Cara Mudah Menyingkirkan Komedo Putih Dengan Metode Ini

March 10, 2018

Apakah anda tahu bahwa komedo putih dan komedo hitam adalah jenis jerawat? Komedo adalah noda jerawat non inflamasi. Anda biasanya dapat melihat komedo ini disekitar wajah terutama hidung dan dagu, bahkan terkadang juga ada di bagian bahu.

Siapa saja yang mengalami jerawat, maka kemungkinan besar akan memiliki masalah komedo pada wajah. Komedo putih juga dikenal sebagai komedo tertutup dalam istilah medis.

Jika anda ingin menyingkirkan komedo, anda perlu menjaga kebersihan kulit. Berikut beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menyingkirkan komedo putih yang mengganggu penampilan anda.

Perawatan Apa Yang Tersedia?

Komedo putih terjadi ketika sel-sel kulit mati, minyak dan kotoran menyumbat pori-pori anda. Tidak seperti komedo hitam, yang dapat dipencet keluar sementara komedo putih tertutup di dalam pori-pori. Ini membuat pengobatan sedikit sulit dilakukan.

Namun, masih ada harapan untuk menyingkirkan komedo putih ini kok. Dengan pengobatan alami rumahan, produk perawatan di yang ada di toko dan perawatan resep obat. Anda bisa memilih diantara pengobatan mana yang paling ampuh untuk menyingkirkan komedo putih yang anda alami.

Langkah Pertama

Menyentuh wajah tidak hanya mengundang lebih banyak penyumbatan pori-pori, kotoran, minyak dan bakteri tetapi juga dapat menyebabkan iritasi.

Memencet komedo putih sama sekali tidak akan membantu, malah akan membuat lebih banyak kerugian daripada kebaikannya. Dalam beberapa kasus, hal ini dapat menyebabkan iritasi dan jaringan parut permanen.

Pengobatan Alami Rumahan

Pengobatan rumahan mungkin akan menjadi pilihan menyingkirkan komedo putih yang termudah dan paling terjangkau. Biasanya menggunakan bahan-bahan yang sudah ada tersedia dirumah.

Tapi berhati-hatilah dengan bahan yang berpotensi merusak. Anda harus berhenti menggunakan bahan alami yang bisa menyebabkan kulit anda teriritasi.

Walaupun sebagian bahan-bahan perawatan rumahan cukup membantu, ada juga bahan lainnya yang bisa mengiritasi kulit. Sebagai contoh :

  • Cuka sari apel atau jus lemon mungkin terlalu asam untuk kulit sensitif.
  • Baking soda terlalu keras.
  • Gula dapat memperburuk peradangan dan bahkan melukai kulit.

Pengobatan alami semakin meningkat popularitasnya sebagai perawatan kulit alternatif. Istilah “alami” tampaknya cukup menjanjikan, kelemahan untuk perawatan ini adalah karena tidak memiliki standar pengujian. Gunakan bahan-bahan berikut dengan hati-hati.

Krim Vitamin A

Vitamin A adalah sebuah nutrisi yang mengandung sifat antioksidan yang kuat. Dalam hal kesehatan kulit, vitamin A memiliki potensi untuk mengurangi kemerahan dan peradangan sementara juga membantu pertumbuhan sel yang sehat.

Beberapa krim yang dijual di toko mengandung vitamin A. Ini diaplikasikan langsung ke wajah anda sekali atau dua kali sehari. Produk yang mengandung vitamin A dapat menyebabkan kemerahan dan kepekaan terhadap sinar matahari.

Anda harus selalu menggunakan tabir surya setiap hari terutama saat menggunakan produk ini.

Tea Tree Oil

Tea tree oil disebut sebagai antiinflamasi alami. Ini juga memiliki manfaat antimikroba. Efek ini dapat membersihkan komedo putih.

Tea tree oil dapat digunakan langsung ke wajah. Serta gunakan juga untuk perawatan kulit lainnya seperti pembersih, masker dan lainnya  yang mengandung bahan ini.

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman bahan alami lainnya, yang tersedia dalam berbentuk ekstrak atau pun dalam bentuk produk perawatan kulit.

Meskipun penelitian tentang khasiat lidah buaya saja tidak meyakinkan, Mayo Clinic melaporkan bahwa lidah buaya cukup membantu ketika digunakan dengan produk jerawat lainnya.

Witch Hazel

Berasal dari tanaman berbunga dengan nama yang sama, witch hazel dapat membantu menghilangkan komedo putih dengan cara membuka pori-pori.

Witch hazel paling sering digunakan dalam bentuk toner dan hanya dengan bantuan kapas langsung dioleskan ke wajah, gunakan dua kali sehari.

Produk Perawatan Toko

Mengobati komedo putih bentuk lain dari jerawat sering mengalami trial dan eror. Jika obat alami rumah gagal untuk menghilangkan komedo putih, anda dapat mempertimbangkan pengobatan produk perawatan yang ada di toko.

Berhati-hati untuk tidak menggunakan semua produk sekaligus. Menggunakan terlalu banyak produk jerawat secara bersamaan dapat membuat kulit kering. Kesabaran juga diperlukan dalam melakukan perawatan karena akan memakan waktu bulanan untuk mendapatkan hasil yang baik.

Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida dapat membantu dengan baik sebagai perawatan untuk beberapa spot di wajah dan untuk perawatan secara keseluruhan. Hal ini membantu menghilangkan bakteri dan kelebihan minyak.

Jika anda memiliki komedo putih di satu tempat, benzoil peroksida dapat membantu karena dapat mengurangi peradangan di daerah sekitarnya.

Carilah produk dengan sedikitnya mengandung 2% benzoil peroksida. Aplikasikan pada daerah yang terkena sekali sehari. Anda bisa meningkatkan penggunaan 2 kali sehari setelah kulit anda terbiasa.

Juga, Cuci tangan segera setelah menggunakan produk, karena ini bisa memutihkan rambut dan pakaian jika terkena.

Asam Salisilat

Asam salisilat dapat mengurangi produksi minyak dalam pori-pori. Juga dapat mengeringkan permukaan kulit dan menyingkirkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori.

Asam salisilat paling bermanfaat sebagai tindakan pencegahan terhadap komedo putih. Anda dapat menggunakannya 1-3 kali sehari. Hal ini tersedia dalam bentuk toner, serta krim dan gel. Beberapa pelembab wajah juga ada yang mengandung asam salisilat.

Krim Retinoid

Retinoid mengandung vitamin A yang lebih kuat. Ketika digunakan sebagai bagian dari krim wajah harian, retinoid dapat memberikan manfaat anti-penuaan.

Ini bisa diaplikasikan ke seluruh wajah, bukan sebagai perawatan pada spot-spot tertentu pada wajah. Jika anda memiliki kulit kering atau sensitif. Coba gunakan ini 2-3 malam pertama terlebih dulu, kemudian tingkatkan penggunaan.

Berhati-hati ketika menggunakan retinoid, karena ini dapat membuat kulit anda lebih sensitif terhadap matahari. Pakailah tabir surya setiap hari dan hindari berada di bawah sinar matahari langsung.

Exfoliant Lembut

Exfoliant dengan atau tanpa asam salisilat juga dapat membantu mengatasi komedo putih. Ini tidak hanya membuat kulit halus, tetapi juga dapat mengangkat sel kulit mati yang berlebihan.

Kunci untuk memilih exfoliant yang tepat adalah dengan memilih formula lembut. Ini akan memberikan anda pengelupasan yang anda butuhkan tanpa menyebabkan iritasi dan kekerinagan.

Tips Perawatan Kulit

Merawat kulit pada umumnya bisa membantu mencegah komedo putih terjadi, cobalah tips berikut ini.

  • Cuci wajah anda setiap malam, dengan menggunakan produk ringan. Anda juga harus mencuci wajah setelah bekerja atau berolahraga.
  • Gunakan air hangat untuk mencuci wajah dan mandi.
  • Hindari scrub yang keras, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
  • Pengelupasan dilakukan cukup beberapa kali dalam seminggu. Hal ini membantu untuk menyingkirkan kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori, sementara terlalu sering melakukan pengelupasan sebenarnya dapat menyebabkan iritasi dan masalah jerawat lainnya.
  • Memakai tabir surya yang dirancang khusus untuk wajah. Tabir surya All in one dapat menyumbat pori-pori wajah.
  • Mencuci rambut secara teratur, terutama jika anda memiliki rambut panjang, minyak dari rambut dapat menyumbat pori-pori.
  • Jauhkan rambut dari wajah anda.
  • Bersihkan ponsel, sarung bantal dan kacamata secara teratur untuk menyingkirkan minyak, kotoran dan bakteri.

Jika anda mengenakan riasan wajah ada beberapa hal yang harus diingat:

  • Bersihkan wajah anda dari makeup setiap malam.
  • Carilah produk makeup berlabel “bebas minyak” dan “noncomedogenic” karena ini cenderung untuk menyumbat pori-pori.
  • Membuang makeup lama, krim dapat digunakan dalam beberapa bulan, sementara yang berbentuk bubuk bisa bertahan hingga 1 tahun.
  • Hindari makeup yang berbentuk jar, karena dapat menjadi persinggahan bakteri.
  • Cuci kuas dan spons makeup setelah selesai digunakan.
  • Jangan pernah berbagi makeup.

Kapan Harus Menemui Dokter kulit

Jika semua metode yang digunakan gagal untuk menyingkirkan komedo putih, mungkin sudah saatnya anda untuk membuat janji dengan dokter kulit. Mereka dapat membantu memberi resep obat yang kuat untuk menyingkirkan komedo putih.

Ini bisa berbentuk obat oles atau obat minum. Beberapa resep produk jerawat akan membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi pastikan untuk memakai tabir surya setiap hari.