Deteksi Kesehatan Melalui Wajah

January 17, 2018

Wajah adalah peta kesehatan, sebagaimana mata adalah jendela jiwa. Sementara emosi bisa tercermin pada wajah, dan bagian yang berbeda dari wajah dapat mengungkapkan kesehatan anda. Berbagai organ dalam tubuh berhubungan langsung terhadap bagian berbeda dari wajah yang mampu mengungkapkan kesehatan anda.

Inilah sebabnya kenapa dokter hanya cukup memeriksa mata, lidah dan bagian lain dari wajah ketika anda melakukan pemeriksaan kesehatan. Perubahan kulit, munculnya tahi lalat baru, kerutan yang muncul pada wajah dan sebagainya pasti memiliki alasan tertentu. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan wajah dan perubahan yang terjadi. Yuk cek kesehatan anda melalui wajah, dari uraian berikut.

Perubahan Warna Kulit Abnormal

Wanita yang mengalami PCOS kemungkinan memiliki penebalan kulit berwarna coklat dan hitam pada lipatan leher, dahi, pusar, ketiak dan payudara. Perubahan warna kulit jenis ini dikenal juga sebagai acanthosis nigricans.

Resistensi insulin atau tingkat insulin yang tinggi dari penyebab PCOS akan menyebabkan penebalan pada kulit, korosif dan memar pada berbagai bagian tubuh. Orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes dan obesitas lebih memungkinkan untuk terkena acanthosis nigricans, yang merupakan pertanda hyperinsulinemia dan resistensi insulin.

Kulit Bersisik Dan Bibir Kering

Setiap orang mengalami kulit kering dari waktu ke waktu, bisa disebabkan karena berbagai hal kecil seperti air terlalu dingin atau terlalu panas. Namun, kulit kering berlebihan serta bibir pecah-pecah dan terkelupas adalah tanda dehidrasi. Kulit mengandung sekitar 30 persen air, yang menjaga elastisitas dan ketahanan kulit. Jadi, ketika tubuh kekurangan air, maka dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Selain itu, dehidrasi juga menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

Melembabkan kulit bisa dengan minum air yang banyak dan anda juga bisa mengoleskan minyak kelapa atau minyak zaitun secara tipis pada kulit wajah dan bibir lalu dipijat dengan lembut. Tapi ketika anda mengalami kulit kering secara terus menerus dapat diindikasikan bahwa ada masalah kesehatan seperti hipotiroidisme atau diabetes. Kekurangan vitamin B juga dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Kulit Pucat

Jika kulit anda tiba-tiba tampak pucat, tidak bersih dan kelihatan seperti orang sakit maka anda kekurangan zat besi. Anemia mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia salah satu penyebab utamanya adalah kekurangan zat besi yang mengakibatkan kulit tampak pucat. Karena tingkat zat besi yang rendah, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup hemoglobin yang diperlukan untuk memproduksi sel darah merah.

Dalam kasus yang lebih berat, kulit mungkin akan kehilangan warna normal dan akan menjadi sangat pucat. Bahkan bibir, gusi dan bagian dalam kelopak bawah mata juga akan terlihat pucat. Selain itu kelelahan adalah gejala umum akibat kekurangan zat besi, gejala lainnya seperti sesak nafas, sakit kepala, telapak tangan dan kaki dingin dan kuku yang rapuh.

Jika anda mengalami kekurangan zat besi, penting untuk makan makanan yang kaya akan mengandung zat besi seperti daging, bit, delima, kacang dan biji-bijian. Untuk membantu penyerapan zat besi yang tepat dalam tubuh, anda juga harus makan makanan yang mengandung vitamin C.

Rambut Wajah Yang Berlebihan

Bagi sebagian wanita rambut yang tumbuh dibagian rahang, dagu dan bibir bisa sangat memalukan karena mengurangi kefeminiman mereka, masalah ini juga disebut sebagai hirsutism. Masalah rambut wajah ini dapat terjadi diakibatkan gejala sindrom ovarium polikistik, yaitu ketidakseimbangan hormon,  dimana wanita memproduksi hormon laki-laki secara berlebihan.

Masalah ini umumnya terjadi pada wanita menopause dikarenakan perubahan hormon secara tiba-tiba di dalam tubuh. Rambut wajah yang tidak diinginkan juga dapat disebabkan oleh penggunaan obat tertentu atau adanya gangguan kelenjar adrenal. Hal ini juga bisa dikarenakan tumor atau kanker kelenjar adrenal atau indung telur, tapi kasus ini jarang terjadi.

Ruam Diwajah Berbentuk Kupu-kupu

Tanda ruam di wajah adalah pasti ada yang salah dalam tubuh anda. Jika ruam membentang di kedua pipi seperti bentuk kupu-kupu dan berwarna merah seperti sengatan matahari, kemungkinan anda menderita lupus.

Lupus adalah gangguan sistem kekebalan tubuh yang mempengaruhi kulit, sendi, darah, paru-paru, jantung dan ginjal. Gejala lupus lainnya adalah kelelahan, nyeri sendi, nyeri otot, demam ringan, kelenjar getah bening yang membesar, nyeri dada, sesak nafas, dan sering sakit kepala. Jika anda memiliki ruam berbentuk kupu-kupu ini pada wajah anda, serta beberapa gejala lain seperti yang disebutkan di atas segeralah berkonsultasi pada dokter.

Kulit Wajah Dan Mata Menguning

Jika anda melihat sedikit warna kuning pada kulit wajah anda dan secara khusus warna putih mata anda berubah menjadi warna kuning kemungkinan besar anda menderita penyakit kuning. Penyakit kuning terjadi karena penumpukan bilirubin dalam darah dan jaringan-jaringan tubuh lainnya. Bilirubin adalah pigmen kuning yang dibentuk oleh sel-sel darah merah yang rusak di dalam hati. Bilirubin terbentuk ketika hemoglobin terurai akibat proses pembaruan sel darah merah yang sudah tua atau telah rusak.

Ini juga dapat menjadi tanda penyakit hati, seperti hepatitis atau sirosis. Menguningnya kulit bahkan mungkin menunjukan masalah dengan kandung empedu atau pankreas. Gejala penyakit kuning lainnya adalah kelelahah, sakit kepala, demam, hilangnya nafsu makan, mual, muntah, sakit perut, kulit gatal-gatal dan kotoran berwarna pucat.

Kulit Retak-Retak Dibagian Mulut

Retakan kulit di dekat mulut, secara medis dikenal sebagai cheilitis, sering dikaitkan dengan vitmin B2 atau kekurangan riboflavin. Kurangnya vitamin B2 ini dalam tubuh menyebabkan radang selaput mulut, kulit, mata dan saluran pencernaan.

Anda juga dapat menderita gejala seperti pembengkakan selaput lendir, kelopak mata meradang, luka pada bibir dan kulit kemerahan. Untuk mengobatinya anda harus mengkonsumsi makanan kaya vitamin B2 seperti unggas, salmon, tuna, telur, kerang, tomat dan kacang-kacangan.

Keriput Dini

Keriput tidak bisa dihindari seiringnya bertambahnya usia, namun kerutan di usia dini yang ada disekitar dahi dan mulut tentu akan menghilangkan pesona kecantikan di wajah anda. Keriput dini dapat disebabkan oleh paparan berlebihan terhadap asap rokok.

Nikotin dalam rokok dapat mempersempit pembuluh darah di lapisan luar kulit dan mengurangi aliran darah. Tentu saja ini dapat menghilangkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit sehat dan indah. Pola hidup yang tidak sehat serta diet yang buruk juga mempengaruhi terjadinya keriput di usia dini.

Mata Bengkak

Mata bengkak atau lingkaran hitam di bawah mata biasanya diakibatkan karena kurang tidur atau terlalu banyak menangis. Namun jika mata bengkak tetap terjadi walaupun anda telah mendapatkan tidur yang cukup, mungkin itu menandakan ada masalah medis.

Sebagai contoh dikarenakan penyakit mata tiroid yang menyebabkan pembengkakan jaringan dan otot-otot di sekitar mata. Penyakit mata tiroid adalah penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh menyerang bagian belakang mata dan menyebabkan peradangan.

Selain bengkak, ada perubahan gejala lain pada mata seperti mata berair, penglihatan kabur dan rasa sakit di dalam atau belakang mata, terutama ketika melihat ke atas, ke bawah atau ke samping. Juga mungkin menandakan adanya masalah ginjal yang dapat mengakibatkan pembengkakan umum pada seluruh tubuh, termasuk di sekitar mata.

Bercak Kuning Di Sekitar Mata

Bercak kuning di sekitar mata dikenal sebagai xanthelasma, yang menandakan adanya penyakit jantung. Xanthelasma palpebrarum adalah bercak kuning yang paling sering terjadi di dekat kelopak mata. Bercak kecil ini tidak menyakitkan dan tidak mengganggu. Namun masalah ini sering dikaitkan dengan aterosklerosis, dyslipidemia dan penyakit arteri koroner.