Manfaat Minyak Neem Untuk Kesehatan Kulit Dan Rambut

April 28, 2018

Lavender dan peppermint, merupakan tanaman yang lebih umum digunakan sebagai minyak. Tapi bagaimana dengan neem? Neem juga dikenal sebagai margosa atau lilac India, yang telah dijadikan sebagai tanaman obat di India sejak zaman Weda.

Selama berabad-abad, hampir setiap bagian dari pohon seperti kulit kayu, akar, daun, biji, buah dan bunga telah digunakan untuk sifat antimikroba dan antiseptik. Tetapi ketika dijadikan untuk minyak maka biji adalah yang terbaik.

Minyak neem memiliki bau seperti bawang putih, dengan rasa pahit dan berwarna kuning kecoklatan. Salah satu komponen aktif, yaitu azadirachtin memiliki sifat pestisida yang mengagumkan. Selain itu minyak neem menawarkan banyak manfaat lainnya yang membuat anda harus memilikinya.

1. Kulit Dan Rambut

Mengurangi Kekeringan dan Membuat Kulit Kenyal

Kaya vitamin E dan asam lemak esensial (EFAs), minyak neem dapat menembus jauh ke dalam kulit. Sehingga menyembuhkan kekeringan ekstrim bahkan kerutan terkecil. Minyak neem juga digunakan untuk meningkatkan penuaan kulit seperti meningkatkan produksi kolagen.

Merawat Kondisi Kulit

Minyak ajaib ini juga memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Bahkan dapat menangkal infeksi jamur kulit seperti kurap dan kutu air. Minyak neem dapat bekerja terhadap kudis dan eksim. Ayuverda merekomendasikan untuk menambahkan 1 gram kapur barus ke dalam minyak neem lalu gunakan campuran ini dua kali sehari.

Melawan Jerawat

Jika anda menderita jerawat, ini bisa menjadi salah satu solusi untuk anda. Menurut pengobatan tradisional, daun neem dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Penelitian telah menemukan bahwa dengan mengoleskan minyak neem dan daun neem yang dihancurkan dapat mengurangi ukuran jerawat. Tapi karena minyak neem terlalu kuat anda harus menambahkan dengan minyak kelapa atau zaitun sebelum mengoleskannya.

Mengatasi Masalah Rambut

Minyak alami neem dapat mengatasi masalah rambut umum seperti uban dan rambut rontok. Kutu dan ketombe juga dapat diobati dengan minyak ini, berkat kandungan picrocrocin azadirachtin. Ini jauh lebih baik daripada produk-produk yang mengandung bahan kimia.

Cara Menggunakannya

Menggunakan minyak neem sangat mudah. Tambahkan beberapa tetes pada produk shampo yang biasa anda gunakan untuk mencuci rambut secara teratur agar membuatnya menjadi lebih efektif. Anda bisa menambahkan 1-5 ml minyak neem pada 100 ml shampo, tergantung dari tingkat keparahan.

Anda bisa mencampurkannya ke dalam krim atau lotion untuk kulit kering. Tapi anda harus melakukan tes alergi dengan menggunakannya dalam jumlah yang lebih sedikit, untuk memastikan kulit anda tidak mengalami alergi.

Bagaimana dengan jerawat yang sedang anda hadapi? Encerkan beberapa tetes minyak neem dalam minyak pembawa seperti kelapa. Oleskan pada jerawat lalu bersihkan setelah beberapa saat.

2. Peradangan

Senyawa fenolik seperti katekin (antioksidan) dalam minyak neem juga dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan dari radang sendi. Cobalah menggosokkan beberapa minyak neem pada sendi yang bengkak untuk mengurangi rasa sakit. Ayuverda juga merekomendasikan minyak neem untuk mengobati cantengan dan peradangan kuku.

3. Infeksi Bakteri Dan Virus

Umumnya, minyak neem sangat baik untuk mengobati infeksi bakteri dan virus. Para peneliti saat ini sedang mempelajari potensi minyak ini sebagai pengobatan untuk herpes dan gonore. Juga dipercaya untuk mengobati infeksi vagina dan penyakit menular seksual lainnya.

Selain itu, ekstrak minyak neem mampu mencegah bakteri E. coli yang menyebabkan diare dan infeksi saluran kemih., K. pneumoniae yang menyebabkan radang paru-paru bahkan virus polio.

4. Kontrasepsi

Cukup menarik ya, minyak neem sedang dipelajari sebagai alat kontrasepsi. Nimbin dan nimbidin, merupakan dua komponen bioaktif dari minyak neem, memiliki sifat spermicidal yang kuat. Dalam uji coba laboratorium hewan, dan manusia dengan memasukkan hanya 1 ml minyak neem terkonsentrasi menghasilkan 100% kemanjuran.

Dalam penelitian selanjutnya, ekstrak minyak neem mampu membunuh sperma tanpa mengganggu sel normal. Sifat ini membuat minyak neem sebagai agen kontrasepsi vagina yang sangat menjanjikan. Tetapi butuh lebih banyak percobaan yang diperlukan untuk menentukan keamanan memasukkan minyak neem ke dalam tubuh.

5. Rumah dan Sekitarnya

Potensi pestisida dari azadirachtin membuat minyak neem berguna di dalam dan di sekitar rumah. Azadirachtin benar-benar dapat bertindak sebagai pengusir serangga dan menghambat kemampuan serangga untuk makan.

Juga dapat mengganggu sistem hormon serangga dan mengganggu siklus pertumbuhan mereka. Hasilnya, sulit bagi serangga untuk tumbuh dan bertelur.

Melawan Nyamuk

Dalam sebuah penelitian di India, mencampurkan 1% minyak neem dan minyak tanah yang dibakar selama 12 jam hasilnya lebih sedikit nyamuk di area penelitian. Secara khusus, campuran ini paling efektif melawan nyamuk Anopheles.

Dalam penelitian lain di India, dengan mencampur 2 persen minyak neem dan minyak kelapa yang diaplikasikan pada kulit para sukarelawan. Ini mampu menangkal beberapa ras nyamuk, menawarkan perlindungan paling banyak dari Anopheles.

Minyak yang luar biasa ini juga dapat menghancurkan larva ketika disemprotkan ke area perkembangbiakan nyamuk. Membuatnya menjadi pilihan alami yang sangat baik di daerah rentan terhadap penyakit yang dibawa nyamuk.

6. Hewan Peliharaan

Pada hewan peliharaan, ini dapat memperkuat respon imun secara keseluruhan dan merupakan penangkal yang sangat baik untuk penyakit kulit. Selain itu minyak neem dapat mengobati eksim dan masalah kulit seperti kutu, kudis, kurap dan kudis di anjing.

Minyak neem dapat membangun kolagen dan membantu menyembuhkan luka. Sebuah penelitian di Ethiopia mengamati pengaruh minyak neem pada kutu ternak yang terus-menerus. Semua larva mati, hanya dengan diobati larutan 50 persen minyak neem.

Jika Anda ingin menggunakan minyak neem pada hewan peliharaan Anda, encerkan dengan air. Periksa dengan dokter hewan Anda untuk jumlah yang aman.