Ingin Mendapatkan Kulit Yang Sehat? Coba Makanan Berikut Ini

April 7, 2018

Anda bisa menggunakan semua krim dan perawatan mahal di dunia, tetapi untuk mendapatkan kulit yang sehat, anda perlu mengubah makanan anda. Apa yang anda makan juga dapat mempengaruhi kesehatan organ dan kulit anda.

Nutrisi penting bagi kesehatan, makanan yang tidak sehat dapat merusak metabolisme anda sehingga menyebabkan kenaikan berat badan, bahkan mempengaruhi organ-organ lain seperti jantung dan hati.

Hal ini menjadi semakin jelas bahwa apa yang anda makan secara signifikan dapat mempengaruhi kesehatan dan terjadinya penuaan pada kulit anda.

Makanan Apa Yang Baik Untuk Kulit?

Makanan yang memiliki gizi yang baik untuk kesehatan anda. Ini tidak hanya terkait dengan pencegahan atau perawatan untuk mengatasi penyakit, tetapi juga tentang untuk penampilan anda. Kulit anda butuh nutrisi yang berbeda untuk memproduksi kolagen dan melindungi anda dari hal-hal yang buruk.

Dengan makanan sehat dan seimbang, anda akan tampak lebih muda dan kulit anda tampak lebih cerah. Tentu saja, anda perlu menambahkan olahraga yang rutin dan perawatan seperti pengelupasan kulit dalam pembersihan rutin yang bisa anda lakukan.

Ini adalah beberapa makanan terbaik untuk bisa menjaga kulit anda tetap sehat.

1. Cokelat Hitam

Beberapa orang menganggap makanan manis itu “terlarang” karena mereka sedang diet atau mereka berpikir itu buruk bagi kesehatan. Namun itu semua tergantung pada kandungan lemak dari cokelat. Itulah mengapa sebaiknya memilih cokelat dengan kandungan kakao yang lebih tinggi.

Kakao mengandung flavonoid, antioksidan dan asam lemak yang bermanfaat untuk melembutkan kulit, memberikan elastisitas dan memeliharanya secara mendalam. Selain itu, komponen kakao dapat menunda terjadinya penuaan dini dan melindungi kulit dari sinar UV.

Efek kakao pada kulit sangat mengesankan. Salah satu penelitian menemukan bahwa, setelah mengkonsumsi bubuk kakao yang tinggi antioksidan selama 6-12 minggu, peserta merasakan kulit yang lebih kenyal dan terhidrasi.

Kulit juga menjadi lebih lembut, tidak sensitif terhadap paparan sinar matahari serta membuat aliran darah lebih baik sehingga dapat membawa nutrisi penting untuk kulit.

Penelitian lain juga menemukan bahwa hanya dengan teratur makan 20 gram dark cokelat antioksidan tinggi per hari, mampu membuat kulit menahan dua kali lebih banyak terhadap paparan radiasi UV dibandingkan dengan makan cokelat rendah antioksidan.

Beberapa penelitian lain juga menyatakan hasil yang sama, termasuk perbaikan terhadap munculnya keriput. Bukti menunjukan bahwa kakao dapat menjadi alat yang ampuh untuk menjaga kulit tetap muda dan terlindungi dari kerusakan.

Pastikan memilih cokelat dengan minimal 70% kakao untuk memaksimalkan manfaat kesehatan dan anda bisa menambahkan gula seminimal mungkin.

2. Minyak Zaitun

Ini adalah salah satu minyak yang paling bermanfaat di dunia dan juga dimasukkan ke dalam salah satu dari bagian “diet Mediterania”, yang membuatnya sangat mudah untuk didapatkan.

Minyak zaitun mengandung sejumlah besar asam lemak omega 3 dan 6, serta vitamin E dan K. Nutrisi ini bertindak sebagai antioksidan dengan menghilangkan racun dari tubuh dan membuat kulit anda lebih baik dari sebelumnya.

Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun ke dalam salad dan hidangan lainnya. Selalu pilih minyak zaitun yang ekstra virgin karena mengandung polyphenol yang mampu melawan dampak dari radikal bebas.

3. Brokoli

Faktanya seluruh keluarga kubis atau persilangannya, serta sayur-sayuran akan membantu membuat kulit sehat, karena terdapat antioksidan dan vitamin dalam kandungannya.

Brokoli penuh dengan banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit termasuk seng, vitamin A dan C. Ini juga mengandung lutein, karotenoid yang bekerja sebagai beta karoten. Melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput.

Kandungan tinggi vitamin C pada brokoli dapat meningkatkan produksi kolagen, yang membuat kulit lebih elastis. Brokoli juga mengandung vitamin E yang melindungi membran sel anda dari radiasi UV. Anda dapat menikmati brokoli dengan banyak cara yang berbeda seperti salad, pie atau sup.

Brokoli juga mengandung senyawa khusus yang disebut sulforaphane yang memiliki beberapa manfaat kesehatan bahkan memiliki efek anti kanker, termasuk pada beberapa jenis kanker kulit. Sulforaphane juga merupakan agen pelindung yang kuat terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Di laboratorium, sulforaphane mengurangi jumlah sel-sel kulit yang dibunuh oleh sinar UV sebanyak 29%, dan memberikan perlindungan yang berlangsung hingga 48 jam. Terbukti bahwa hal itu membantu mempertahankan tingkat kolagen di kulit.

4. Ikan Berlemak

Termasuk dalam kelompok ikan salmon, tuna, sarden dan ikan haring. Semuanya sumber sangat baik dari asam lemak omega-3 yang merupakan nutrisi penting dalam perbaikan sel-sel rusak pada kulit. Ini juga bisa menambah elastisitas kulit sekaligus mengurangi munculnya keriput.

Asam lemak omega-3 diperlukan untuk menjaga kulit tetap kenyal dan lembab. Jika kekurangan dapat menyebabkan kulit kering. Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan dapat mengurangi peradangan, yang dapat menyebabkan kemerahan dan jerawat serta membuat kulit lebih kuat terhadap paparan sinar UV.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa suplemen minyak ikan dapat membantu memerangi kondisi inflamasi dan autoimun yang dapat mempengaruhi kulit seperti psoriasis dan lupus.

Ikan ini juga mengandung vitamin E yang merupakan salah satu antioksidan yang paling penting untuk kulit. Dan merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang diperlukan untuk mempertahankan kekuatan dan integritas kulit.

Terakhir, ikan merupakan sumber seng, mineral yang penting untuk mengatur produksi sel kulit baru dan kesehatan kulit secara keseluruhan. Kekurangan seng dapat mengakibatkan kulit meradang dan penyembuhan kulit yang lama.

5. Kacang-Kacangan

Jika anda ingin kulit yang halus dan bebas noda, tidak ada yang lebih baik selain makan kacang-kacangan, seperti almond, hazelnut dan kenari. Ini mengandung banyak vitamin E, yang menetralkan efek berbahaya dari radikal.

Khususnya almond yang menyediakan vitamin A, E dan F untuk mengurangi penuaan dini. Juga mengandung asam folat, yang sangat ideal untuk kulit berminyak yang rawan jerawat. Seng mengurangi degenerasi serat elastis di kulit dan mencegah sel-sel dehidrasi dengan menyimpan lebih banyak air.

Kenari sumber yang baik dari asam lemak esensial, lemak yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Juga lebih kaya asam lemak omega-3 dan 6 daripada kacang lainnya. Asam lemak omega-3 membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh, termasuk kulit.

6. Wortel Dan Tomat

Salah satu karakteristik utama dari sayuran orange ini adalah mengandung banyak betakaroten. Antioksidan yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, membantu memperbaiki jaringan dan melindungi sel dari paparan sinar matahari.

Tomat adalah sumber vitamin C dan mengandung semua karotenoid utama, termasuk lycopene. Betakaroten, lutein dan lycopene telah terbukti untuk melindungi kulit terhadap kerusakan dari sinar matahari dan juga membantu mencegah kerutan.

Namun, karotenoid membutuhkan lemak untuk penyerapannya, jadi pastikan untuk mengkonsumsi tomat dengan sesuatu seperti keju atau minyak zaitun.

7. Paprika Merah Atau Kuning

Paprika mengandung banyak betakaroten juga antioksidan, vitamin B6 dan C untuk meningkatkan aliran darah ke kulit dan mencegah munculnya keriput serta noda. Paprika sangat ideal untuk anda yang ingin memiliki kulit sehat, halus dan muda.

8. Buah-buahan

Kebanyakan buah baik untuk kulit. Hal ini karena buah memiliki banyak air, serat dan fitokimia yang menjaga kulit tetap terhidrasi dan menghilangkan racun pada waktu yang bersamaan. Buah hampir tidak memiliki kalori, inilah sebabnya mengapa buah tidak boleh dihilangkan dari menu diet anda.

Ide yang sangat baik untuk mengkonsumsi lebih banyak buah jeruk seperti lemon terutama saat perut kosong karena untuk menghilangkan kotoran dan racun yang menyumbat pori dan membuat kulit lebih cerah.

Alpukat tinggi lemak sehat, lemak ini memiliki banyak manfaat dalam tubuh, termasuk kesehatan kulit. Penelitian yang dilakukan pada 700 wanita menemukan bahwa asupan tinggi lemak sehat yang ditemukan dalam alpukat dapat membuat kulit lebih kenyal.

9. Biji-bijian

Anda perlu banyak selenium untuk memiliki kulit yang sehat. Anda bisa menemukan mineral ini di seluruh biji-bijian. Selenium melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan radiasi juga menjaga elastisitas kulit.

Biji labu dan biji bunga matahari adalah pilihan yang terbaik. Selain itu biji bunga matahari adalah sumber yang sangat baik dari asam linoleat, omega-6 yang membantu kulit tetap lembab.

10. Teh Hijau

Teh hijau juga memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan. Senyawa kuat yang ditemukan dalam teh hijau yang disebut katekin bekerja untuk melindungi dan meningkatkan kesehatan kulit.

Secara teratur mengkonsumsi teh hijau dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 60 wanita selama 12 minggu menemukan bahwa minum teh hijau setiap hari dapat mengurangi kemerahan akibat paparan sinar matahari hingga 25%.

Juga meningkatkan kelembaban dan keelastisitasan kulit mereka. Sebaiknya hindari minum teh hijau dengan susu, karena dapat mengurangi efek yang menguntungkan dari antioksidan.

Apa yang Anda makan dapat memiliki pengaruh yang besar pada kesehatan kulit Anda. Pastikan Anda mendapatkan cukup banyak gizi untuk melindungi kulit Anda, makanan yang disebutkan ini adalah pilihan terbaik untuk menjaga kulit Anda.