Hindari Kebiasaan Ini Untuk Mencegah Kerusakan Rambut

March 20, 2018

Rambut adalah simbol keindahan. Banyak yang percaya hal yang paling indah dari seorang wanita adalah rambutnya. Rambut juga dapat meningkatkan penampilan anda.

Rambut yang jelek dapat membuat anda merasa buruk dan enggan untuk pergi keluar. Alat-alat styling panas yang selalu dipakai pada rambut anda bisa membuatnya rusak. Alasan lainnya juga bisa datang dari kebiasaan-kebiasaan yang anda lakukan tanpa sadar membawa pengaruh buruk kepada rambut anda.

Seperti tidur penting bagi kesehatan kulit, anda juga perlu untuk merawat rambut sebelum tidur agar tetap dalam kondisi baik. Hindari kesalahan-kesalahn berikut ini untuk meningkatkan kesehatan rambut anda.

1. Tidur Dengan Rambut Basah

Mencuci rambut di malam hari tidak buruk, tapi tidur dengan rambut basah adalah sesuatu yang harus anda hindari. Rambut basah yang terkena seprai akan sangat buruk untuk helaian rambut, karena rambut basah jauh lebih rapuh daripada rambut kering.

Hal ini dapat mengakibatkan lebih banyak kerusakan pada rambut. Selain itu, rambut basah dapat membuat bantal basah, sarung bantal yang basah dapat menyebabkan infeksi jamur atau bahkan menyebabkan ketombe.

Jika anda mencuci rambut anda sebelum tidur, setidaknya gunakan hair dyer untuk mengeringkan rambut anda atau biarkan kering secara alami sebelum tidur. Anda juga bisa mencoba menyisir rambut dengan sikat rambut penyerap yang dibuat dari bulu microfiber untuk menghilangkan air dari rambut anda.

2. Mandi Air Hangat

Setelah seharian menjalankan hari yang melelahkan, mandi air hangat terdengar sangat menyenangkan. Tapi air hangat bisa merusak rambut anda. Air hangat dapat menghilangkan minyak alami rambut dan merusak akar. Tanpa sebum rambut menjadi kering dan rapuh yang akhirnya menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut.

Jika anda mandi air hangat, maka untuk bilasan terakhir gunakan air biasa atau dingin untuk membantu menjaga kelembaban rambut. Dengan menggunakan trik sederhana ini, anda dapat membuat rambut anda tampak sehat dan berkilau.

Setelah mandi keringkan rambut anda dengan handuk lembut. Hindari menggosok rambut dengan kasar lalu biarkan rambut kering secara alami. Penelitian telah membuktikan bahwa mandi air dingin bermanfaat bagi kesehatan.

3. Menggunakan Sarung Bantal Katun

Bahan sarung bantal dapat memiliki dampak besar pada kesehatan rambut anda. Sebagai contoh, tidur dengan sarung bantal katun dapat membuat rambut kusut saat anda mengubah posisi tidur. Bahkan, orang yang memiliki rambut kering atau rapuh harus menghindari sarung bantal katun.

Untuk kesehatan rambut, para ahli menyarankan untuk menggunakan sarung bantal satin atau sutra. Bahan ini akan mengurangi gesekan pada rambut, yang berati akan mengurangi kusut di pagi hari.

Selain itu, bahan sutra dan satin akan membantu rambut mempertahankan minyak alami, yang sangat penting bagi orang yang memiliki rambut kering atau keriting.

4. Menggunakan Sarung Bantal Hingga Berbulan-bulan

Kebersihan penting untuk menjaga kesehatan rambut. Jika anda tidak mengganti sarung bantal anda sesering mungkin, anda telah membuat kesalahan besar. Sarung bantal dan seprai mudah mengumpulkan minyak, kotoran dan bakteri dari waktu ke waktu.

Tidur di kain yang kotor dapat menyebabkan folikel rambut tersumbat dan akhirnya membuat rambut rontok. Para ahli menyarankan mencuci atau mengganti seprai dan sarung bantal sekali atau dua kali seminggu, terutama jika rambut anda memiliki jenis rambut berminyak.

Jika memungkinkan gunakan sarung bantal yang terbuat dari sutera murni karena akan membantu memberikan kelembutan dan kehalusan pada rambut anda.

5. Bermain Dengan Rambut

Hal ini umum ditemukan pada orang-orang yang akan tidur bahkan disaat mereka tidak mengantuk. Menonton televisi atau menggunakan ponsel di tempat tidur sambil memainkan rambut juga sangat umum.

Anda harus menghindari bermain dengan rambut, karena dapat menyebabkan kerusakan besar pada helai rambut. Terus menerus menarik dan bermain dengan rambut akan membuat stres pada helai rambut yang akan membuat rambut rusak.

Selain itu anda harus bisa mengelola tingkat stres di bawah kontrol. Orang yang mengalami stres cenderung bermain dengan rambut atau menggigit kuku secara tidak sadar.

6. Menyisir Rambut Dengan Kasar

Menyikat atau menyisir rambut penting, karena membantu mendistribusikan minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala melalui rambut. Ini akan merangsang folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Menyikat rambut dengan lembut dapat membuat anda tidur lebih baik. Tapi menyikat rambut anda dengan kasar saat rambut basah akan merusak rambut.

Juga akan menyebabkan gesekan yang berlebihan sehingga rambut menjadi lemah dan rapuh. Dianjurkan untuk menggunakan sisir bergigi lebar sebelum tidur yang tidak akan menarik rambut anda.

7. Mengikat Rambut Dengan Ketat

Jika anda memiliki kebiasaan tidur dengan rambut diikat ekor kuda yang ketat, maka anda membuat kesalahan besar. Mengikat rambut dengan ketat bisa anda lakukan di siang hari.

Tidur dengan mengikat rambut yang ketat dapat menyebabkan kerusakan besar pada rambut. Mengikat dengan ketat akan membuat ketegangan berlebih pada folikel rambut, yang dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut hingga rambut rontok.

Jika anda tidak biasa tidur dengan rambut digerai, anda bisa mencoba mengepangnya. Kepang akan membuat rambut anda bergelombang yang cantik di keesokan harinya.

Sebuah studi yang dterbitkan dalam Journal of American academy of Dermatology melaporkan bahwa gaya rambut diikat ketat seperti ekor kuda dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut. Hal ini dapat menyebabkan traksi alopecia dan rambut rontok.

8. Membiarkan Rambut Panjang Tergerai

Mirip dengan mengikat rambut dengan ketat saat tidur, menggeraikan rambut panjang juga buruk bagi kesehatan rambut. Minyak pada rambut dapat memiliki efek yang merusak pada kulit anda.

Dianjurkan untuk mengikat rambut panjang sebelum tidur, Anda bisa mengikat longgar atau mengepangnya. Selain itu, membiarkan rambut panjang anda tergerai saat tidur dapat membuat sarung bantal anda kotor dengan cepat.

9. Membungkus Rambut Basah Dengan Handuk

Sebagian orang banyak yang membungkus rambut basah dengan handuk setelah mandi. Namun, tidur dengan rambut dibungkus handuk bisa sangat berbahaya bagi kesehatan rambut.

Ketika basah, rambut anda lebih rentan terhadap peregangan dan kerusakan. Selain itu, jika dibungkus erat dengan handuk akan menyebabkan ketegangan pada folikel rambut, yang dapat menyebabkan kerusakan dan rambut rontok.

Tidur dengan rambut basah juga dapat meningkatkan risiko infeksi jamur atau ketombe. Setelah mencuci rambut, keringkan dengan handuk lembut dan biarkan kering secara alami sebelum tidur.

10. Tidak Meminyaki Rambut Kering

Banyak orang yang memiliki rambut kering tapi tidak melakukan perawatan rambut yang sangat baik sebelum tidur. Jika anda memiliki rambut kering dan rapuh coba pijat dengan minyak sebelum tidur. Ini adalah cara mudah untuk menambah kelembaban yang sangat dibutuhkan rambut kering.

Meminyaki rambut secara teratur dapat membantu anda untuk mendapatkan rambut tebal secara alami. Ambil beberapa minyak hangat dan oleskan kepada seluruh rambut anda dari akar hingga ujung. Selain itu, memijat kepala dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Kemudian tidur dengan topi mandi agar sarung bantal tidak terkena minyak dari rambut anda. Keesokan paginya, cuci rambut anda seperti biasa. meminyaki rambut di malam hari dapat membuat anda menjadi santai dan membantu tidur lebih baik.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Internasional Trichology melaporkan bahwa menerapkan minyak secara teratur dapat meningkatkan dan membantu mencegah kerusakan rambut.