Manfaat Kesehatan Yang Menakjubkan Dari Kopi Dan Susu

February 14, 2018

Bagi pecinta kopi hal ini tentu akan menjadi kabar yang sangat menggembirakan, apakah anda termasuk salah satunya? Tidak dapat disangkal lagi bahwa kopi dan susu adalah minuman yang tidak bisa dipisahkan dalam menu makanan sehari-hari.

Kita mulai meminum susu dari bayi karena manfaat kesehatan yang luar biasa. Namun, seiring berjalannya waktu kita mulai menguranginya. Kebanyakan seseorang berhenti minum susu dikarenakan dia berpikir bahwa susu mengandung terlalu banyak lemak, yang tidak baik untuk dietnya.

Sementara kopi, beberapa orang berpikir minum kopi dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular atau bahkan kanker. Meskipun demikian, keduanya adalah sumber energi yang baik karena membawa sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang terdapat pada kopi dan susu.

Manfaat Kesehatan Dari Kopi

Kopi kaya akan antioksidan dan nutrisi bermanfaat yang dapat meningkatkan kesehatan. Studi menunjukan bahwa peminum kopi memiliki resiko jauh lebih rendah dari beberapa penyakit yang serius. Berikut manfaat lain dari kopi.

Meningkatkan Energi Dan Kecerdasan

Terbukti secara ilmiah bahwa kopi memiliki kemampuan untuk membuat anda bangun setiap pagi dengan semangat dan meningkatkan energi anda. Dikarenakan kopi mengandung jumlah kafein yang tinggi.

Setelah anda mengkonsumsi kopi, maka akan terserap ke dalam aliran darah lalu menuju ke otak. Setelah sampai di otak, ini akan menghambat neurotransmiter yang disebut adenosin. Lalu jumlah dopamin dan norepinefrin mulai meningkat yang mengarah peningkatan pada neuron.

Penelitian menunjukan bahwa banyak fungsi otak akan secara signifikan meningkat dengan meminum kopi, termasuk mood, memori, energi, kewaspadaan, fungsi kognitif umum serta waktu reaksi.

Membakar Lemak

Kafein dapat ditemukan di sebagian besar suplemen pembakaran lemak. Hal ini terjadi karena kafein adalah salah satu zat alami yang memiliki kekuatan untuk membantu membakar lemak.

Dengan minum kopi, yang mengandung kafein akan membantu meningkatkan metabolisme anda 3-11 persen. Selain itu, dapat membantu proses pembakaran lemak, cara mudah untuk menurunkan berat badan.

Meningkatkan Kinerja Fisik

Saat anda minum kopi, kafein yang terkandung di dalamnya akan merangsang sistem saraf, sehingga dapat memecah lemak tubuh dari sel lemak. Setelah itu, lemak tubuh akan dilepaskan dalam darah kemudian bertindak sebagai asam lemak bebas dan menjadi bahan bakar.

Tingkat adrenalin juga akan meningkat dengan mengkonsumsi kafein. Kafein dirancang untuk mempersiapkan tubuh untuk melakukan kerja fisik yang sulit. Oleh karena itu, kinerja fisik akan meningkat sebesar 12 persen jika anda meminum secangkir kopi sebelum menuju ke tempat gym.

Nutrisi Penting

Beberapa orang berpikir kopi tidak lebih dari sekedar air yang berwarna hitam, jangan salah! secangkir kopi banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat sangat baik untuk kesehatan seperti :

  • Riboflavin (vitamin B2)
  • Asam pantothenic (vitamin B5)
  • kalium dan mangan
  • Niasin dan magnesium.

Minum hanya satu cangkir kopi tampaknya hanya memberi sedikit manfaat kesehatan, tetapi banyak orang yang meminum beberapa cangkir kopi dalam sehari, hal ini tentu akan meningkatkan jumlah nutrisi yang diperolehnya.

Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 telah menjadi masalah kesehatan besar yang menimpa ratusan juta orang di seluruh dunia. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa anda memiliki kesempatan untuk mengurangi risiko mendapatkan penyakit ini dengan mengkonsumsi kopi.

Banyak studi menunjukan bahwa mereka yang meminum beberapa cangkir kopi dalam sehari memiliki 20-50 persen lebih rendah terkena risiko diabetes tipe 2.

Membuat Anda Merasa Lebih Bahagia

Depresi telah dikenal sebagai gangguan mental yang serius, secara signifikan mengurangi kualitas hidup banyak orang di seluruh dunia. Tapi hal ini telah dianggap umum dan ada sekitar 4.1 persen orang Amerika telah dilaporkan mengalami depresi.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Harvard, para wanita yang meminum lebih dari 3 cangkir kopi dalam sehari memiliki 20 persen lebih rendah terkena risiko depresi. Serta jauh lebih kecil kemungkinannya untuk bunuh diri.

Memperpanjang Harapan Hidup

Mereka yang minum kopi memiliki risiko lebih rendah dari penyebab yang menyebabkan kematian. Beberapa penelitian menunjukan bahwa minum kopi dikaitkan dengan 26 persen lebih rendah risiko kematian pada wanita dan 20 persen pada pria.

Manfaat Kesehatan Dari Susu

Manfaat kesehatan dari susu bisa di dapat dengan di minum secara langsung atau mengkonsumsi produk susu seperti keju, mentega, es cream dan yogurt. Ini adalah salah satu unsur makanan penting untuk manusia karena memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan, berikut beberapa kesehatan yang di dapat dengan rutin minum susu.

Kulit

Apakah anda tahu bahwa Cleopatra, ratu Mesir mandi susu untuk menjaga kulit tetap lembut, bersinar dan kenyal? Anda juga bida mendapatkan kulit indah dan bersinar dengan melakukan hal yang sama atau hanya minum beberapa gelas susu setiap hari.

Kulit anda dapat mencapai level tertinggi berkat kandungan nutrisi yang tinggi di dalam susu. Asam laktat, enzim serta exfoliant, yang akan membantu anda memiliki kulit halus. Juga kulit anda akan menjadi lembab dikarenakan asam amino yang terkandung dalam susu.

Selain itu, akan memperlambat proses penuaan serta mencegah kerusakan yang disebabkan oleh racun-racun di sekitar lingkungan berkat antioksidan dalam susu. Namun, jika anda alergi terhadap susu serta produk yang mengandung susu, anda sebaiknya perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Menguatkan Tulang Dan Gigi

Kalsium penting untuk tubuh, karena ini akan membantu memperkuat tulang. Hal ini penting bukan hanya untuk anak-anak yang masih dalam pertumbuhan tetapi juga orang dewasa perlu memperkuat tulang mereka untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

Selain itu, minum susu setiap hari, akan membantu anda memiliki gigi yang kuat, mencegah gigi berlubang dan kerusakan pada gigi.

Membangun Otot

Susu yang mengandung protein akan membantu otot-otot anda pulih setelah kerja fisik yang sulit. Tubuh anda akan melengkapi dengan apa yang dibutuhkan untuk membangun kembali otot jika anda meminum susu setelah berolahraga.

Ini juga akan menghentikan nyeri yang mengganggu dan mengisi cairan yang hilang selama anda bekerja.

Menurunkan Berat Badan

Banyak penelitian menunjukan bahwa orang-orang yang minum susu rendah lemak setiap hari akan kehilangan berat badan daripada mereka yang tidak minum susu sama sekali.

Susu adalah makanan pembuka yang dapat menjadi snack sehat yang lezat. Oleh karena itu, sangat penting untuk menambah segelas susu untuk makan malam anda atau menikmatinya sambil makan buah-buahan.

Mengurangi Stres

Minum susu adalah cara yang luar biasa untuk menyingkirkan stres pada akhir hari. Anda dapat mengendurkan otot yang tegang dan menenangkan saraf dengan minum segelas susu hangat sebelum tidur.

Secara ilmiah terbukti bahwa dengan meminum susu dapat mengurangi gejala PMS serta meningkatkan energi. Oleh karena itu, ketika anda merasa lelah cobalah untuk meminum segelas susu hangat.

Kesehatan Yang Lebih Baik

Ada beberapa khasiat yang terkandung pada susu yang memiliki kemampuan untuk menurunkan stroke serta tekanan darah tinggi. Susu membantu mengurangi jumlah kolesterol yang dihasilkan hati dan juga dapat bertindak sebagai antasid.

Anda juga akan memiliki mata yang sehat dan penglihatan yang bagus dengan rutin minum susu setiap hari. Beberapa jenis kanker tertentu dapat dicegah hanya dengan mengkonsumi minuman menakjubkan ini.

Ada banyak jenis susu yang dijual di pasar sehingga anda dapat memilih susu organik jika anda khawatir kandungan yang terdapat di dalam susu.