Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Rambut

January 16, 2018

Rambut adalah mahkota kecantikan bagi perempuan, mereka ingin memiliki rambut yang sehat, mengkilap dan kuat yang bisa mencerminkan kepribadiaan seseorang. Bagi kebanyakan orang rambut yang jelek sama dengan hari yang buruk dan dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Selama berabad-abad, orang-orang telah mencari cara untuk menjaga rambut tetap sehat.

Meskipun sebagian orang beruntung telah dianugerahkan rambut yang indah dan tebal, tapi ada juga beberapa orang mengeluh tentang masalah rambut rontok, kusam dan rapuh. Sementara masalah genetika dan kesehatan memiliki pengaruh langsung kepada rambut anda. Gaya hidup dan makanan juga dapat mempengaruhi kekuatan rambut, berikut kebiasaan buruk yang dapat merusak rambut anda.

Stres

Stres tidak hanya mempengaruhi seseorang dalam kesehatan mental dan fisik, bahkan juga dapat menyebabkan rambut rontok. Ketika anda dalam kondisi stres, maka rambut anda akan rontok secara perlahan. Kenyataanya, rambut rontok dapat terjadi sampai tiga bulan setelah terjadinya stres. Namun, rambut dapat tumbuh kembali dalam waktu enam hingga sembilan bulan kemudian.

Efek neurohormones, neuropeptides dan neurotransmiter selama stres secara signifikan dapat mempengaruhi aktivitas siklus folikel rambut. Stres bukan hanya menyebabkan rambut rontok tetapi juga menyebabkan masalah dermatologi seperti jerawat dan kuku rapuh. Untuk melawan stres, anda bisa mencoba beberapa latihan sederhana dengan bermeditasi, latihan pernafasan dan mengambil langkah-langkah untuk menghilangkan stres yang anda ketahui.

Diet Yang Buruk

Apa yang anda makan memiliki dampak langsung pada kesehatan kulit dan rambut anda. Rambut membutuhkan berbagai vitamin, mineral dan protein untuk tetap sehat. Asam amino, protein, zat besi dan seng menunjukan peran penting untuk pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengikuti diet sehat agar mendapatkan rambut yang bagus.

Anda juga harus menyertakan makanan sehat yang kaya akan protein, vitamin E dan zat besi dalam diet anda. Bahkan ketika mendiagnosa seseorang yang terkena anoreksia, salah satu gejala utamanya adalah rambut rontok yang parah. Hindari makanan junk food dan metode diet yang sangat ketat karena dapat menyebabkan kekurangan gizi yang mengakibatkan rambut rontok, kusam dan rapuh.

Hair Styling

Saat ini, sebagian besar perempuan cenderung lebih sering menggunakan hair styling. Bahkan penggunaan pengering rambut secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Panas dari pengering rambut tersebut menghilangkan nutrisi yang ada pada rambut anda sehingga terlihat kering dan kusam.

Untuk mengurangi kerusakan pada rambut, anda bisa mengatur pengering rambut anda pada pengaturan suhu yang rendah dan gerakan secara perlahan-lahan. Namun, lebih baik lagi jika anda membiarkan rambut anda kering secara alami. Penggunaan hair styling lainnya, seperti meluruskan dan mengkritingkan rambut juga berkontribusi lebih banyak menyebabkan rambut rontok. Anda bisa membatasi penggunaan hair styling hanya dua atau kali seminggu saja.

Penggunaan Produk Rambut Berbahan Kimia

Untuk menjaga rambut tetap sehat, banyak yang bergantung pada penggunaan shampo, gel, serum dan produk lainnya. Tapi tidak semua produk yang beredar di pasaran bagus untuk rambut anda. Banyak produk mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan lebih besar pada rambut anda.

Bahan kimia seperti hidrogen peroksida dan amonia yang ditemukan dalam pewarna rambut dapat menyebabkan penipisan rambut dan rambut rontok. Dihidrotestosteron atau DHT adalah bahan kimia berbahaya lain yang ditemukan dalam shampo yang dapat menyebabkan rambut rontok. Bahan kimia utama yang menjadi perhatian adalah natrium hidroksida, yang dapat melemahkan rambut dan menyebabkan infeksi kulit kepala.

Bagi anda yang menggunakan hairspray atau gel sepanjang hari untuk menjaga tatanan rambut tetap rapi sebaiknya berhati-hati, karena biasanya produk tersebut mengandung alkohol yang tinggi sehingga dapat membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Hindari merawat rambut anda dengan produk berbasis bahan kimia yang keras. Sebaliknya, pilihlah produk-produk herbal dan resep buatan sendiri untuk masker rambut atau pewarna rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Berenang Di Air Yang Mengandung Klorin

Berenang adalah salah satu kegiatan yang terbaik untuk membantu anda tetap fit dan sehat. Tapi berenang dalam kolam yang mengandung klorin tidak baik untuk rambut anda. Pada kenyataanya, klorin yang menumpuk di rambut dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh.

Klorin juga dapat menghapus minyak alami pada rambut serta membuat rambut lebih rentan terhadap kerusakan. Jika anda suka berenang, sebaiknya gunakan topi renang dan pastikan anda mandi dan mencuci rambut anda menggunakan shampo setelah berenang. Jangan biarkan rambut anda mengering dengan air kolam renang yang mengandung klorin.

Menyasak Rambut

Menyasak rambut sangat merusak rambut dan anda akan mengalami kerusakan rambut selama berbulan-bulan. Begitu juga tidak dianjurkan menyisir rambut dengan cepat dan kasar, terlalu banyak gesekan akan membuat rambut lemah dan rapuh. Sebaiknya gunakan sisir yang bergigi jarang dan sisir rambut anda dengan lembut dari akar sampai ke ujung rambut.

Mengikat Rambut Dengan Ketat

Jika anda menyukai tatanan rambut seperti dikepang atau diikat ekor kuda yang ketat, sebaiknya berpikir dua kali untuk melakukannya, karena gaya rambut ini dapat menjadi penyebab rusaknya rambut anda. Gaya mengikat rambut dengan ketat mengakibatkan ketegangan yang berlebihan pada folikel rambut, sehingga mengakibatkan kerusakan pada rambut dan bahkan rambut rontok.

Hal ini juga dapat menyebabkan traksi alopecia, dimana suatu kondisi yang dapat melemahkan folikel rambut dan menjadikan rambut sulit untuk tumbuh secara permanen yang diakibatkan ketegangan secara berulang-ulang pada folikel rambut. Anda bisa mencoba mengikat rambut anda dengan ikatan yang sedikit longgar dan sekali-sekali biarkan rambut anda terurai agar rambut anda bisa bernafas.

Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Menyisir rambut ketika masih dalam keadaan basah seperti setelah mandi rentan terhadap kerusakan. Sebaiknya lap rambut dengan handuk lembut tapi jangan menggosoknya dan biarkan setengah kering atau lembab sebelum menyisir. Sebaiknya gunakan sarung bantal berbahan satin saat tidur untuk menghindari gesekan.

Mencuci Rambut Secara Berlebihan

Sebaiknya rambut dicuci tiga kali seminggu atau dua hari sekali. Ketika mencuci rambut pilihlah shampo yang tepat sesuai jenis rambut, ini membantu menjaga kelembaban dan kecantikan rambut anda. Banyak orang yang melakukan kesalahan saat mencuci rambut, saat rambut basah kutikula pada rambut melebar inilah sebabnya mengapa anda harus menghindari mengeringkan rambut dengan handuk secara kasar agar rambut anda tidak rentan terhadap kerusakan.

Mandi Air Panas

Air panas dapat menghilangkan minyak alami pada rambut, yang mengakibatkan rambut menjadi kering dan rapuh. Agar rambut tetap sehat anda bisa menikmati mandi air hangat tidak lebih dari 10 atau 15 menit, dua atau tiga kali seminggu.

Untuk bilasan terakhir, gunakan air dingin agar membantu mengunci kembali kelembaban pada rambut. Ini akan menjaga rambut tetap sehat dan berkilau. Setelah mandi hindari menggosok rambut dengan handuk dan biarkan kering secara alami tanpa menggunakan hair dryer.