Jangan Sepelekan Hal-Hal Ini, Karena Dapat Mempengaruhi Kualitas Tidur

February 3, 2018

Ketika anda sulit untuk tidur atau sering kebangun pada saat tengah malam, berarti anda sedang mengalami gangguan tidur. Orang dewasa membutuhkan setidaknya 7-8 jam tidur setiap hari, waktu tidur memiliki efek langsung pada kesehatan anda.

Sebagai contoh, kualitas tidur yang buruk dapat meningkatkan risiko stroke, serangan asma, daya tahan tubuh yang buruk, peradangan, obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Tidur yang buruk juga dapat mempengaruhi anda secara kesehatan mental seperti, depresi, kecemasan, kebingungan dan frustasi. Bukan hanya itu kurang tidur dapat meningkatkan risiko kecelakaan dan mempengaruhi kinerja anda di sekolah ataupun ditempat kerja.

Berikat hal-hal yang dapat mempengaruhi tidur anda dan beberapa diantaranya bisa anda kontrol.

1. Suhu Kamar

Suhu di dalam kamar tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur anda, dimana suhu tubuh mulai turun dan otak memberi sinyal bahwa sudah waktunya untuk tidur. Namun, jika suhu kamar terlalu hangat, suhu tubuh anda akan meningkat dan menyebabkan gangguan pada tidur.

Studi yang diterbitkan oleh A Journal of Neurology menunjukan bahwa menjaga suhu kamar tetap sejuk dapat membantu mengelola gangguan tidur, terutama pada orang tua.

Cobalah untuk menjaga suhu agar tetap dingin di kamar tidur anda, untuk memastikan kualitas tidur yang baik.

2. Kasur Yang Terlalu Keras

Nah, kasur juga dapat memiliki dampak besar pada kualitas tidur anda. Kasur tidak boleh terlalu lembut atau terlalu keras. Jika anda tidur dikasur yang empuk, anda akan mulai tenggelam ke bawah, sementara tidur di kasur yang terlalu keras memiliki banyak tekanan sehingga menimbulkan nyeri pada tubuh.

Tidur di tempat tidur bekas atau tempat tidur usang juga dapat menyebabkan gangguan tidur karena kebersihan yang buruk. Tidur di kasur yang seperti itu membuat anda merasa lelah dan mudah marah saat bangun, karena mungkin anda membutuhkan kasur yang bersih.

Bersihkan tempat tidur dan kasur secara teratur, tapi anda harus ingat dan pastikan untuk mengganti kasur setelah pemakaian selama 10 tahun.

3. Merokok

Jika anda memiliki kebiasaan merokok sebelum tidur, maka ini dapat menyebabkan gangguan tidur. Merokok juga buruk bagi kesehatan anda. Nikotin dalam rokok tidak hanya menimbulkan depresi tapi juga dapat membuat anda sulit untuk tidur.

Menurut studi American Collage of Chest menemukan bahwa perokok empat kali lebih mungkin mengalami stres sehingga tidak dapat tidur dengan nyenyak hal ini terjadi karena efek dari nikotin.

4. Menggunakan HP Di Tempat Tidur

Cahaya yang berasal dari ponsel dapat mempengaruhi ritme sirkadian tubuh anda dan merangsang produksi hormon yang meningkatkan kewaspadaan. Selain itu pikiran anda yang tertuju pada ponsel merangsang aktivitas otak mencegah untuk tidur.

Penelitian yang dilakukan oleh Serikat BMC bahwa gangguan tidur umum, stres dan gejala depresi dikaitkan dengan penggunaan ponsel. Dalam studi ini, diikuti oleh orang dewasa berusia 20-24 tahun dan dipelajari selama 1 tahun.

Jika anda menginginkan tidur nyenyak di malam hari, sebaiknya hindari penggunaan ponsel di tempat tidur. Anda bisa meletakannya jauh dari jangkauan tangan anda untuk menghindari mengecek ponsel setiap saat.

5. Mencuci Wajah Dengan Air Dingin

Membersihkan wajah di malam hari adalah kebiasaan yang baik. Banyak orang mencuci wajah menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori. Tetapi mencuci wajah dengan air dingin dapat mempengaruhi tidur anda. Air dingin merangsang tubuh melepaskan energi untuk membuat anda tetap terjaga.

Sebaiknya mencuci wajah menggunakan air hangat di malam hari dan gunakan air dingin di pagi hari. Jika anda ingin mandi sebelum tidur sebaiknya gunakan air hangat.

6. Minum Kopi Di Malam Hari

Setelah makan malam, kebiasaan apa yang anda lakukan? apakah anda minum kopi? Jika ya, maka ini dapat menyebakan anda akan terjaga sepanjang malam dan akibatnya waktu tidur anda akan berkurang.

Kafein dalam kopi bekerja sebagai stimulan dan dapat mengakibatkan peningkatan kewaspadaan, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan tidur dan insomnia.

Studi yang diterbitkan oleh Journal of Clinical Sleep Medicine melaporkan bahwa kafein yang dikonsumsi 6 jam sebelum tidur akan mengganggu waktu tidur. Studi menekankan sebaiknya konsumsi kopi minimal 6 jam sebelum tidur.

Anda bisa menikmati kopi di pagi hari dan hindari di waktu sore apalagi di malam hari.

7. Pasta Gigi Rasa Peppermint

Menyikat gigi sebelum tidur sangat dianjurkan, tetapi menggunakan rasa mint pada pasta gigi ternyata dapat mempengaruhi tidur anda. kenapa? Karena minyak peppermint memberi anda efek dingin dan segar sebagai stimulan yang meningkatkan kewaspadaan, mengurangi kelelahan dan merangsang sistem saraf pusat.

Dalam jurnal internasional menerbitkan bahwa aroma peppermint merangsang otak untuk membuat anda tetap terjaga. Alternatif lain yang bisa anda lakukan adalah mengganti pasta gigi tanpa rasa di malam hari.

8. Tidur Dengan Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan memang memiliki manfaat psikologi untuk kesehatan, tapi membiarkan mereka tidur dengan anda dapat mempengaruhi tidur anda karena kebiasaan tidur manusia dan hewan berbeda.

Mayo Clinic Meneliti dengan mensurvei 300 pasien dan menemukan bahwa 53 persen dari pemilik hewan peliharaan melaporkan mereka memiliki gangguan tidur. Untuk membantu anda tidur lebih baik, jangan biarkan hewan peliharaan anda berada dalam kamar tidur.

9. Bekerja Shift Malam

Bekerja pada malam hari dapat mengurangi kualitas tidur anda dan dapat menyebabkan turunnya kadar hormon serotonin. Dan tidur di siang hari tidak akan mencukupi kebutuhan tidur anda seperti saat anda tidur di malam hari.

Selain itu cahaya dan panas di siang hari membuat otak anda sulit untuk tetap tertidur dengan baik. Serta adanya peningkatan risiko berbagai penyakit kronis seperti jantung dan penyakit pencernaan.

10. Kesepian

Kebanyakan orang merasa kesepian saat sedang merasa tertekan, dan ini juga menjadi penyebab gangguan dalam tidur. Orang kesepian sering tidur walaupun tanpa merasa lelah, sehingga kebanyakan tidur akan membuat kualitas tidur yang buruk.

Sebagian hal-hal diatas dapat anda hindari atau jika salah satunya sudah menjadi kebiasaan, anda bisa merubahnya secara bertahap. Memiliki kualitas tidur yang baik itu sangat penting. Baik untuk kesehatan mental serta kesehatan fisik.

Apakah anda berpikir ingin merubah kebiasaan yang mungkin  selama ini anda lakukan seperti di atas, agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik? Baiklah anda bisa memulainya sekarang.