Lakukan Hal Ini Agar Anak Anda Tetap Aman Bermain Media Sosial, Orang Tua Wajib Tau!

January 29, 2018

Siapa sih saat ini yang tidak mengenal media sosial seperti facebook, instagram dan yang lainnya, hampir rata-rata setiap orang memiliki akun media sosial, dari anak-anak hingga orang tua. Anda bisa membagikan banyak hal seperti foto, artikel, gambar lucu dan banyak hal lainnya. Anda juga bisa mencari seseorang di masa lalu atau sekedar chatting bersama teman lama dan teman baru.

Berbagi informasi dengan orang lain bisa sangat menyenangkan, tetapi juga ada banyak resiko dari dunia maya ini karena ada saja orang yang menyalahgunakan, khususnya yang terjadi pada anak-anak atau remaja labil.

Sudah berapa banyak kasus yang anda dengar bahwa ada seorang remaja yang dilarikan oleh seseorang yang baru saja dikenalnya di facebook. Bukankah itu fakta yang mengerikan? Sebagai orang dewasa terlebih orang tua perlu dilakukan tindakan pencegahan, agar anak-anak tidak dengan mudahnya berbagi informasi pribadi kepada orang yang baru dikenal.

Orang Tua Perlu Menyadari Bahaya Internet

1. Identitas Palsu
Internet memudahkan bagi seseorang untuk menjadi orang lain. Sebagai contoh, saat pembuatan akun media sosial, seseorang bisa dengan mudah memakai nama  serta informasi bohong lain tentang dirinya.

2. Internet Predator
Sering kali, orang-orang yang berbohong mengenai usia adalah internet predator. Mereka adalah orang-orang yang menargetkan anak-anak termasuk anak anda. Banyak orang tua yang tidak menyadari hal ini saat predator telah mencoba mendekati anak anda secara pribadi.

3. Banyaknya Pilihan Website
Sisi baiknya ini bisa membantu untuk mencari bahan penelitian untuk tugas di sekolah. Tapi di sisi lain anak anda dapat dengan mudah mendapatkan akses ke situs jaringan sosial dewasa, situs porno dan web merusak lainnya.

4. Tidak Semua Informasi Pribadi
Banyak orang termasuk anak dan orang tua, tidak tahu bahwa informasi yang di post secara online tidak selalu bersifat pribadi. Kebanyakan remaja memiliki profil yang diatur publik sehingga siapapun bisa melihat tanpa terkecuali.

5. Mereka Berada Dalam Kontrol
Ketika anak anda menggunakan internet, mereka adalah yang memegang kendali. Ini akan baik-baik saja kalau anak anda sudah lebih dewasa.

anda bisa mengatakan kepada anak anda untuk tidak memberikan nomor telepon atau berbagi foto kepada orang asing. Tapi, belum tentu anak anda mengikuti semua aturan anda, maka pastikan anda terus memantau ketika mereka sedang menggunakan internet.

Tanda-Tanda Anak Anda Memiliki Masalah Pada Media Sosial

1. Menghabiskan waktu seharian di komputer
Banyak orang tua tidak menyadari bahwa anak mereka dapat dengan mudah menjadi target predator online dan proses ini tidak terjadi dalam waktu semalam. Predator anak berpura-pura seumuran dengan target dan berusaha mendapatkan kepercayaan yang memakan waktu mingguan bahkan bulanan.

2. Menggunakan Komputer Secara Diam-Diam
Bagaimanakah tingkah anak anda saat menggunakan komputer? apakah mereka mencoba bersembunyi dari anda? ketika mereka otomatis mematikan layar atau membuka hal lain untuk mencegah agar anda tidak melihat apa yang mereka lakukan. Ini adalah pertanda bahwa anak anda memiliki percakapan dengan orang asing yang tidak ingin diketahui oleh anda.

3. Ekspresi Bahagia Setelah Menggunakan Komputer
Tanda ini mungkin sedikit rumit, karena bisa jadi dia telah mampu menyelesaikan tugas sekolah yang rumit sehingga memunculkan ekspresi perasaan puas dan bangga. Tapi bisa saja anak anda sedang proses memulai sebuah hubungan baru bersama seseorang secara online.

Anak anda tidak menyadari bahwa siapapun dapat bersembunyi di balik media sosial. Itulah sebabnya mengapa sangat penting bahwa anda harus berbicara pada anak anda tentang bahaya memulai hubungan  secara online.

4. Mereka Sangat Tertekan
Nah ini adalah kebalikannya, jika anda melihat anak anda selalu murung setiap kali selesai menggunakan komputer ini adalah tanda bahwa mereka tertekan. Banyak remaja lain menggunakan internet untuk pelecahan, jika kasus ini terjadi pada anak anda maka mungkin mereka akan tampak sangat murung dan tertekan.

Cara Mudah Untuk Terlibat Dalam Penggunaan Internet Anak Anda

Memindahkan komputer anak anda ke ruang keluarga, dimana dia dapat menggunakan komputer bersama anda atau anggota keluarga lainnya. Ini cenderung membatasi anak untuk mengunjungi chat room dan website yang berbahaya, seperti kebanyakan remaja yang ingin melihat situs ini secara pribadi. Serta batasi penggunaan internet pada anak anda.

Periksa riwayat internet komputer, anda dapat melihat semua situs web yang dikunjungi anak anda dalam beberapa hari atau minggu terakhir. Pastikan anda juga membicarakan tentang bahaya internet pada anak anda. Beritahu mereka bahwa ada banyak orang jahat yang berpura-pura menjadi seseorang yang lain dengan menggunakan chat secara pribadi.

Jika mereka merasa terganggu, baik itu oleh seseorang yang dikenal apalagi yang tidak dikenal, agar segera untuk memberitahu anda.

Peraturan Untuk Anak Anda Agar Aman Menggunakan Internet

Sebagai permulaan, beritahu anak anda untuk tidak memberikan informasi pribadi mereka secara online seperti nomor telepon ataupun alamat rumah. Dan katakan kepada anak anda bahwa ketika sesorang yang mengaku berusia sama dengan mereka laki-laki atau perempuan, belum tentu itu yang sebenarnya, bisa jadi mereka adalah orang-orang yang memalsukan identitas diri.

Sangat penting untuk mencegah anak anda memposting foto atau video pribadi secara online, karena ini adalah sesuatu yan kebanyakan dilakukan oleh remaja sekarang ini. Ini akan berbahaya terutama ketika informasi lainnya juga diketahui seperti kota dan nama sekolah.

Melarang anak anda untuk bertemu secara langsung terhadap seseorang yang dikenalnya secara online. Apabila memang ingin bertemu pastikan bertemu di tempat umum dan tidak pergi sendirian harus ada salah satu anggota keluarga yang menemani.