Manfaat Menakjubkan Mengunyah Permen Karet

February 28, 2018

Tahukah anda, ternyata potongan permen karet tertua di dunia berusia 9.000 tahun! sulit dipercaya, bukan? Yah, hal ini menjelaskan bahwa permen karet bukanlah suatu yang baru. Saat ini permen karet populer dikalangan remaja, mereka percaya ini membuat mereka terlihat keren.

Karena popularitas permen karet, banyak perusahaan mengeluarkan permen karet berbagai merek dan rasa juga berbagai bentuk dan ukuran. Rasa yang paling populer yaitu peppermint, beberapa orang yang sadar akan kesehatan memilih permen karet yang bebas gula.

Permen karet bebas gula bermanfaat bagi kesehatan dan tidak membahayakan bagi gigi anda. Berikut beberapa manfaat dari permen karet bebas gula.

Menjaga Kesehatan Mulut

Permen karet bebas gula baik untuk kesehatan mulut. Proses mengunyah akan meningkatkan aliran air liur, yang membantu membersihkan atau menetralisir asam.

Ini juga membantu menjaga gigi anda tetap kuat dan mengurangi kerusakan serta gigi berlubang. Hal ini juga akan memperkuat lapisan pelindung enamel dan mengurangi sensitivitas gigi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Asosiasi Sental Irlandia menganalisis manfaat kesehatan mulut dari mengunyah permen karet dan menemukan bahwa ini memiliki tempat sebagai mode tambahan dari pencegahan penyakit gigi, dalam hubungannya dengan metode pencegahan lebih tradisional.

Mencegah Bau Mulut

Apakah anda menderita bau mulut? Permen karet bebas gula adalah solusi yang baik. Permen karet bebas gula akan membantu menjaga mulut dan gigi anda bersih dan bebas dari bakteri penghasil bau, dengan menghasilkan lebih banyak produksi air liur.

Dalam sebuah studi yag diteliti di University of Illionis di Chicago menemukan bahwa permen karet rasa cinnamon dapat membantu mengurangi bakteri dalam mulut yang menjadi penyebab bau mulut.

Lain kali jika anda mengalami bau mulut, mulailah untuk mengunyah permen karet bebas gula. Permen karet mint atau rasa asam paling efektif.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Walaupun kedengaran aneh, permen karet juga dapat membantu dalam penurunan berat badan. Hal ini terjadi karena permen karet menekan keinginan anda untuk makan dan membuat anda makan lebih sedikit.

Permen karet membantu untuk mengekang hasrat untuk memakan makanan manis yang merupakan salah satu alasan utama dibalik naiknya berat badan.

Sebuah studi yang disajikan di Federation of America Societies untuk laporan Experimental Biology, permen karet berfungsi sebagai alat yang mudah dan praktis untuk mengelola keinginan untuk mengkonsumsi makanan ringan terutama permen.

Studi lain Menunjukan bahwa mengunyah dapat mengurangi rasa lapar dan asupan makanan, karena perubahan respons usus yang berkaitan dengan rasa kenyang.

Selalu kunyah permen karet bebas gula atau permen karet rasa peppermint untuk mengendalikan nafsu makan.

Mengobati Kadar Asam

Mengunyah permen karet bebas gula adalah obat yang bagus untuk mengobati kadar asam dan memerangi sensasi rasa terbakar di bagian dada atau perut. Ini dapat merangsang air liur, yang merupakan agen alkali dan dapat membantu menetralkan asam lambung.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Annuals Otology, Rhinology dan laryngology mengatakan dampak positif dari permen karet pada pH faring dan esofagus serta juga berguna untuk dijadikan terapi anti refluks adjunctive.

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Dental Research melaporkan bahwa mengunyah permen karet bebas gula selama 30 menit setelah makan dapat mengurangi asam refluks esopagus postprandial.

Setelah makan, kunyahlah sebuah permen karet bebas gula atau permen karet bikarbonat untuk menangkal kadar asam. Tapi hindari permen karet rasa manis dan mint.

Mengurangi Stres

Stres dapat mempengaruhi kesehatan anda, baik secara fisik maupun mental. Untuk mengendalikan tingkat stres, salah satu trik sederhana adalah dengan mengunyah permen karet favorit anda.

Proses mengunyah membantu mengurangi jumlah kortisol dalam tubuh dan melepaskan stres, bahkan dapat mengurangi kecemasan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Practice dan Epidemiology in Mental Health ditemukan bahwa permen karet dapat meningkatkan mood.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam Current Medical Research dan Opinion mengatakan adanya hubungan antara menurunkan stres dan permen karet serta menunjukan permen karet dapat membantu mengurangi tingkat stres yang sehari-hari dirasakan.

Meningkatkan Kosentrasi

Permen karet dapat juga meningkatkan kosentrasi anda dan secara positif mempengaruhi memori dan waktu reaksi. Mengunyah dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini akan meningkatkan jumlah oksigen yang tersedia untuk otak dan meningkatkan fungsi kognitif.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh the British Journal of Psychology, melaporkan bahwa permen karet dapat membantu anda tetap fokus pada tugas-tugas yang membutuhkan pengawasan. Bahkan dapat meningkatkan kosentrasi dalam tugas memori visual.

Mengatasi Telinga Tersumbat

Telinga tersumbat dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan, termasuk rasa berdengung, berangin dan seperti ada sesuatu di dalam telinga anda.

Untuk mengatasi telinga tersumbat, permen karet bebas gula ini sangat bermanfaat. Tindakan mengunyah membantu mengatasi perubahan mendadak dalam tekanan udara yang menyebabkan telinga menjadi tersumbat. Mengunyah akan membuka tabung eustachius dan akan mengurangi kelebihan udara di telinga.

Ini adalah salah satu alasan mengapa dianjurkan untuk membawa permen karet ketika bepergian melalui udara.

Berikut beberapa tips penting untuk anda :

  • Ketika memilih permen karet, pilihlah yang bebas gula untuk menghindari kerusakan pada gigi.
  • Mengunyah permen karet tidak menggantikan menyikat gigi dan flossing, yang merupakan suatu keharusan untuk tetap menjaga kesehatan mulut.
  • Pilihlah permen karet yang bersegel untuk keamanan dan keefektifan.
  • Jika anda mengalami nyeri rahang atau gejala gangguan temporomandibular, anda harus menahan diri untuk tidak mengunyah permen karet.