Jenis-Jenis Jamur Beracun Yang Harus Anda Hindari

April 27, 2018

Ada beberapa ribu spesies jamur yang ditemukan di seluruh Amerika Utara. Diantara semua jamur, hanya sekitar 250 yang dianggap sangat beracun. Kecuali di Florida yang teralu panas dan Arizona yang terlalu kering, jamur dapat ditemukan hampir di semua negara di Amerika Serikat.

Banyak orang yang mengalami ketidaknyamanan dan bahkan kematian akibat mengkonsumsi jamur beracun. Kadang sering membingungkan untuk membedakan jamur morels yang lezat dengan false morels yang beracun, dan jamur chanterelle sering disalahartikan sebagai toxic jack-o’-lanterns beracun.

Membedakan yang dapat dimakan dan yang beracun ini juga merupakan perbedaan antara hidup dan mati. Berikut ini adalah cara untuk membedakan mana jamur yang bisa dimakan dan mana yang beracun agar anda bisa menghindarinya.

1. Jamur Agaric

Semua jamur yang dapat dimakan dari spesies agaric adalah yang berwarna pink, insang cokelat atau hitam, cap berwarna putih dan biasanya dengan batang yang besar. Beberapa jamur beracun dalam spesies ini terlihat sangat mirip.

Setelah anda yakin bahwa jamur ini adalah agaric, cium baunya. Spesies dari jamur ini yang bisa dimakan memiliki bau yang menyenangkan, seperti almond. Sementara yang beracun memiliki bau yang tidak menyenangkan seperti bahan kimia seperti tinta India atau yodium.

2. Boletus

Keluarga Bolete, Suillus dan Leccinum mudah diidentifikasi karena mereka memiliki pori-pori yang bertonjolan bukan insang. Jika pori-pori berwarna putih, krim atau kuning dan jamur tidak memiliki warana merah pada cap atau batangnya dan tidak berubah warna menjadi biru saat dipotong atau memar, berarti ini adalah jamur yang bisa dimakan.

3. Milk Caps Mushrooms

Semua milk caps memancarkan suatu zat yang seperti susu dari insang ketika disentuh. Karena Milk caps kebanyakan beracun, sampai Anda belajar mengidentifikasi berbagai jamur dari spesies yang disebut Lactarius ini, jauhi jamur dan jangan menyentuh insangnya.

4. Russulas

Russulas juga disebut sebagai brittlegill, memiliki insang dan batang yang sangat rapuh. Ada berbagai macam dari spesies ini. Dari yang beracun, memiliki rasa yang lezat hingga rasa yang mengerikan.

Mengidentifikasi jamur ini tanpa memiliki pengetahuan yang mendalam sangat sulit. Setelah memastikan bahwa jamur ini memang jamur dari spesies russula, beberapa orang mencoba merasakan sepotong kecil untuk memastikan apakah bisa dimakan atau beracun. Jika panas seperti cabai, maka dianggap beracun. Jenis yang dapat dimakan akan terasa enak.

5. Jack o Lantern Mushrooms

Jack o lantern sering disalahartikan dengan jenis-jenis chanterelles gourmet tertentu. Jamur chanterelle sangat lezat dan populer. Sementara jack o lantern mengandung racun yang disebut muscarine.

Dapat menyebabkan diare dan kram yang parah. Meskipun jamur ini tidak menyebabkan kematian tapi terkadang dibutuhkan perawatan intensif.

6. Amanita

Dalam spesies amanita, semua jamur memiliki insang dan spora putih. Mereka tumbuh dari struktur bulat seperti karung yang disebut volva. Hanya beberapa jamur dari spesie amanita yang bisa dimakan. Jamur yang paling beracun di Inggris adalah dari spesies ini.

7. Jamur Coklat Kecil

Semua jamur cokelat kecil di tanah terlihat sama dan sulit untuk membedakannya. Sementara kebanyakan dari jamur ini berbahaya, bahkan dapat membuat anda sakit. Sebagiannya bahkan mengandung amatoxins sama seperti jamur beracun tertentu dalam spesies amanita. Jadi, lebih baik untuk menghindari semua jamur berwarna cokelat.

8. False Morels

False morels termasuk dari banyak spesies yang berbeda dan banyak yang keliru menduga bahwa ini adalah jamur morels yang bisa dimakan dengan rasa yang lezat.

False morels banyak mengandung bahan kimia beracun yang dapat menyebabkan muntah, pusing dan bahkan kematian. Namun, beberapa orang memakannya tanpa efek sakit yang jelas.

Aturan Saat Mengidentifikasi Jamur

  • Jangan sentuh jamur yang memiliki insang putih atau cincin pada batang dan basis bulat atau seperti karung yang disebut volva. Banyak jamur dari spesies amanita yang berbahaya dan dapat dihindari dengan mengikuti aturan ini.
  • Jangan menyentuh atau mengkonsumsi jamur yang berwarna merah pada cap atau batang. Banyak jamur beracun, termasuk berbagai Fly Agaric yang dapat dihindari.
  • Menggunakan buku panduan jamur mungkin tidak selalu membantu, terkadang munculnya jamur tergantung pada cuaca dan tempat jamur itu tumbuh. Jadi, gambar dalam buku panduan mungkin akan terlihat berbeda dari jamur yang sebenarnya.
  • Jangan mengkonsumsi jamur apapun kecuali anda yakin 100% dengan jamur tersebut. Lebih baik untuk berkonsultasi dengan ahlinya jika anda tidak bisa mengidentifikasinya.

Efek Keracunan Jamur Dan Pengobatannya

Dari 14 jenis keracunan jamur yang ditemukan di seluruh dunia, sekitar 10 pola reaksi khas dari mikotoksin telah diamati di Amerika Utara. Konsekuensi dari membuat identifikasi yang salah tentang apakah jamur dapat dimakan bisa menjadi parah, terkadang membutuhkan transplantasi hati atau bahkan mengakibatkan kematian.

Dalam waktu 20 menit hingga 4 jam saat menelan jamur beracun, anda akan mengalami mual, muntah, kram dan diare yang biasanya kembali normal setelah iritasi telah diatasi. Kasus yang lebih parah memerlukan perawatan inap.

Hal ini juga dapat menyebabkan gangguan visual, denyut jantung tidak teratur, penurunan tekanan darah dan kesulitan bernapas. Kasus yang ekstrim dapat menyebabkan kematian akibat kegagalan pernapasan.

Tidak ada pengobatan generik untuk keracunan karena jamur, karena masing-masing jenis mengandung berbagai macam racun. Jika anda mengkonsumsi jamur beracun dan merasa sedikit tidak nyaman segera hubungi dokter.