Kebiasaan Pagi Ini Bisa Mengubah Hidup Anda

April 4, 2018

Sama seperti saat mengemudi kapal, rutinitas anda di pagi hari bisa menentukan bagaimana sisa hari anda. Jika anda memulainya dengan lambat dan bermalas-malasan maka puncaknya hari anda menjadi tidak produktif dan buruk. Beberapa orang bahkan merasakan fisik yang lamban dan murung.

Sebaliknya, orang-orang yang melakukan rutinitas pagi yang sehat tidak hanya lebih terorganisir tetapi juga memiliki lebih banyak energi dan mendapatkan banyak hal yang bisa dilakukan dalam satu hari itu.

Meskipun tidak ada rutinitas pagi yang ideal untuk semua orang tapi anda bisa mencoba beberapa kebiasaan sederhana sebagai bagian dari ritual pagi yang dapat mengubah keseluruhan hari anda. Berikut beberapa kebiasaan di pagi hari yang dapat mengubah hidup anda.

1. Memulai Di Awal Pagi

Bangun pagi memiliki satu keuntungan luar biasa dimana orang lain masih banyak yang tertidur. Pagi hari merupakan waktu yang paling damai dan pikiran anda masih segar.

Orang-orang yang bangun pagi untuk melakukan tugas penting akan lebih proaktif daripada mereka yang memanfaatkan waktu malam untuk melakukan berbagai kegiatan.

Ini adalah waktu terbaik untuk menetapkan jadwal anda seharian, menulis jurnal, meditasi atau hanya berjalan-jalan tanpa alas kaki di taman atau di sekitar rumah dan berhubngan dengan alam.

2. Membuka Jendela

Membuka jendela bukan hanya tirainya saja agar anda bisa menghirup udara segar yang sangat penting untuk kesehatan anda.

Selanjutnya, membiarkan sinar matahari masuk kekamar anda adalah langkah pertama agar anda terjaga sepenuhnya. Hal ini membantu mengatur siklus tidur-bangun dengan merangsang sistem biologis tubuh selama 24 jam.

Sinar matahari pagi juga merupakan sumber alam terbaik dari vitamin D dan membantu membuat mood anda lebih baik. Juga meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh dan kebahagiaan yang mendorong neurotransmitter.

Oleh karena itu, Membuka jendela harus menjadi bagian dari rutinitas pagi anda untuk meningkatkan suasana hati dan mempersiapkan diri untuk menjadi lebih aktif.

3. Meditasi

Ketika anda membuka mata anda, turun dari tempat tidur, ambil bantal dan duduk lesehan sambil bermeditasi selama 15 menit. Meditasi pada dasarnya membersihkan pikiran dan untuk mencapai keadaan yang damai dan bebas dari setiap pikiran yang mengganggu anda.

Ini hanya butuh waktu beberapa saat untuk menguasainya, tetapi sekali anda melakukannya, anda akan melihat bagaimana stres anda akan berkurang dan membuat anda menjadi lebih fokus.

Selain itu, melakukan teknik-teknik meditasi memainkan peran dalam meningkatkan bagian otak yang bertanggung jawab untuk menyimpan memori, belajar dan refleksi diri. Serta mengontrol bagian otak yang mengatur kecemasan dan stres.

Dengan demikian, meditasi secara teratur akan meningkatkan mental dan kinerja juga dapat membantu perkembangan otak dalam jangka panjang.

4. Minum Air Lemon

Minum air di pagi hari membantu pencernaan dan perut, mengatur sistem pencernaan yang sehat. Dikombinasikan dengan detoksifikasi yang sangat baik dari lemon, yang efektif membuang racun berbahaya dari tubuh anda.

Buah jeruk seperti lemon kaya akan vitamin C dan mengandung antioksidan yang kuat.Vitamin C membantu menjaga kulit dan pembuluh darah tetap sehat, menyembuhkan luka dengan membentuk jaringan parut serta membantu tubuh dalam penyerapan zat besi.

Antioksidan ini juga memerangi aktivitas yang merusak dari radikal bebas dalam tubuh. Penumpukan radikal bebas dalam jangka panjang dapat mempercepat penuaan dan dapat menyebabkan perkembangan radang sendi dan penyakit jantung.

Asupan buah jeruk seperti lemon yang teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, flavonoid yang terkandung di dalamnya dapat menghambat kelebihan gula darah. Oleh karena itu, minum segelas air lemon hangat setiap pagi juga bermanfaat bagi penderita diabetes.

5. Mandi Pagi

Mandi pagi memiliki manfaat tersendiri, ini merangsang sirkulasi, menenangkan dan membuat anda merasa lebih segar. Ini juga waktu yang tepat untuk bersantai sambil memikirkan ide-ide, terutama jika anda bekerja pekerjaan kreatif.

Mandi air panas juga membantu tubuh anda lebih rilex terutama pada saat musim dingin atau saat di malam hari.

6. Membaca Sesuatu Yang Inspiratif

Membaca sesuatu yang inspiratif di pagi hari membuat semangat anda bangkit dan memotivasi anda pada sebagian besar hari yang akan anda lalui.

Sama seperti saat anda berjalan dan berolahraga setiap pgi yang akan membuat anda sehat secara fisik, membaca sesuatu yang memotivasi adalah latihan mental yang membuat anda kuat secara mental sepanjang hari.

Jika anda memulai pagi dengan membaca buku yang positif anda akan mempunyai mental yang kuat atas apapun yang akan anda hadapi. Sebaliknya membaca koran saat memulai hari dengan mengisi kepala anda dengan pikiran yang menyedihklan dapat mengganggu ketenangan mental anda.

Ketika anda memasukkan bacaan inspirasi ke dalam rutinitas harian pagi, anda akan merasa menjadi lebih kreatif, produktif, tangguh dan tenang.

7. Menjauhi Ponsel

Ponsel telah menjadi hampir sama pentingnya seperti oksigen bagi kebanyakan orang. Hal ini sering menjadi hal terakhir yang kita gunakan sebelum tidur dan hal pertama yang kita gunakan saat pertama kali bangun.

Mulai pagi anda dengan tidak menyentuh ponsel selama 2 jam atau sebelum anda berangkat kerja. Manjakan diri anda untuk melakukan kegiatan produktif lain sebagai gantinya. Membaca, menulis, menyiram tanaman, duduk di teras dengan secangkir teh hijau hangat dan mendengarkan burung berkicau.

Lakukan ini setiap hari dan lihat berapa banyak hal-hal yang bisa anda lakukan selama 2 jam tersebut dari hanya sekedar browsing atau mengirim pesan di media sosial.

8. Membuat Daftar “Syukur”

Dalam kehidupan sehari-hari, mudah sekali melupakan hal-hal baik yang terjadi pada anda. Jika anda dapat memikirkan dan menghitung berbagai hal dari yang kecil hingga yang besar, anda bisa bersyukur atas apa yang anda miliki dalam hidup.

Anda bisa menuliskannya dan membuat catatan setiap pagi atas hal-hal yang anda syukuri. Bersyukur untuk apa yang anda miliki setiap hari dapat membuat anda menjadi seorang yang optimis dari waktu ke waktu.

9. Sarapan Yang Bergizi

Energi yang anda dapatkan dari makanan seperti daging, roti dan donat diproses dengan cepat dan membuat anda akan jadi mengantuk karena semua darah dari otak mengalir ke perut untuk memecah makanan yang berlemak tinggi ini.

Jumlah garam yang tinggi, serta kelebihan minyak makanan yang digoreng dapat meningkatkan risiko penyumbatan arteri, serangan jantung dan stroke.

Sebaliknya, menyantap sarapan bergizi dapat menghasilkan energi karena diproses dengan lambat. Seperti sereal gandum, buah dan protein, membuat anda berenergi sepanjang hari.

Selain itu, sarapan yang sehat akan membantu anda tetap fit. Orang yang mengkonsumsi 1 porsi sarapan sereal harian melaporkan secara signifikan lebih rendah mengalami risiko kelebihan berat badan daripada mereka yang tidak.

10. Olahraga

Olahraga bisa dalam berbagai banyak hal. Beberapa dari anda mungkin menyukai gym setiap pagi, bersepeda atau hanya sekedar berjalan-jalan di sekitar rumah.

Semua ini adalah cara agar darah dapat mengalir ke seluruh tubuh dan memberikan energi. Olahraga pagi secara signifikan meningkatkan produksi energi melalui lemak dalam makanan.

Selain itu, berolahraga dapat menghasilkan endorfin berlimpah dalam tubuh. Endorfin adalah hormon yang membuat rasa bahagia yang menaikkan suasana hati dan memotivasi anda. Berolahraga juga mencegah anda dari keinginan untuk makanan berlemak dan manis.