meningkatkan suasana hati, tidak peduli seberapa stres dan gugupnya anda.

Minyak lavender dapat ditambahkan ke dalam bathtub untuk merilekskan otot-otot dan bisa di oleskan pada bantal. Anda juga dapat meminum beberapa cangkir teh lavender untuk manfaat tambahan.

Mengkonsumsi Ekstrak Atau Teh Valerian

Valerian telah digunakan selama bertahun-tahun untuk merilekskan otot-otot dan mengurangi ketegangan, yang paling penting mampu untuk mengobati tremor tangan.

Memiliki efek penenang yang membantu menghilangkan stres dan membuat tidur lebih baik. Anda bisa mengkonsumsi setengah sendoh teh ekstrak valerian atau pilihan lainnya bisa meminum teh valerian beberapa kali seminggu.

Sebaiknya jangan meminum Ramuan ini  selama kehamilan, saat menyusui atau jika anda menggunakan obat penghilang rasa sakit yang diresepkan oleh dokter .

B-Kompleks Yang Seimbang

Ada berbagai jenis vitamin B yang membantu menjaga saraf tetap sehat dan otot yang kuat. Misalnya, B12, B1 dan B6 sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf dan melindunginya dari kerusakan. Kekurangan vitamin B ini dapat mengakibatkan kehilangan keseimbangan antara organ yang berbeda, pada akhirnya dapat menyebabkan tangan gemetar juga dapat menyebabkan kelemahan otot.

Untuk memastikan tubuh anda mendapatkan dosis yang seimbang anda bisa mengkonsumsi suplemen B-kompleks. Selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai mengkonsumsi suplemen.

Makan makanan kaya vitamin B seperti biji-bijian, kuning telur, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, produk susu dan unggas. Anda juga harus meninggalkan makanan olahan karena mengandung gizi yang sedikit bahkan hampir tidak ada.

Makan Makanan Yang Mengandung Kaya asam lemak omega 3

Asam lemak ini memberi lapisan pelindung untuk saraf mielin, yang penting untuk menjaga kesehatan neurin dalam menghilangkan peradangan. Peradangan ringan bahkan dapat memperburuk kondisi orang-orang yang menderita tangan gemetar.

Untuk mendapatkan dosis yang baik dari omega 3 konsumsi ikan, minyak dan hati ikan seperti ikan salmon, tuna dan sarden. Anda juga bisa mengkonsumsi biji-bijian seperti biji labu, biji rami dan kenari.

Makan Makanan Yang Kaya Akan Magnesium

Magnesium membantu dalam transmisi impuls listik dari saraf ke otot. Oleh karena itu, ketika tubuh kekurangan mineral penting, hal itu dapat menyebabkan kejang otot yang dapat menyebabkan tangan gemetar.

Makanan yang termasuk kaya magnesium seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran berdaun hijau. Suplemen magnesium juga dapat memperbaiki kekurangan mineral.

Menghindari Kafein

Asupan kafein yang tinggi dapat merangsang sistem saraf pusat dan dapat memicu tangan gemetar. Juga dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, kecemasan dan palpitasi jantung yang serius.

Anda harus mengurangi asupan kafein atau sama sekali menghindarinya. Tidak hanya kopi tapi semua makanan dan minuman yang mengandung kafein.

Tidak Mengkonsumsi Alkohol Dan Merokok

Konsumsi alkohol berlebih memiliki efek langsung pada sistem saraf. Bahkan, dapat melemahkan sistem saraf yang parah dan menyebabkan tangan gemetar yang serius. Jika anda tidak bisa berhenti minum, cari bantuan. Dukungan dan bimbingan yang tepat dari seorang ahli, dapat memungkinkan anda untuk berhenti minum.

Selain menghentikan minum alkohol anda juga harus berhenti merokok. Terlalu banyak nikotin dalam tubuh dapat menyebabkan tangan gemetar.

Berikut ada sedikit tips tambahan untuk anda :

  • Makan karbohidrat yang bisa dicerna perlahan-lahan, seperti bubur untuk menghindari gula darah rendah.
  • Kalsium yang rendah dapat mengakibatkan kelemahan pada otot. Pastikan anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D.