Hal-Hal Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Kencan Online

February 10, 2018

Dalam upaya menemukan cinta, sebagian besar orang-orang telah beralih ke dalam kencan online. Setelah putus asa mencari cinta di dunia nyata. Apakah anda juga termasuk salah satunya?

Survei terbaru dari 19.000 orang yang sudah menikah 35 persen diantaranya bertemu melalui situs kencan online.

Dalam dunia online anda dapat terhubung dengan ratusan bahkan ribuan orang dari yang terdekat hingga yang jauh. Tapi anda harus berhati-hati terhadap orang-orang jahat yang menyalahgunakan aplikasi ini.

Hal-hal yang boleh anda lakukan  Saat Kencan Online

Sebelum anda mulai menggunakan aplikasi kencan online ada baiknya anda perhatikan hal-hal berikut ini. Untuk dapat menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin saja anda lakukan.

Tetap Aman

Salah satu hal yang paling penting yang dapat anda lakukan saat kencan online adalah dengan melindungi diri anda. Tidak seperti pertemuan dengan seseorang yang dikenalkan oleh teman anda, anda tidak tahu banyak tentang orang yang anda temui di online.

Dr. Jaime Kulaga PhD, mengatakan “Banyak yang berhasil menciptakan hubungan jangka panjang melalui kencan online tetapi sayangnya, internet juga menjadi tempat dimana orang lain dapat menipu dan menyerang privasi.

Berhati-hatilah ketika bertemu seseorang untuk pertama kalinya, Dr. Kulaga menambahkan, “Ketika anda pergi keluar pada kencan pertama, pastikan bahwa keluarga atau teman-taman tahu kemana anda pergi dan jangan pernah pergi kerumah seseorang sendirian”.

Bertemulah ditempat umum seperti taman atau restoran, kalau perlu anda bisa membawa seorang teman yang bisa menemani anda.

Mengunakan Foto Asli Tanpa Editan

Anda mungkin tergoda untuk menggunakan aplikasi pengedit foto yang sangat banyak sekali jenisnya agar membuat wajah anda terlihat lebih bagus atau anda menggunakan foto 5-10 tahun yang lalu, jangan lakukan ini.

Sebaiknya anda menggunakan foto asli sehingga ketika orang-orang bertemu dengan anda dalam kehidupan yang nyata, mereka mendapatkan apa yang mereka lihat sesuai harapan. Terapis Katie Krimer mengatakan, “jika anda berada pada situs kencan online, maka kesan pertama adalah segalanya. Tapi, situs ini mendorong seseorang untuk lebih menilai berdasarkan fisik daripada karakter”.

Untuk memaksimalkan keberhasilan anda bertemu dengan orang yang tepat, pilihlah foto yang mencerminkan siapa anda dan penampilan anda. Foto pertama merupakan kesan pertama anda. Jangan memasang foto yang tidak sopan atau menipu yang tidak menunjukan siapa anda sebenarnya.

Tetap Menjadi Diri Sendiri Dalam Proses Kencan

Sangat mudah untuk terjebak mengkhawatirkan apa yang diinginkan dan diperhatikan dari teman kencan anda dan mengabaikan keinginan dan kebutuhan anda sendiri. Salah satu hal terbaik yang dapat anda lakukan dalam proses ini adalah untuk menjadi diri sendiri.

Sebuah hubungan itu rumit dan sangat penting untuk saling mengenal masing-masing. Orang-orang yang mengalami kesulitan dalam mencintai diri sendiri akan sering memilih pasangan yang dapat meyakinkan tentang kepercayaan dirinya sendiri.

Tetap Menyenangkan

Dalam sebuah hubungan, pastikan bahwa anda tetap menikmati menjadi diri anda sendiri. Sangat mudah untuk terjebak dalam tekanan saat bertemu seseorang apalagi untuk bertemu dengan seseorang yang tepat.

Membuat pilihan dan memikirkan cara-cara untuk menemukan kesenangan bertemu dengan orang baru dan menempatkan diri  pada proses bukan hasil. Jika anda terlalu banyak menempatkan harapan saat bertemu seseorang, anda akan lebih cenderung merasa kecewa dan berkecil hati jika yang terjadi tidak sesuai dengan harapan

Jaga Tujuan Anda Yang Lebih Besar

Sebagian besar orang-orang akan membiarkan tujuan jangka panjangnya saat bertemu dengan seseorang, seharusnya anda tetap menjaga tujuan awal anda. Bersikap jujur dengan diri sendiri tentang apa yang anda inginkan dalam sebuah hubungan dapat mencegah anda dari tekanan yang tidak ada kepastian.

Pilih lah seseorang yang memiliki tujuan yang sama dengan anda. Pada kencan online biasanya tertulis keinginan dari semua orang, apakah sedang mencari hubungan jangka panjang atau hanya sementara saja. Jangan habiskan waktu anda untuk hal-hal diluar tujuan anda.

Menggunakan Beberapa Aplikasi

Berbicara tentang memilih aplikasi, hati-hati dalam memilih aplikasi kencan online anda bisa mencoba lebih dari satu aplikasi. Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Mungkin perlu beberapa waktu untuk menemukan aplikasi yang tepat.

Beberapa aplikasi mungkin mengarah lebih ke anak muda, dan yang lainnya condong ke yang lebih tua. Beberapa fokus pada hubungan, Sementara yang lainnya hanya sekedar teman-teman kencan sesaat.

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat kencan online

Setelah anda memahami hal apa saja yang bisa anda lakukan, anda juga sebaiknya harus menghindari hal-hal berikut ini. Untuk menghindari beberapa kejadian yang mungkin saja akan anda alami.

Jangan Tersinggung Jika Seseorang Tidak Tertarik

Kencan pertama biasanya menyebabkan kekecewaan dan sulit untuk tidak berkecil hati. Ketika seseorang tidak merespon dan melanjutkan setelah kencan pertama.

Namun jika anda langsung mundur hanya karena dalam satu kali penolakan maka ini akan mencegah anda untuk bertemu seseorang yang tepat. Anda harus meningkatkan rasa percaya diri dan bertemu dengan seseorang yang lebih baik.

Tetaplah berbahagia dan jangan membuang lebih banyak waktu berharga anda.

Jangan Menjalin Hubungan Dengan Orang Yang Tidak Cocok Dengan Anda

Hal ini sangat menggoda untuk terus berbicara dengan seseorang, walaupun dalam hati kecil dan pikiran anda memberi tahu bahwa orang ini tidak cocok dengan anda. Atau tetap pergi bersama walaupun hanya sekedar minum teh, ini hanya akan membuang-buang waktu anda.

Anda harus jujur, orang seperti apa yang anda cari sehingga anda tidak berakhir menjalin hubungan dengan orang yang salah. Seseorang dengan emosional yang matang akan terbuka untuk mendengar tentang kesiapan anda dalam sebuah hubungan.

Ketika anda tau apa yang anda cari, anda akan menemukan seseorang yang bisa bersama anda dalam jangka panjang.

Jangan Melompat Ke Garis Finish

Meskipun anda harus jujur, tapi jangan membicarakan keinginan anda untuk menikah dan memiliki anak saat pertama kali memulai kencan dengan seseorang. Jika tujuan utama anda memang untuk menikah sebaiknya jangan dikatakan diawal, cobalah untuk saling mengenal satu sama lain.

Seiring berjalannya waktu anda bisa memulai dengan topik pembicaran ke arah pernikahan, dengan menunjukan cincin dan baju pernikahan yang bagus. Tapi ini anda lakukan setelah ada kesepakatan diantara anda dan dia untuk melanjutkan hubungan ke arah yang lebih serius.