Makanan Trend Ini Ternyata Berbahaya

February 21, 2018

Kita hidup di era media sosial, dimana semua trend makanan bermunculan diberanda anda. Beberapa muncul dengan cepat lalu menghilang, dan kita menunggu-nunggu apalagi makanan trend berikutnya.

Beberapa makanan trend baik untuk kecantikan dan kesehatan serta beberapa lainnya yang sulit untuk dijelaskan. Tapi dari beberapa makanan trend ini bisa menjadi berbahaya, hanya karena sesuatu itu populer bukan berarti hal itu baik untuk anda.

Mari kita lihat seberapa berbahaya makanan yang mungkin anda lihat sedang trend yang muncul di media sosial atau di feed instagram tanpa anda sadari.

Air Mentah

Ketika kecil anda pasti pernah diingatkan untuk tidak meminum air mentah oleh keluarga atau ibu saat bermain-main di tempat wisata karena akan menyebabkan sakit disentri atau diare. Tapi sekarang minuman ini dianggap trend yang biasa disebut minuman alami atau air mentah.

NBC News melaporkan bahwa air mentah (kotor, tanpa filter dan bisa terkontaminasi oleh berbagai hal) mulai trend, pada saat bersamaan sekitar 800 juta orang tepaksa meminum hal yang sama dan meninggal.

Ini tidak berlebihan, Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan air mentah menyebabkan sekitar 502.000 kematian pertahun. Setengah juta orang terbunuh setiap tahun hanya untuk meminum minuman yang dianggap trendi ini.

Arang (charcoal) Aktif

Arang hitam digunakan untuk mengubah makanan menjadi berwarna hitam yang menarik, juga dikatakan memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Australia Huffing Post bersama dengan ahli gizi Pip Reed, menjelaskan bahwa arang bisa untuk mendetoksifikasi tubuh.

Memang benar arang bisa menyerap dan menghilangkan hal-hal seperti logam berat dan bahan kimia lainnya di dalam tubuh. Itu sebabnya digunakan untuk menyaring air dan menghilangkan kotoran yang dapat membuat anda sakit ketika meminum air mentah.

Tapi, Ahli gizi Fiona Tuck menjelaskan bahwa tidak hanya mendetoksifikasi tubuh tetapi, arang juga dapat menyerap apa yang ada dalam sistem pencernaan. Termasuk vitamin, nutrisi dan obat yang mungkin sedang anda konsumsi.

Menurut Gastroenterologi Patricia Raymon, MD, Ini juga akan mengurangi keefektivitasan obat yang sedang anda minum. Serta terkait juga dengan segala macam penyebab gangguan pencernaan dan jika anda kebetulan menghirupnya itu akan merusak paru-paru.

Hanya Minum Jus

Sekilas, membersihkan tubuh dengan jus merupakan ide yang baik. Sebenarnya tidak, Berita Kesehatan US bahkan menyebutnya dengan “Kesehatan Sulapan”. Ini dikarenakan apa yang terjadi pada tubuh ketika anda hanya mulai minum jus saja.

Menurut dokter Caroline Cederquist, Sebagian besar masalah terjadi ketika anda memaksa tubuh anda untuk berfungsi dengan cara menghitung kalori di bawah apa yang sebenarnya anda butuhkan. Juga tidak memakan protein yang seharusnya anda butuhkan.

Tanpa adanya protein harian yang cukup, maka tubuh akan mulai mencoba mengambil di tempat lain dengan menghancurkan jaringan otot, dimana anda akan kehilangan berat badan yang selama ini anda jaga.

Karena anda tidak makan dengan benar, ahli gizi Lauren Blake menyatakan tubuh anda akan masuk ke dalam “mode kelaparan”. Memperlambat metabolisme yang akhirnya membuat lebih sulit untuk membakar lemak.

Menambahkan Bubuk Kayu Manis Disetiap Makanan

Apakah anda pencinta bubuk kayu manis atau cinnamon? Jika iya, anda tidak sendiriran. CNN mengatakan itu tidak hanya lezat ketika anda menambahkannya ke dalam secangkir latte, anda juga bisa mendapatkan beberapa manfaat kesehatan sekaligus.

Hal ini telah menjadi bagian dari pengobatan ayurveda selama berabad-abad, yang membantu mengelola kolesterol dan memerangi diabetes. Karena alasan ini, banyak orang-orang menambahkannya ke dalam kopi, roti bakar bahkan ke dalam sup.

Namun, ada beberapa jenis kayu manis dan barang-barang murah lainnya yang tidak memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan jenis yang lebih bagus dan mahal.

Kayu manis cassia yang lebih terjangkau dan ini adalah bumbu favorit di Eropa. Tapi, penelitian menemukan bahwa efek dosis tinggi dari kayu manis ini dapat menyebabkan kerusakan hati, karena itu anda harus memperhatikan berapa banyak kayu manis yang dapat dikonsumsi.

Uni Eropa mengatakan tidak lebih dari 1 sendok per hari untuk orang dewasa. Tapi tidak semua orang rentan terhadap kerusakan hati atau anda bisa membatasinya dengan hanya menggunakan gulungan kayu manis saja.

Makan Bunga

Makanan penutup yang dihiasi bunga dan dapat dimakan tentu sangat menarik. Tapi ada fakta yang menakutkan bahwa banyak bunga-bunga yang tidak dapat dimakan, karena berbahaya.

Ahli botani James Wong, menemukan kue yang menggunakan narcissi atau dafodil yang cantik tapi bisa menyebabkan luka, bengkak dan ruam. Smoothie yang dihiasi catharanthus (bunga beracun yang mengandung bahan kimia digunakan untuk kemoterapi), Puding dengan bunga lantana (dapat menyebabkan gagal hati), dan rhododendron (yang sangat beracun).

Wong secara teratur mengingatkan betapa bahayanya memakan bunga-bunga tersebut, walaupun ada beberapa bunga cantik yang memang bisa untuk dimakan. Anda harus tahu perbedaan bunga mana yang bisa dimakan dengan yang tidak bisa, sebelum meletakkannya di atas sebuah kue.

Mengalihkan Semuanya Pada Minyak Kelapa

Ada begitu banyak pilihan minyak untuk memasak, minyak sayur, zaitun, dan minyak bunga matahari walaupun minyak kelapa dikatakan sebagai minyak yang super sehat. Anda mungkin harus memikirkan kembali kenapa harus mengalihkan semuanya ke minyak kelapa dan inilah alasannya

American Heart Association pada tahun 2017 resmi mengatakan bahwa minyak kelapa lebih buruk dari mentega, lemak daging sapi dan lainnya. Karena minyak kelapa mengandung sekitar 82 persen lemak jenuh.

Ini harus anda hindari, karena terkait akan kolesterol dan penyakit jantung. Association Diet juru bicara Priya Taew mengatakan tentang betapa buruknya minyak kelapa. Dalam diet tidak boleh lebih dari 20g lemak jenuh dalam sehari, dan jumlah itu setara hanya dengan 2 sendok minyak kelapa.

Bebas Gluten

Penyakit celiac adalah suatu kondisi medis yang secara serius dikarenakan membatasi pola makan dari kebiasaan sebagian penduduk. Tapi ntah bagaimana, gluten disalahkan sebagai penyebab autisme, dan makanan bebas gluten pun menjadi trend.

Tapi bagian kesehatan Harvard mengatakan mengurangi asupan gluten atau sama sekali tidak ada berarti anda juga mengurangi serat, vitamin dan nutrisi. Kekurangan vitamin B9 sangat berbahaya bagi wanita yang sedang hamil atau sedang program hamil, vitamin B9 membantu mencegah cacat lahir.

Nitrogen Cair

Menggunakan nitrogen cair, khususnya dalam makanan penutup dan minuman koktail bukanlah hal yang baru, hal ini sangat mudah sehingga melupakan bahaya yang bisa terjadi.

Pada tahun 2017, Pensacola Interstate Fair melayani dessert menggunakan nitrogen cair yang disebut juga nafas naga. Tapi saat seorang gadis menyentuhnya lalu tangan gadis tersebut terbakar dan segera dibawa ke UGD untuk melakukan operasi darurat yang memungkinkan untuk menyelamatkan jarinya.

Bahkan telah dilaporkan juga tragedi menimpa seorang gadis yang berusia 18 tahun, ketika dia meminum koktail yang dibuat dengan nitrogen cair dan menderita reaksi yang menyebabkan pengangkatan pada perutnya. Ini adalah hal yang cukup mengerikan.

Minum Terlalu Banyak Air

Air sangat diperlukan oleh tubuh, tapi terlalu banyak juga dapat membahayakan. Makanan yang mengandung air seperti semangka, buah dan sayuran juga menambah asupan air dalam tubuh.

Minum terlalu banyak air dapat membanjiri ginjal dan ketika itu terjadi, air akan didorong ke dalam sel-sel tubuh, yang mengakibatkan pembengkakan dan bahkan kematian. Hal ini disebut hiponatremia.

Tanda peringatan awal biasanya pusing, mual dan bengkak atau penambahan berat badan saat berolahraga. Selanjutnya mengigau, sakit kepala, kebingungan dan kejang hingga koma.

Teh Kombucha Buatan Rumahan

Kombucha telah dianggap sebagai obat berbagai kondisi penyakit mulai dari tekanan darah tinggi dan kanker radang sendi, tetapi menurut National Capital, kombucha buatan rumahan kemungkinan mengandung banyak risiko yang serius.

Proses yang digunakan untuk membuat minuman kombucha, berkemungkinan membuat minuman berubah menjadi racun. Karena sangat asam, hal ini bisa merusak wadah yang digunakan untuk fermentasi dan akan terkontaminasi.

Pusat racun mengatakan ada laporan dari keracunan timah dan hepatitis dan juga mengalami seperti otot-otot meradang, serangan jantung dan kelemahan otot parah dari tempat pembuatan kombucha rumahan. Hal ini terkait dengan setidaknya 1 kematian.

Susu Non Dairy

Susu almond, susu kedelai dan semua jenis susu yang mulai banyak bermunculan, tidak dapat disangkal bahwa sebagian besar rasanya cukup lezat. Tetapi ada beberapa konsekuensi untuk mengganti susu non dairy dengan versi ini.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Surrey mengganti susu non dairy akan menghilangkan nutrisi penting seperti yodium, susu sapi memiliki sekitar 2 persen yodium.

Kekurangan yodium dapat menyebabkan masalah tiroid dan pada wanita hamil dikaitkan dengan rendahnya IQ pada anak-anak mereka.

CNN mengatakan bahaya lainnya terutama pada anak-anak. Bahwa anak-anak berumur 3 tahun yang minum susu non dairy rata-rata lebih pendek daripada yang minum susu dairy milk.