Membentuk Kebiasaan Baik, Tidak Susah. Ikuti Cara Ini Yuk!

January 30, 2018

Saat melihat artis korea pada baper kok bisa ya kulit mereka mulus banget, badan nya juga langsing-langsing. Pengen deh bisa kayak mereka. Trus ntar saat ngeliat teman yang pintar juga iri, kok bisa ya dia pintar banget nilai nya A semua. Eits, udah tau belum kalau itu semua gak terjadi secara instan lho.

Ada beberapa kebiasaan secara disiplin yang mereka jalani. Seperti perawatan wajah dan olahraga secara rutin juga makanan yang di jaga. Begitu juga dengan teman anda yang pintar, dia pasti meluangkan waktu beberapa jam untuk belajar atau sekedar mengulang pelajaran. Dikarenakan aktivitas ini dilakukan secara rutin maka terbentuklah menjadi sebuah kebiasaan.

Membentuk suatu kebiasaan baru bukanlah hal yang mudah apalagi sebuah kebiasaan baik. Tapi percaya atau tidak ketika anda melakukan suatu aktivitas secara berturut-turut maka secara tidak langsung hal itu akan menjadi sebuah kebiasaan, bisa itu kebiasaan buruk maupun baik.

Contohnya ketika anda sulit banget untuk bangun pagi tapi anda ingin mencoba untuk membuat aktivitas bangun pagi menjadi sebuah kebiasaan, di awal mungkin akan terasa sangat berat, tapi setelah memasuki minggu pertama atau minggu kedua maka sudah tidak terasa berat lagi. Bahkan peneliti mengatakan bahwa untuk membentuk sebuah kebiasaan baru diperlukan waktu selama 21 hari.

Hasilnya tentu sebanding dengan usaha yang anda lakukan. Bagaimana apakah anda siap untuk memulai membuat kebiasaan baru? Jika anda memiliki kebiasaan buruk dan ingin mengubahnya anda perlu mengambil langkah-langkah untuk mencoba menggantinya dengan kebiasaan baik yang baru.

Berikut ini langkah yang mungkin bisa anda terapkan.

Membuat Rencana

1. Menetapkan Tujuan

Sebelum anda memulai untuk membuat kebiasaan yang baru, penting untuk menetapkan tujuan. Mengetahui apa yang anda harapkan untuk dicapai. Pastikan tujuan anda terdiri atas tindakan spesifik, terukur, berorientasi, realistis dan waktu pencapaian untuk meningkatkan kesempatan anda untuk sukses. Mempertimbangkan apa yang ingin anda capai dan buatlah rincian sebanyak yang anda bisa. berikut beberapa pertanyaan yang bisa membantu :

  • Tujuan yang jelas bukan samar-samar. Apa sebenarnya yang ingin anda capai dan kenapa?
  • Kegiatan khusus apa yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan anda? Seberapa sering anda harus melakukan kegiatan ini?
  • Kekuatan dan sumber daya apa yang anda miliki untuk mencapai tujuan ini?
  • Kapan anda mulai melakukan tujuan ini? Apa yang akan terjadi jika berhasil? Apa yang akan terjadi jika gagal?

2. Kenali Kebiasaan Yang Ingin Anda Bentuk

Memiliki kebiasaan baik yang sejalan dengan tujuan-tujuan yang ingin anda capai dapat meningkatkan kesempatan untuk mencapai tujuan anda. Setelah anda menetapkan tujuan lalu identifikasikan kebiasaan yang merupakan bagian untuk mencapai tujuan itu. Tanyakan pada diri anda, kebiasaan baik apa yang membantu untuk mencapai tujuan ini?

Sebagai contoh, Jika anda ingin menurunkan berat badan 5kg dalam waktu 4 minggu, anda mungkin memutuskan untuk memulai kebiasaan berjalan di sore hari sekitaran rumah dan memulai kebiasaan lainnya yang dapat membantu penurunan barat badan.

3. Pertimbangkan Motivasi Anda

Setelah anda telah mengidentifikasi tujuan dan kebiasaan baru yang anda butuhkan untuk mencapai tujuan ini, pertimbangkan apa yang menjadi motivasi anda. Motivasi adalah alasan anda ingin membentuk kebiasaan baru ini. Motivasi yang baik dapat menjadi penentu keberhasilan dan kegagalan dalam membentuk kebiasaan baru.

  • Tanyakan pada diri sendiri, Apa manfaat dari membentuk kebiasaan baru ini? Bagaimana kebiasaan baru ini akan memperbaiki hidup saya?
  • Tuliskan motivasi anda sehingga anda dapat kembali ke tujuan awal setiap kali anda membutuhkan dukungan.

4. Memulai Dari Yang Kecil

Walaupun kebiasaan baru yang anda inginkan adalah sesuatu yang besar, mulailah dari perubahan yang kecil untuk meningkatkan peluang keberhasilan. Jika anda membuat perubahan yang terlalu drastis, anda akan merasa bosan dipertengahan akibatnya anda akan mengabaikannya.

Misalnya, anda ingin berhenti memakan makanan seperti gorengan, lemak dan yang manis-manis, anda mungkin akan berhenti untuk tidak memakannya sekaligus. Alangkah baiknya jika anda memulai dengan menghilangkan satu kategori dari waktu ke waktu.

5. Luangkan Waktu

Membentuk sebuah kebiasaan baru memerlukan waktu yang lama. Beberapa sebagian orang mungkin dapat membentuk kebiasaan baru dalam waktu beberapa minggu, sementara yang lainnya butuh waktu beberapa bulan. Cobalah untuk bersabar dengan diri sendiri saat membentuk kebiasaan baru.

6. Harapkan Rintangan

Dalam proses membentuk kebiasaan baru, anda akan menghadapi beberapa rintangan di sepanjang perjalanan. Memahami bahwa anda akan menghadapi rintangan yang dapat membantu anda untuk bisa mengalahkannya dan tetap bergerak maju pada kebiasaan baru anda. Hal ini juga baik untuk mengingatkan bahwa jika anda mengalami kesulitan di pertengahan, itu bukan berarti anda akan gagal.

Misalnya, jika anda gagal dalam hari ini, jangan berkecil hati. Anda hanya perlu meyakini bahwa anda mengalami hari yang buruk pada hari ini dan anda bisa memulai lagi keesokan harinya.

Mencapai Kesuksesan

1. Membuat Pengingat

Memiliki pengingat dapat membantu mengingatkan anda untuk melakukan prilaku baru setiap hari. Membuat pengingat menjadi bagian dari rutinitas harian anda.

Misalnya, jika anda ingin membuat kebiasaan minum segelas air putih saat bangun tidur sebelum mandi, maka buatlah pengingat saat anda bangun maka anda akan langsung minum, maka dari waktu ke waktu prilaku ini akan menjadi otomatis.

2. Ubah Suasana

Suasana merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesempatan anda untuk mencapai tujuan. Cobalah untuk memikirkan cara untuk mengubah suasana sehingga anda akan menemukan cara yang lebih mudah untuk melakukan kebiasaan yang baru.

Misalnya, jika anda ingin membentuk kebiasaan pergi fitnes setiap pagi sebelum bekerja, anda dapat mengatur untuk meletakkan pakaian olahraga dan tas olahraga malam sebelumnya dekat pintu kamar.

3. Menjadi Lebih Sadar

Sebagian besar alasan mengapa beberapa orang memiliki masalah membentuk kebiasaan-kebiasaan baik yang baru adalah karena mereka tidak sadar dan tidak berpikir tentang hal-hal yang di lakukan. Tetapi dengan menjadi lebih sadar anda mungkin akan lebih mudah untuk membentuk kebiasaan baru yang baik.

Misalnya, jika anda ingin membentuk kebiasaan pergi ke tempat fitnes setiap pagi, Pikirkan apa yang membuatmu berhenti. Apa kebiasaan rutinitas pagi anda? Bagaimana anda akan menghabiskan waktu saat anda tidak pergi fitnes? Kenapa lebih memilih menghabiskan waktu anda dengan cara ini? Bagaimana perasaan anda?

4. Memeriksa Kemajuan

Periksa kemajuan anda terhadap kebiasaan yang dapat membantu anda tetap termotivasi. Gunakan jurnal atau aplikasi pada handphone untuk memeriksa seberapa sering anda melakukan kebiasaan baik.

5. Beri Penghargaan Pada Diri Sendiri

Anda bisa memberi hadiah kepada diri anda sendiri ketika anda bisa mencapai satu kebiasaan baik agar menjadi motivasi untuk diri sendiri. Hadiah sederhana seperti pakaian baru ketika anda mampu menurunkan berat badan seperti yang ingin anda capai.

Cara Mengatasi Kebiasaan Buruk

1. Tingkatkan Kesadaran

Hal paling utama untuk mengatasi kebiasaan buruk adalah lebih memperhatikan kebiasaan tersebut. Anda dapat meningkatkan kesadaran ketika anda setiap kali mulai menikmati kebiasaan buruk.

Misalnya, jika anda memiliki kebiasaan buruk ngemil diantara waktu makan, maka anda bisa menulis tanda centang pada indeks kartu setiap kali anda melakukannya. Lakukan selama seminggu untuk melihat seberapa sering anda terlibat dalam kebiasaan ini.

2. Lakukan Langkah-Langkah Mengatasi Kebiasaan Buruk

Alihkan perhatian anda sehingga anda tidak terlibat dalam kebiasaan buruk. Jika anda ingin memakan cemilan diantara waktu makan, coba ganti dengan meminum segelas air putih atau alihkan dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat.