Kenali Lebih Jauh Tentang Psikopat

January 16, 2018

Pasti anda pernah dong menonton film yang berhubungan dengan psikopat? Pernah gak sih terlintas di benak anda, kenapa psikopat itu terjadi? Apa hubungannya dengan kepribadian? atau apasih arti dari psikopat itu? nah pasti ada dong salah satu pertanyaan di atas muncul di benak anda. Disini kita akan membahas mengenai apa itu psikopat, gejala psikolat, penyebab dan orang-orang yang memiiki jiwa psikopat teramat sadis di masa dulu,

Definisi psikopat selalu menjadi topik diskusi antara psikolog dan spesialis, namun psikopati memiliki tanda dan gejala yang berbeda di setiap orangnyalohh..

Apa itu Psikopat?

Psikopat berasal dari kata Yunani, “psyche” yang berati jiwa sedangkan “pathos” memiliki arti penderitaan atau perasaan. Namun, dalam pengobatan “pathos” magacu pada penyakit. Oleh sebab itu, dikembangkanlah patalogi. Pada tahun 1847 didirikanlah psikopatologi yang merupakan studi tentang penyakit mental, tekanan mental dan abnormal salah satunya adalah psikopat. Psikopat adalah mereka yang memiliki penyakit dan prilaku yang keji yang memiliki kelainan pada jiwanya biasanya itu disebut dengan “psikopati

Sejak tahun 1930 istilah psikopat sering sekali dikaitkan dengan sisiopat oleh George. E pertridge, meskipun demikian Robert Hare menetapkan bahwa walaupun itu dikaitkan tetapi sosiopati tepi sosiopati  lebih banyak terkait dengan psikosis. Dia juga mengatakan bahwa itu tergantung dari si penderita sebab orang yang mengidap sosiopati akan mengacu pada sosial sedangkan psikopati mengacu pada faktor kepribadian, biologi dan genetik.

Robert Hare berkata “bahwa seorang psikopat tidak memiliki rasa empati dan sama sekali tidak mengenal merasa takut sedangkan seorang sosiopati mereka masih mengenal takut

Definisi psikopat sangat sulit di tentukan sebab banyak diantaranya saling bertentangan, namun secara umum hal ini didefenisikan sebagai gangguan kepribadian yang di tandai oleh prilaku antisosial, gangguan empati, memiliki sifat penyesalsan terus menerus dan memiliki sifat-sifat egois yang tidak beraturan.

Tanda dan Gejala Psikopati

Sulit untuk menentukan  seroang memiliki sifat psikopat, tetapi orang psikopat memiliki tanda-tanda yang hampir mirip dengan orang sosiopat, Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder (DSM) II 1968 berpendapt bahwa psikopat dan sosiopat yang memiliki keteria seperti :

  • Tidak mematuhi hukum dan norma sehingga terlibat dalam prilaku yang mengakibatkan dirinya terkena tindakan pidana
  • Lihai dalam berbohong, penipuan dan memanipulasi demi keuntungan hiburan diri sendiri
  • Berperilaku impulsif
  • Memiliki sifat yang agresif sehingga sering menyerang orang lain dan terlibat perkelahian
  • Tidak memiliki tanggung jawab
  • Tidak ada rasa penyesalan atas tindakan yang dilakukan

Keteria lainnya yang dapat anda lihat yaitu :

  • Orang tersebut setidaknya berumur 18 tahun
  • Kelainan prilaku terjadi sebelum usia 15 tahun
  • Dan prilaku antisosial tidak sibabkan oleh penyakit seperti skizofrenia atau gangguan bipolar.

Disosial

Psikopat dikaitkan dengan predator di kehidupan sosial sebab mereka dikenal sebagai orang agresi yang berdarah dingin. Hal ini diakibatkan kerena emosi yang dimiliki sangat tidak teratur sehingga merugikan banyak orang. Studi menunjukkan bahwa 93,3% pembunuhan terjadi karena seorang psikopat dari pada pembunuhan lainnya. Penelitian seperti FBI (Federal Bureau of Investigation) menunjukkan bahwa kekerasan yang dimiliki oleh orang psikopat dapat menyebabkan luka serius atau pelecehan seksual. Kekerasan itu bisa terjadi dalam hubungan rumah tanga, telah ditemukan bahwa 15-30% pelaku pemukulan di rumah tangga memiliki sifat psikopat seperti mmepunyai sifat yang tidak menyesal, impulsif dan tidak bisa mengontrol prilaku.

Cedera Otak

Ilmuan telah mempelajari bahwa cedera pada otak memiliki kemungkinan terkena dampak psikopat, dilihat dari fungsi daerah konteks prefrontal dan amigdala otak yang  berkaitan dengan prilaku psikopat. Jika ini terjadi pada saat kecil maka akan mengakibatkan mereka tidak mempu meperoleh pengetahuan sosial dan moral. Tetapi jika mereka orang dewasa maka mereka sadar akan norma sosial tapi mengabaikannya. Banyak yang mengkaitkan hubungan antara IQ yang rendah memiliki tingkat psikopat yang lebih tinggi, tetapi menurut ilmuan Cleckley dan dokter lainnya menetapkan bahwa hal itu tergantung pada jenis orang yang menderitanya. Karena orang psikopat memiliki tingat jenius yang tingi dan kepintaran di atas rata-rata sebab mereka sangat lihai dalam hal memutar fakta dan licik

Masa Pertumbuhan

Masa pertumbuhan merupakan suatu hal yang sangat susah di lalui sebab, dimasa pertubuhan anak remaja masih memiliki emosi yang tidak stabil, Seseorang bisa saja mengalami gangguan psikopat pada saat remaja. Inilah beberapa karekter psikopat pada remaja, biasanya terdiri dari tiga faktor yaitu :

  • Tidak emosional
  • Memiliki SIfat Narsisisme
  • Impulsif

Ini merupakan ciri-ciri yang memiliki antisosial tetapi ada juga ciri lainnya yang dapat  anda perhatikan seperti :

  • Sering mengancam, menganggu dan mengitimidasi orang lain
  • Sering melakukan perkelahian fisik
  • Suka menggunakan senjata yang dapat menyababkan luka fisik yang serius pada orang lain
  • Kejam terhadap orang
  • Memaksa seseorang melakukan aktivitas seksual

Penyebab Psikopat

Ada beberapa teori yang dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan psikopat diantaranya :

Lingkungan

Banyak studi menunjukkan bahwa lingkungan memiliki pengaruh banyak dalam perkembangan otak dan prilaku pada seseorang, jika seseorang tersebut hidup dilingkungan keluarga yang mendapatkan kekerasan fisik maka kemungkinan besar ia akan menjadi seorang psikopat dimasa yang akan datang. Ada juga yang disebabkan oleh bullying yang dapat menyebabkan seseorang manjadi psikopat sehingga membuatnya berkeinginan membunuh orang-orang yang membuatnya merasa takut atau menganggu kehidupannya.

Kelainan Saraf

Secara khusus beberapa ahli menemukan kelaina otak pada amigdala, hippocampus, parahippocampal gyrus dan kontreks fronal serta temporal. Seorang ahli saraf di Jerman juga mengklaim telah menemukan area otak yang dimana pemikiran jahat yang bersembunyi didalam otak para psikopat. Ilmuan yang bernama bremen Dr. Gerhard Roth mengatakan “pemikiran jahat” terletak pada lobus sentral otak dan jika disinar X maka akan muncul sebagai massa yang gelap. Ia menemukannya setelah menyelidiki pelaku kekerasan yag dihukum keras selama bertahun-tahun di pemerintahan Jerman.

Massaa gelap di bagian depan otak muncul pada orang-orang yang memiliki catatan kriminal tentang kekerasan“-Roth

Prilaku

Prilaku seseorang anak bisa digambarkan dengan prilaku yang dilihatnya sehari-hari atau yang dialaminya sehari-hari jika seseorang itu mendapatkan prilaku kekerasan semasa remajanya yang membuatnya mengalami penyakit mental dan membuatnya tertekan maka kemungkinan besar gejala psikopat itu akan ada pada dirninya. Mungkin dia menaruh dendam pada manusia sehingga membuatnya tidak memiliki rasa empati kepada sesama manusia.

Pengobatan

Cara mengobatu seorang psikopat sangatlah rumah karena mereka memiliki sifat yang bisa dibilang “unik” sebab salah satu ciri utama dari penderita psikopat yaitu tidak ingin melakukan pengobatan dengan cara apapun, bahkan dengan teknik modifikasi hukuman pun tidak membuat mereka takut. Tidak ada obat untuk seorang psikopat salah satu obat terbaik yaitu melakukan konseling dengan dokter atau spesial yang berkompeten tetapi penanganan pisikopay ini mengalami proses penyembuhan dalam jangka waktu yang panjang dan sulit. Dan pada akhirnya mereka akan mengalami trauma yang mendalam.

10 Tokoh Psikopat sepanjang Sejarah

Inilah beberapa orang yang memiliki sejarah psikopat yang sudah diakui kekejamannya oleh dunia, mereka memiliki kejahatan dan kekerasan yang sangat tidak manusiawi. Siapa-siapa saja sih? Ini dia..

1. Earle Nelson

Dikenal dengan sebutan “gorilla killer”, Pada tahun 1926-1927 Erle Nalson membunuh sekitar 22 wanita dan kebanyakan dari mereka merupakan pemilik tanah. Nelson akan menyewa sebuah kamar dan membawa wanita lajang tersebut dan mencekiknya sampai mati. Nalson juga seoreng Nekrofillia (seseorang yang berhubungan seks dengan mayat)

2. Ed Gein

Ed Gein merupakan seorang psikopat yang diakui di Amerika, bahkan film The Texas Chainsaw Massacre memiliki cerita yang terinsiparsi dari pembunuhan yang dilakukan Ed Gein. Sebab Ed Gein membunuh orang dengan memotong tubuh seseornag itu menjadi beberapa bagian lebih parahnya lagi Ed Gein menguliti beberapa mayat perempuan untuk mengambil puting dan alat kelamin untuk kepuasan pribadi, bahkan dirumah Ed Gein penuh dengan mayat dan beberapa bagian tubuh wanita yang sudah di mutilasinya.

3. Gary M. Heidnik

Dengan menahan 6 orang wanita dan memaksanya untuk melakukan pelecehan seksual, bukan hanya itu ia juga menyiksa mereka secara bersamaan. Dia akan melakukan hubungan seks dengan memasukkan benda tajam ke dalam alat kelamin wanita dan tidak menggeluarkannya sampai siang hari, Bahkan dia memasak bagian tubuh mereka setelah mereka meninggal dunia.

4. Joseph Mengele

Merupakan dokter medis yang disebut dengan “Malaikat maut”, ia bertanggung jawab atas kematian ratusan pria selama perang dunia ke II. Dia memerintahkan untuk membunuh orang-orang Yahudi di kamo Nazi dan mengambil korban lain untuk melakukan ekspreimen medias yang sangat tidak menusiawi

5. Adolf Hitler

Dia dianggap salah satu pemimpin yang paling jahat dalam sejarah manusia sebab dia dapat membunuh ribuan orang tanpa belas kasihan.

6. Jack the Ripper

Jack meneror sebuah distrik di London dengna menguntin dan membunuh di malam hari berkabut, biasanya ia akan membunuh seroang pelacur, biasanya ini terjadi selama liburan atau akhir pekan. Namun identitasnya masih belum ditemukan

7. Jeffrey Dahmer

Orang-orang pasti sudah tahu dengan kekejaman yang dilakukan oleh Jeffery Dahmer. Pada tahun 1980an, Ia melakukan pembunuhan berantai serta kejahatan kanibalisme bahkan melakukan penyiksaan terhadap 17 pria dan seluruh anak laki-laki di seluruh Amerika Serikat. Dia memiliki tinggat waras yang sama seperti orang biasa tetapi dia diadili dan dibunuh di penjara pada tahun 1994

8. Ted Bundy

Bila topik psikopat muncul maka nama Ted Bundy selalu disebut, Ia memiliki wajah yang tampan dan meiliki latar belakang pendidikan yang bagus pula, Tapi siapa sangka bahwa ia menyimpan 30 penggalam kepala wanita diapartemennya. Wow…

9. Elizabeth Bathory

Sebagai psikopat wanita, Elizabeth mungkin lebih terkenal dari pada para psikopat lainnya. Pada tahun 1500an di Hungaria, dia membunuh sekitar 650 wanita untuk melakukan mandi darah dengan kayakina bawah itu akan membuat kulitnya menjadi awet muda. Sehingga membuatmya menyiksa gadis-gadis tersebut sebelum membunuhnya seperti memerintahkan mereka memakan dagingnya sendiri dan membarakar kulit mereka. Meskipun banyak orang yang menjadi saksi tentang tindakan yang menggerikan ini tapi Elizabeth bebas disebabkan oleh gelar mulia yang ada pada keluarganya.

10. Leonarda Cianciulli

Seseorang yang terkenal lainnya adalah Leonarda, meski hanya membunuh tiga orang tetapi cara membunuhnya bisa dibilang sanggat mengerikan. Sebab ia akan membunuh wanita dengan menggunakan kampak dan memotong tubuh mereka menjadi beberapa bagian. Bahkan dia dianggap salah satu pembunuhan paling kejam di Italia

Inilah beberapa tokoh yang sangat ditakuti dimasanya. Waah.. Hati-hati jika anda menemukan seseorang yang memiliki sifat psikopat.