Diet General Motor (GM) Dalam 7 Hari, Amankah?

February 1, 2018

Apakah anda frustasi dengan berat badan anda? Apakah anda salah satu dari jutaan orang mencari obat diet yang menjanjikan langsing dalam waktu yang singkat? Jika jawabannya ya, maka anda harus mengetahui diet GM, kekurangan dan tingkat keberhasilannya.

Tapi tunggu dulu, anda harus melihat bukti dengan menyaring fakta yang ada sebelum melakukannya untuk diri anda.

Latar Belakang Mengenai Diet GM

Asal-usul diet GM yang beredar saat ini adalah diet yang dikembangkan pada tahun 1985 oleh perusahaan mobil General Motor untuk karyawannya. Ini dirancang untuk membantu karyawan GM menangani berat badan akibat lingkungan kerja yang tidak terlalu banyak melakukan aktivitas dan untuk mencapai penurunan berat badan. Rencana diet juga berfokus untuk meningkatkan kesehatan, kinerja dan seluruh kegiatan.

GM mendapat bantuan dari Amerika Serikat berupa makanan dan obat-obatan serta Departemen Pertanian AS dalam mengembangkan diet. Sejak saat itu, banyak yang telah berhasil menggunakan diet GM untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif.

Tapi cerita di atas telah dibuktikan hanyalah sebuah mitos. Bukti menunjukan bahwa perusahaan GM tidak ada hubungannya dengan diet ini dan asal diet ini sebenarnya masih menjadi teka-teki.

GM diet adalah rencana diet selama 7 hari dengan pembatasan kelompok makanan yang berbeda setiap hari selama periode diet.

Keuntungan Yang Dinyatakan

  • Berat badan turun dengan cepat hingga 8kg dalam seminggu.
  • Detoksifikasi pada tubuh membantu menghilangkan limbah beracun dari tubuh.
  • Meningkatkan pencernaan.
  • Meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

Para pelaku diet ini mengatakan bahwa anda dapat mencapai tujuan anda menurunkan berat badan sesuai dengan yang anda inginkan dalam jangka panjang dengan mengulangi diet ini secara teratur setelah jeda 5-7 hari.

Diet ini tidak dianjurkan bagi penderita diabetes, ibu menyusui, mereka yang memiliki gangguan hormon atau gangguan jantung dikarenakan hanya makan makanan tertentu saja dapat mendatangkan malapetaka dengan kadar gula darah dan menyebabkan ketidakseimbangan gizi.

Mengapa Diet GM Bisa Bekerja?

  • Berbagai makanan yang dimasukkan kedalam diet adalah makanan yang rendah kalori, seperti buah dan sayuran. Ini membantu menurunkan berat badan, karena anda akan kekurangan kalori sementara lebih banyak kalori yang dibakar daripada yang anda konsumsi.
  • Makanan rendah kalori mampu membuat anda merasa kenyang, sehingga anda akan merasa kenyang walaupun makan sedikit.
  • Makanannya mengandung kalori negatif, berarti lebih sedikit kalori masuk daripada yang dicerna.
  • Buah dan sayuran dalam diet, tinggi air dan serat yang merupakan rendah energi. Dan itu menggantikan makanan yang kaya akan lemak dengan kepadatan tinggi energi dari makanan, dan demikian maka akan mengurangi total energi. Hal ini membuat lemak dalam tubuh berkurang.
  • Setiap hari anda akan makan makanan yang berbeda dan dari kelompok makanan yang juga berbeda.
  • Rencana diet yang hanya 7 hari untuk memberikan hasil, anda tidak perlu melakukannya selama berbulan-bulan.

Aturan Makan

Diet GM yang dilakukan selama 7 hari, dengan petunjuk khusus untuk setiap harinya. Anda disarankan untuk minum 8-12 gelas air setiap hari agar tetap terdehidrasi selama diet GM.

  • Anda benar-benar diperintahkan untuk tidak melakukan latihan apapun selama tiga hari pertama karena tubuh dalam keadaan lemah yang disebabkan oleh makanan rendah kalori.
  • Tidak boleh makan kacang karena merupakan makanan tinggi kalori yang dapat membantu menaikan berat badan.
  • Minum kopi dan teh hijau dibolehkan asal tanpa gula.
  • Susu diganti dengan susu kedelai atau susu almond.
  • Makanan dalam kemasan tidak boleh dikonsumsi.
  • Tidak boleh konsumsi alkohol dan soda.
  • Jus buah yang dimunum pada hari ke tujuh.

Pedoman Khusus Yang Harus Diikuti Setiap Hari

Hari 1 : Makan Buah-Buahan Segar

Tujuan hari 1 diet GM adalah untuk membersihkan sistem pencernaan tubuh dan meningkatkan metabolisme.

  • Makan buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi kecuali pisang. Serat dalam buah dapat membantu membersihkan sistem pencernaan dan mempersiapkan tubuh untuk menurunkan berat badan.
  • Makan melon, terutama semangka yang disarankan dapat menurunkan hingga 1,3kg pada hari pertama.
  • Buah-buahan seperti jeruk sangat dianjurkan pada hari pertama. Namun, jangan makan di saat perut kosong.
  • Timun dapat juga sebagai pengganti melon pada hari pertama. Tidak ada batasan dalam mengkonsumsi buah-buahan pada hari pertama.

Hari 2 : Makan Sayuran

Tujuan hari 2 diet GM adalah untuk meningkatkan asupan serat. Ini diklaim untuk membantu tubuh mengatur kadar gula dari konsumsi buah pada diet hari 1.

  • Anda disarankan untuk memakan sayuran mentah ataupun dimasak. Sayuran dapat membantu membersihkan perut, usus dan hati.
  • Sayuran yang bisa anda konsumsi adalah sayuran hijau seperti selada, bayam, kubis dan lain-lain.
  • Anda juga bisa membuat salad sayur yang dikonsumsi secara mentah, dengan menggunakan perasan lemon dan bumbu rempah-rempah. Ketika dimasak sebaiknya menggunakan minyak yang sehat seperti minyak zaitun.
  • Buah-buahan, telur, susu, kacang dan jamur tidak boleh dikonsumsi pada hari ke 2.
  • Tidak ada batasan dalam mengkonsumsi sayuran.

Hari 3 : Makan Buah Dan Sayuran

Berbagai buah dan sayuran memberikan sejumlah vitamin, mineral dan nutrisi lainnya untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat.
Tidak ada batasan jumlah pada buah dan sayuran yang ingin anda konsumsi.

Hari 4 : Pisang, Susu Dan Sup Khusus GM

Hari 4 dari diet GM yaitu dengan mempersempit pilihan makanan yang hanya terdiri dari 3 hal saja. Sup sayur khusus GM ini juga dikenal sebagai GM “wonder sup” terdiri dari kubis, seledri, paprika hijau, bawang, tomat, jeruk, wortel dan cabe merah.

  • Kombinasi antara susu dan pisang dapat memberikan protein dan energi pada tubuh untuk membuat anda penuh energi sepanjang hari.
  • Juga membantu mengisi natrium dan kalium yang tidak tersedia selama 3 hari pertama.
  • Disarankan untuk mengkonsumsi 3 cangkir susu rendah lemak, 5-6 buah pisang dan 2 mangkuk sup GM.

Hari 5 : Daging Tanpa Lemak Dan Tomat

Hari 5 diet GM ini anda dapat sedikit memanjakan selera.

  • Anda diperbolehkan memakan makanan yang mengandung protein seperti daging merah, ayam atau ikan. Anda hanya boleh memakannya sekitar 4ons selama 1 hari.
  • Jumlah protein yang baik, zat besi, serat dan lycopene disarankan untuk membantu tubuh anda pulih dari kelemahan otot disebabkan diet ketat yang dijalani selama 4 hari. Anda juga harus meningkatkan asupan minum sebanyak 2 gelas.
  • Anda diperbolehkan makan tomat hingga 6 buah, dapat dimakan dengan daging atau dibuat menjadi sup tomat.

Hari 6 : Beras, Daging Dan Sayuran Yang Dimasak

Pada hari 6 diet GM, anda dapat makan sepuasnya nasi, sayuran, kacang, jamur dan daging. Protein dari daging dan serat dari sayuran bagus untuk menjaga tubuh anda berenergi sepanjang hari.

Hari 7 : Beras, Sayuran Dan Jus Buah

Pada hari 7, Hari terakhir dari diet GM, anda harus makan nasi dengan sayuran yang dimasak serta jus buah segar. Kentang, ubi jalar, pisang, mangga dan pir harus dihindari selama 7 hari.

Perubahan Yang Terjadi Setelah 7 Hari

  • Anda akan lebih langsing karena berkurangnya berat badan hingga beberapa kg.
  • Anda akan dapat menikmati tidur yang lebih baik.
  • Sistem pencernaan anda akan bekerja lebih baik.
  • Anda akan memiliki kulit bercahaya.
  • Anda akan menjadi jauh lebih aktif dari sebelumnya.

Setelah diet selama seminggu, anda disarankan untuk diet tinggi protein dan rendah karbohidrat sehingga anda tetap dapat menjaga berat badan.

Manfaat Dari Diet GM

Secara ilmiah belum dievaluasi, namun berdasarkan ahli gizi menilai pro dan kontra terhadap diet ini agar memiliki sudut pandang yang lebih baik mengenai makanan dan dampaknya terhadap setiap orang.

GM diet adalah perpaduan dari karbohidrat kompleks dengan kandungan serat yang tinggi. Pada waktu yang sama rendah akan lemak, gula dan natrium karenanya membantu menjaga berat badan dan detoksifikasi tubuh secara alami.

Diet mendorong seseorang meningkatkan asupan buah dan sayuran yang membantu menurunkan berat badan dari waktu ke waktu dan juga dapat mengurangi lingkar pinggang. Diet juga membatasi makanan manis dan alkohol yang dikenal sebagai pemicu meningkatkan berat badan pada seseorang. Diet juga memungkinkan anda membuat pilihan tentang jenis buah, sayuran dan daging yang akan dikonsumsi serta cara penyajiannya.

Kerugian Dari Diet GM

Kurangnya Dukungan Ilmiah

Sampai saat ini belum ada penelitian yang menilai dampak diet GM pada keseluruhan kesehatan seseorang, jadi belum ada bukti nyata yang mendukung ini.

Tidak ada bukti yang membuktikan bahwa diet yang memakan kalori negatif benar-benar lebih banyak dibakar daripada kalori yang telah ada.

Kekurangan Nutrisi Penting

Diet GM ini diet yang tidak seimbang karena memakan kelompok makanan pada hari tertentu. Maka hal ini cenderung akan membuat kekurangan nutrisi penting. Inilah yang membuat anda lesu, pusing dan lemah sebab tubuh mengalami perubahan secara tiba-tiba dari rutinitas yan biasanya.

Diet ini juga rendah lemak dan nutrisi penting lainnya, seperti zat besi, B12, kalsium dan lain-lain terutama 3 hari pertama. Semua kelompok makanan penting yang tidak di konsumsi dalam waktu yang singkat dapat mempengaruhi tubuh.

Kehilangan Berat Badan Sementara

Diet GM adalah diet yang tidak wajar karena tidak didasarkan pada gaya hidup yang alami. Hasilnya tidak akan berlangsung dalam jangka panjang. Hal ini membuat anda bingung tentang apa yang harus dimakan secara teratur setelah periode diet berakhir akhirnya ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan kembali.

Tips Untuk Anda Yang Masih Tetap Ingin Melakukan Diet Ini

  • Diet GM dapat dicoba oleh orang dewasa untuk waktu yang singkat yaitu seminggu.
  • Salah satu cara untuk mempersiapkan tubuh anda untuk diet GM, dengan memiliki makanan sehat seperti buah, sayuran dan bijian setidaknya 3-4minggu sebelum mengikuti rencana ini.
  • Untuk menjaga tingkat energi anda pada 2 hari pertama, anda dapat memakan kentang dan pisang sehari sebelumnya.
  • Menemukan teman untuk berbagi dan mendukung anda selama menjalani diet.
  • Periksa masalah kesehatan yang mungkin anda alami, seperti tiroid, ketidakseimbangan hormon dan kortisol tinggi untuk segera mencari pengobatan.
  • Tidur lebih awal dan tidur selama kurang lebih 8 jam.
  • Makan malam setidaknya 3 jam sebelum tidur.
  • Hindari ngemil sebelum makan.
  • Cobalah untuk mempertahankan gaya hidup sehat.

Dari bukti yang telah dijelaskan, dapat disimpulkan bahwa diet GM mengakibatkan penurunan berat badan, tapi tidak untuk dalam jangka panjang. Juga dapat merugikan kesehatan jika sering dilakukan dan tidak didukung oleh penelitian ilmiah.

Jadi pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan adalah untuk mempertimbangkan diet seimbang yang direncanakan dan dengan bantuan seorang yang profesional serta melakukan aktivitas fisik secara teratur sehingga anda tetap fit.

Mengikuti gaya hidup sehat, dalam jangka panjang akan membawa hasil yang bermanfaat untuk anda. Menghilangkan kelompok makanan dalam waktu singkat bukanlah jawabannya ya ladies. Diet bukan hanya sekedar kurus tapi utamakan kesehatannya juga.