Mengejutkan! Ternyata Menangis Baik Untuk Kesehatan

February 10, 2018

Apakah dikarenakan berakhirnya hubungan dengan kekasih, menonton film sedih atau frustasi di tempat kerja semuanya akan membuat anda menangis.

Bahkan di saat-saat bahagia seperti saat melihat bayi anda untuk pertama kalinya atau pertemuan dengan seorang teman lama yang sudah bertahun-tahun tidak bertemu akan membuat air mata menetes.

Tahukah anda bahwa kelenjar lakrimal pada anda menghasilkan hampir 30 galon air mata per tahun. Wanita juga lebih sering menangis daripada pria. Artikel yang diterbitkan oleh American Psychologikal Association menyatakan bahwa wanita menangis rata-rata 3-5 kali sebulan sementara pria hanya 1-3 kali.

Menangis mengeluarkan air mata yang berupa air mata basal, air mata refleks dan air mata emosi. Air mata basal adalah cairan untuk melindungi mata dan menyebar keseluruh mata, air mata refleks berupa air mata yang keluar ketika ada benda asing yang masuk kedalam mata atau sedang menguap, sedangkan air mata emosi keluar saat perasaan anda tersentuh.

Pernahkah anda bertanya-tanya apa sih manfaat dari air mata? Manfaatnya sangat banyak. Ketika anda meneteskan air mata, anda akan menghilangkan racun di dalam tubuh yang terkumpul diakibatkan oleh stres. Air mata juga mampu menenangkan iris mata dan mata anda.

Air mata juga dapat menggantikan energi negatif dengan energi yang lebih positif. Jadi menangis adalah suatu hal yang normal anda tidak perlu malu. Anda hanya perlu sekotak tisu dan lepaskan semua kesedihan anda.

Nah, berikut beberapa alasan mengejutkan kenapa menangis sangat baik untuk anda.

Membantu Membuang Racun

Menangis dapat membantu membersihkan tubuh dari racun berbahaya dan bahan kimia, beberapa diantaranya dengan menaikkan tingkat kortisol, yaitu hormon yang berkaitan dengan stres.

Seperti sekresi eksokrin lainnya termasuk buang air kecil dan berkeringat, menangis membantu membersihkan tubuh dari kelebihan bahan kimia, racun dan stres yang tidak diinginkan dari perasaan emosional yang akan mempengaruhi kesehatan anda.

Air mata membantu melepaskan racun dan bahan kimia seperti adrenokortikotropik (ACTH) dan prolaktin protein, yang merangsang leusin enkephalin (endorfin) yang bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit alami untuk tubuh.

Membantu Mengatasi Stres

Air mata emosional adalah hal utama untuk memproduksi banyak kortisol di dalam tubuh. Saat anda menangis air mata akan mengeluarkan hormon ini, sehingga benar-benar dapat menghilangkan stres dan ketegangan yang dapat membuat anda merasa lebih baik.

Tidak hanya itu, air mata berisi 30 kali lebih banyak zat mangan daripada darah anda. Dengan demikian, menangis akan menghilangkan ini dari tubuh dan membuat anda merasa lebih ringan dan bebas stres.

Selama stres sangat penting untuk menangis. Ini akan membantu mengurangi resiko serangan jantung dan kerusakan otak. Stres juga dihubungkan dengan sejumlah masalah kesehatan termasuk penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan obesitas.

Selain itu, menangis akan menghilangkan bahan kimia seperti ACTH yang ada dalam tubuh di saat stres. Penghilangan bahan kimia ini penting karena akan memicu kortisol, yang akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Teriakan dapat membuat anda merasa jauh lebih baik saat stres, bahkan dapat menghilangkan perasaan negatif dan frustasi. Tapi perlu diingat jangan berteriak sembarangan ya, pilihlah tempat yang sesuai dan tidak banyak orang. Seperti di sebuah pantai yang sepi.

Meningkatkan Mood

Merasa sedih dan menangis awalnya akan menyebabkan mood anda menurun, tetapi kemudian suasana hati anda akan kembali bahkan lebih tinggi dari sebelumnya. Menangis akan menghasilkan endorfin, hormon yang membuat anda merasa baik. Selain itu, endorfin memiliki efek menenangkan dan membantu anda tidur lebih baik setelah menangis.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa menangis dapat meningkatkan suasana hati juga dapat menjadi obat anti depresan lebih baik dari apapun.

Untuk mendukung pernyataan ini, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015 dan diterbitkan dalam motivasi dan emosi. Para peneliti mengamati hubungan antara pemulihan menangis dan suasana hati mereka menemukan bahwa meskipun awalnya anda menangis karena perasaan terpuruk, rupanya butuh beberapa waktu untuk memulihkan suasana hati anda.

Namun, bagi orang yang mengalami gangguan kecemasan atau perubahan suasana hati kemungkinannya sangat kecil untuk mendapatkan keuntungan dari menangis.

Meningkatkan Penglihatan

Menangis membantu membersihkan dan melindungi mata dari iritasi serta meningkatkan penglihatan. Ketika mata anda mengalami iritasi, ada debu atau benda asing yang masuk, maka kelenjar lakrimal akan diaktifkan untuk merangsang cairan lebih banyak lagi yang dapat membersihkan mata.

Cairan ini juga dikenal sebagai air mata refleks, mengandung glukosa dan lisozim, enzim antibakteri dan antivirus yang melindungi dan menutrisi sel-sel di permukaan di dalam mata. Ini bekerja untuk melarutkan dan memecah dinding pelindung luar bakteri, sehingga membunuh mereka dan mencegah kerusakan pada mata.

Selain itu, National Eye Institute menyatakan bahwa menangis membantu menjaga selaput lendir di mata agar tetap terhidrasi dan dilumasi. Hal ini secara terus menerus di permukaan mata dengan cairan yang menjaga agar tetap lembab dan juga membasuh semua kotoran.

Pelumasan dan hidrasi bola mata dan kelopak mata dapat membantu dalam membersihkan penglihatan agar lebih jelas dan lebih baik.

Membuat Hidung Lembab

Menangis dapat melembabkan dan menghilangkan bakteri dari hidung dengan melepaskan air mata ke dalam hidung melalui saluran air mata.

Air mata anda masuk ke bagian dalam melalui saluran nasolacrimal ke dalam hidung, inilah kenapa saat anda menangis maka hidung anda akan meler.

Ketika air mata bercampur dengan lendir, maka akan terbentuk ingus yang cair di dalam hidung dengan demikian akan membasuh semua kotoran dan bakteri.

Membunuh Bakteri Dan Meningkatkan Kekebalan

Air mata yang keluar dikarenakan menangis dapat menjadi antibakteri dan agen antivirus yang kuat untuk membantu menyingkirkan semua kuman yang terkumpul.

Air mata mengandung lisozim, antibakteri yang kuat, antimikroba dan antivirus, enzim yang berkontribusi untuk membunuh bakteri di mata. Lisozim dapat membunuh 90-95 persen dari semua bakteri hanya dalam beberapa menit.

Mereka membantu dalam memerangi penyakit dan infeksi di mata. Jadi meneteskan air mata adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kekebalan terhadap stres yang anda alami.

Melepaskan Emosi

Menangis mendorong anda untuk menghadapi emosi yang menyakitkan. Meneteskan air mata cara alami untuk menghilangkan ketegangan dalam pikiran. Walaupun menangis tidak dapat mengatasi masalah anda, tapi hal itu akan membantu anda untuk mengambil tindakan yang lebih baik.

Selain itu, menangis dapat melepaskan emosi atas semua kemarahan yang anda alami. Jepang telah membuat terapi menangis untuk menghilangkan stres emosional yang mereka alami. Jadi setelah mereka lelah bekerja seharian di kantor, banyak dari mereka tidak pergi ke bar tapi lebih memilih menonton film sedih agar menangis untuk meluapkan semua emosi.

Tidak hanya itu, bahkan banyak permintaan untuk membuat buku-buku dan acara TV yang sedih agar membantu untuk mengeluarkan air mata emosi dengan menyentuh perasaan mereka.

Meningkatkan Komunikasi

Terkadang menangis berfungsi sebagai media komunikasi, terutama ketika anda tidak dapat mengekspresikan diri menggunakan kata-kata. Misalnya, ketika anda mengalami sakit yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata maka menangis dapat mengungkapkan pesan anda.

Menangis merupakan faktor ikatan yang kuat dalam sebuah hubungan dibandingkan dengan argumen dan keheningan, yang biasanya dapat menyebabkan miskomunikasi. Hal ini karena orang menyadari bahwa ketika seorang menangis secara tiba-tiba, mungkin ada alasan di balik itu

Selain membantu dalam komunikasi, menangis membantu anda berdamai dengan kehilangan. Misalnya kehilangan anggota terdekat atau hewan peliharaan.