Manfaat Menakjubkan Dari Terapi Uap Untuk Kesehatan

January 22, 2018

Menikmati terapi uap adalah salah satu hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk kesehatan anda. Terapi uap bukanlah suatu konsep baru, Mesir kuno telah mengetahui manfaat terapi ini dan telah dibangun pada pemandian umum. Bahkan saat ini, para ahli menyarankan terapi uap untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, khususnya yang berhubungan dengan pernapasan.

Ada dua cara untuk menggunakan terapi uap, menikmati mandi uap atau menggunakan mangkuk yang diisi air panas. Metode manapun yang anda sukai tetap sama, yaitu alat bantu pernapasan uap untuk memasukan udara hangat dan lembab ke dalam paru-paru melalui hidung dan tenggorokan untuk manfaat terapeutik.

Metode Tradisional Menggunakan Semangkuk Air Panas

Jenis terapi ini bagus untuk pembersihan wajah dan masalah pernapasan.

  1. Tuangkan air panas ke dalam mangkuk besar.
  2. Letakkan mangkuk pada permukaan yang kokoh dan datar.
  3. Pegang handuk di atas kepala dan tutup agar uap tidak keluar, lalu hirup uap tersebut.
  4. Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial yang anda sukai.

Kamar Mandi Dijadikan Ruang Uap
Salah satu cara termudah untuk menikmati mandi uap adalah dengan membeli satu set perlengkapan mandi uap siap pakai. Tapi jika anda tidak ingin menghabiskan uang ekstra, anda dapat mengubah kamar mandi anda menjadi ruang uap. Sangat mudah untuk melakukannya, berikut tipsnya :

  1. Gunakan alat pemanas kecil sekitar 10-15 menit untuk memanaskan suhu kamar mandi sebelum menyalakan air. Matikan alat pemanas sebelum menghidupkan air.
  2. Jika anda memiliki humidifier atau pelembab udara, gunakan untuk membuat uap kamar mandi anda dengan mudah.
  3. Menutup celah-celah di sekitar jendela dan pintu kamar mandi untuk mencegah uap keluar.
  4. Siapkan handuk dan minyak esensial serta air minum dalam botol.
  5. Tuangkan beberapa tetes minyak esensial favorit anda ke dalam mangkuk kecil berisi air panas dan letakan di dekat kamar mandi.
  6. Ubah air ke suhu terpanas dan pastikan anda tidak menggunakan air yang akan membuat kulit anda melepuh.
  7. Duduk dengan nyaman dan letakkan handuk untuk duduk diatasnya. Biarkan uap menembus kulit dan membuka pori-pori kulit anda.
  8. Lakukan mandi uap selama 10-15 menit, sambil minum air putih yang telah disiapkan.
  9. Setelah selesai, siram badan anda dengan air dingin untuk mengembalikan suhu badan anda kembali normal, dan keringkan badan anda secara menyeluruh lalu berikan pelembab untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit anda.

Berikut manfaat yang dapat anda rasakan.

Melancarkan Pernafasan

Jika anda mengalami sinusitis, flu, bronkitis, asma, alergi atau infeksi pernapasan, terapi uap ini sangat bermanfaat. Udara hangat dan lembab yang masuk ke dalam paru-paru membantu anda untuk bernapas sedikit lebih mudah.

Kelembaban yang hangat juga akan mudah membuang lendir sehingga melegakan hidung tersumbat dan bersin. Terapi uap juga membantu melumasi pernapasan yang teriritasi, sehingga anda tidak merasakan iritasi pada hidung.

Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala parah yang disebabkan oleh masalah sinus dapat diobati dengan mudah melalui terapi uap. Terapi uap membantu meredakan selaput lendir dan membantu membersihkan hidung tersumbat, yang membantu mengurangi sakit kepala.

Terapi uap juga, menambahkan kelembaban saluran hidung, yang membantu mengencerkan lendir dan mengurangi penyumbatan. Ini juga dapat membantu meringankan rasa sakit yang anda alami.

Mengurangi Stres

Ketika anda sedang mengalami stres, mandi uap dapat menenangkan pikiran dan tubuh. Rasa hangat dari pemandian uap membantu tubuh melepaskan endorfin, zat kimia baik yang banyak membantu mengurangi efek stres.

Selain itu, endorfin membantu anda untuk tidur lebih nyenyak. Hangat dari uap juga mampu untuk meningkatkan sirkulasi darah dan merilekskan otot-otot anda.

Membuang Racun

Penumpukan racun dan kotoran dalam tubuh dapat mempengaruhi kekebalan dan menimbulkan masalah kesehatan yang berbeda. Namun, dengan melakukan pemandian uap dari waktu ke waktu, anda dapat menyingkirkan racun dan sisa-sisa kotoran yang telah menumpuk dalam tubuh anda, bisa dikarenakan oleh stres, kebiasaan makan yang buruk, pencernaan yang buruk dan faktor luar lainnya.

Hal ini karena uap panas menyebabkan keringat, yang membantu racun keluar dari tubuh. Duduk di sebuah kamar uap selama 15 menit dapat membersihkan tubuh dari racun dan sisa-sisa kotoran yang buruk di dalam tubuh.

Mengurangi Rasa Sakit Dan Otot Kaku

Terapi uap juga dapat membantu otot-otot yang lelah anda pulih setelah melakukan latihan. Inilah kenapa atlet profesional langsung pergi ke kamar mandi uap setelah berolahraga. Kehangatan mandi uap membantu mengurangi kekakuan otot dan rasa nyeri.

Mandi uap juga dapat melebarkan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan aliran darah ke otot-otot. Hal ini memungkinkan lebih banyak oksigen dan nutrisi untuk mencapai area dalam tubuh yang dibutuhkan untuk membantu pemulihan.

Manfaat Untuk Kesehatan Kulit Dan Rambut

Melakukan penguapan 15 menit sekali seminggu dapat menjadikan kulit indah dan sempurna. Uap membuka pori-pori dan keringat yang dihasilkan dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati, bakteri, dan kotoran yang ada di dalam pori-pori kulit.

Mengurangi resiko terjadinya jerawat, komedo dan noda kulit lainnya. Kelembaban yang hangat merangsang sirkulasi darah ke permukaan kulit, yang berarti lebih banyak oksigen dan nutrisi mencapai kulit anda agar tetap sehat dan bercahya.

Tidak hanya kulit, terapi uap juga menjadikan rambut dan kulit kepala yang sehat dengan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, meningkatkan elastisitas rambut dan mengontrol produksi sebum.

Tips tambahan untuk anda :

  • Anda dapat membeli alat uap yang menghasilkan udara hangat, untuk membantu mengurangi gejala flu.
  • Saat menghirup uap dari mangkuk, hindari terlalu dekat dengan mangkuk agar tidak tumpah.
  • Suhu ruang uap tidak boleh melebihi 45 derjat celcius.
  • Jangan berada di kamar uap selama lebih dari 15 menit dan tetap minum banyak air putih.
  • Pemaparan uap dapat menyebabkan dehidrasi, jantung berdebar, pingsan dan mual.
  • Jika anda merasa panas, pusing atau mengantuk segera keluar dari kamar uap.
  • Minum air yang banyak untuk membantu mendinginkan tubuh.
  • Kamar uap yang hangat dan lembab membuat jamur dan bakteri berkembang dengan cepat,
  • Pastikan kamar mandi terjaga kebersihannya.
  • Hindari menggunakan kamar uap umum yang penuh sesak, karna banyak kuman yang menyebar.

Hal yang harus diperhatikan :

  • Terapi uap tidak dianjurkan untuk anak-anak serta wanita hamil dan orang-orang yang mempunyai tekanan darah tinggi.
  • Jangan gunakan terapi uap setelah konsumsi alkohol atau makanan berat.
  • Orang-orang yang memiliki penyakit jantung, diabetes dan masalah kesehatan lain harus berkonsultasi pada dokter sebelum menggunakan ruang uap untuk pertama kalinya.