Obati Kurap Dengan Resep Rumahan Sederhana Ini

February 22, 2018

Memiliki kurap di tubuh tentu hal yang sangat memalukan karna ini berkaitan erat dengan kebersihan seseorang. Anda pasti akan merasa sangat risih dan malu. Belum lagi saat anda pergi berenang bersama teman-teman anda tidak akan PD untuk ikut gabung dan hanya duduk di tepi kolam tanpa ikut berenang.

Sekarang anda tidak perlu takut lagi karna dengan bahan-bahan sederhana berikut ini masalah kurap anda akan teratasi. Tapi sebelumnya anda harus tahu dulu sebenarnya kurap itu apa sih, serta jenis-jenis dan bagaimana penyebarannya.

Apa Itu Kurap?

Kurap dalam bahasa medis juga dikenal sebagai tinea corporis, yaitu jenis infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur. Dan ini sangat menular semakin cepat anda mengobatinya maka akan semakin baik.

Tinea corporis terkait erat dengan kutu air (tines pedis), kurap di selangkangan (tinea cruris) dan kurap kulit kepala (tinea capitis). Ini dapat muncul di berbagai bagian tubuh, kecuali telapak tangan dan telapak kaki.

Kurap dapat tumbuh dengan cepat  di daerah hangat, lembab dan pada lipatan-lipatan kulit.

Bagaimana Penyebarannya

Kurap dapat tersebar dengan berbagai cara baik langsung maupun tidak langsung, seperti dari orang ke orang, binatang ke orang, benda mati ke orang dan tanah atau kotoran ke orang. Biasanya gejala mulai terjadi sekitar 4-10 hari setelah kontak dengan jamur.

Karakteristik tanda dari infeksi ini adalah berbentuk lingkaran ruam kecil seperti cincin pada tubuh. Gejala lainnya termasuk kemerahan, gatal dan peradangan. Jika tidak ditangani dengan cepat maka akan menyebabkan kulit anda melepuh.

Anak-anak lebih rentan terhadap kurap daripada orang dewasa. Faktor risiko lainnya yaitu termasuk tinggal di daerah basah atau lembab, keringat berlebihan, mengenakan pakaian ketat, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dan berbagi pakaian, tempat tidur atau handuk dengan orang lain.

Kurap pada tubuh dapat dengan mudah diobati dengan menjaga kebersihan yang baik dan menggunakan beberapa pengobatan rumah yang sederhana, alami dan efektif.

Cara Menangani Kurap

Obat fungisida topikal biasanya cukup untuk mengobati infeksi ini. Obat ini biasanya dalam bentuk bubuk, salep atau krim, dan langsung dioleskan pada kulit.

Jika kurap meluas, parah dan tidak bisa lagi diatasi dengan obat ini, maka anda bisa ke dokter untuk mendapatkan resep obat topikal yang lebih kuat.

Nah, berikut beberapa pengobatan ala rumahan yang bisa menyingkirkan kurap pada tubuh anda sebelum anda mengkonsumsi obat-obatan.

Menjaga Kebersihan Dengan Baik

Ketika anda sedang mengobati kurap pada tubuh, menjaga kebersihan adalah suatu keharusan. Ini akan membantu mencegah infeksi menyebar ke area lain tubuh serta mengurangi waktu penyembuhan.

Menurut organisasi kesehatan dunia, kebersihan didukung juga oleh ketersediaan jumlah air yang memadai sangat penting untuk tindakan pencegahan dalam mencegah penyebaran kurap.

Menjaga bagian yang terkena agar tetap bersih, membersihkan dengan air dan sabun setiap hari. Setelah mandi, keringkan kulit terutama di antara jari kaki, selangkangan dan ketiak. Juga, mencegah terjadinya keringat di bagian yang terkena kurap, karena kelembaban dapat membuat jamur dengan mudah menyebar.

Pastikan untuk mencuci tangan anda secara menyeluruh dengan air hangat dan sabun setelah mengobati kurap atau memakai sarung tangan sekali pakai. Juga, hindari berbagi handuk dan pakaian dengan seseorang yang terinfeksi kurap.

Cuka sari Apel

Cuka sari apel adalah obat rumahan yang sangat efektif untuk kurap pada tubuh. Penelitian telah menemukan bahwa ini memiliki sifat anti jamur yang kuat membantu melawan jamur yang menyebabkan infeksi. Juga, cuka sari apel baik untuk kekebalan tubuh.

  • Campurkan cuka sari apel dan air dengan jumlah yang sama. Rendam kapas dan oleskan pada kulit yang terinfeksi. Lakukan 3 kali sehari.
  • Campurkan 1-2 sendok makan cuka sari apel dan sedikit madu ke dalam segelas air hangat. Minum 2 kali sehari untuk membantu melawan infeksi dari dalam.

Tea Tree Oil

Tea tree oil mengandung sifat antijamur dan antiseptik yang dapat mengobati kurap pada tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal yang diterapkan mikrobiologi mengidentifikasi bahwa sebagian besar komponen tea tree oil memiliki kemampuan melawan berbagai jamur.

Teteskan tea tree oil pada kapas beberapa tetes dan oleskan pada bagian yang terinfeksi. Lakukan 2-3 kali sehari selama seminggu atau lebih.

Minyak Kelapa

Sifat melembabkan dari minyak kelapa membantu mengurangi gatal-gatal dan penyembuhan pada kulit. Juga memiliki sifat antijamur yang dapat melawan jamur penyebab infeksi.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal makanan medis, peneliti menyimpulkan bahwa minyak kelapa harus digunakan dalam pengobatan infeksi jamur mengingat spesies candida yang resisten terhadap obat.

  • Panaskan minyak kelapa dalam microwave selama beberapa detik. Terapkan langsung pada bagian yang terinfeksi dan pijat untuk membantu terserap kedalam kulit dengan cepat. Gunakan minimal 3 kali sehari.
  • Masukan 1 sendok makan minyak kelapa hangat ke dalam mangkuk. Tambahkan setengah kapur barus dan biarkan beberapa jam, lalu oleskan campuran tersebut ke bagian yang terinfeksi 2-3 kali sehari.
  • Campurkan minyak kelapa dan minyak oregano dalam perbandingan 5:1 pijat campuran minyak pada kulit, biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat dan keringkan kulit secara menyeluruh. Lakukan 2 kali sehari selama sebulan.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan ramuan antijamur yang menakjubkan. Ini mengandung senyawa antijamur yang dikenal sebagai ajoene, yang sangat efektif terhadap jamur penyebab kurap serta baik untuk kekebalan.

  • Oleskan pasta bawang putih pada kulit, untuk menjaga pasta agar tetap ditempat maka bisa diperban menggunakan kain kasa selama beberapa jam, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan obat ini 1-2 kali sehari selama beberapa minggu.
  • Makan 1-2 siung bawang putih setiap hari. Ini akan membuat jamur sulit untuk bertahan hidup dan menyebar.

Nimba Atau Indian Lilac

India lilac kaya antiseptik dan antijamur yang membantu mengobati kurap pada tubuh dan berbagai infeksi kulit lainnya serta membantu mencegah penyebaran jamur.

  • Oleskan minyak indian lilac pada bagian yang terkena 2-3 kali sehari sampai infeksi menghilang.
  • Campurkan pasta daun indian lilac, minyak wijen dan bubuk kunyit. Oleskan pasta ini pada bagian yang terkena dan biarkan selama 1 jam. Bilas dengan air hangat dan keringkan secara menyeluruh. Ulangi 2 kali sehari sampai sembuh.

Kunyit

Kunyit bekerja sebagai antijamur yang efektif menghambat pertumbuhan jamur dan bertanggung jawab untuk mengatasi infeksi ini. Dan memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang membantu proses penyembuhan.

  • Parut kunyit, oles pada bagian kulit yang terinfeksi 2-3 kali sehari sampai sembuh.
  • Campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit dengan minyak zaitun samapi membentuk pasta. Oleskan pada kulit lalu perban dengan kain kasa. Setelah 1-2 jam bilas dengan bersih, lakukan sampai sembuh.
  • Anda juga bisa mengkonsumsi kunyit dalam bentuk suplemen, tapi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat.

Akar Licorice

Licorice memiliki senyawa kuat fungisida, dapat digunakan untuk mengobati infeksi jamur seperti kurap pada tubuh.

  1. Tuangkan 1 cangkir air ke dalam panci dan tambahkan 5-6 sendok teh bubuk akar licorice
  2. Panaskan, kemudian biarkan mendidih selama 20 menit
  3. Saring dan biarkan hingga dingin
  4. Rendam kapas ke dalam cairan lalu oleskan ke kulit
  5. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat
  6. Lakukan 20-3 kali sehari sampai anda melihat adanya perubahan.

Koloid Perak

Koloid perak juga merupakan pilihan terbaik untuk mengobati kurap. Ini memiliki antijamur yang kuat untuk melawan penyebab kurap sampai ke akarnya. Koloid perak sama sekali tidak beracun.

  • Semprotkan koloid perak ke bagian kulit yang terinfeksi. Ulangi 2-3 kali sehari.
  • Tambahkan 1-2 sendok teh koloid perak ke dalam segelas air dengan saringan. Minum 2 kali sehari selama 1 bulan untuk menghancurkan semua jamur yang berbahaya di dalam tubuh.

Yodium

Tingtur yodium ini efektif dalam menghilangkan kurap pada tubuh, karena sifat antiseptik dan antijamur. Tidak hanya mengatasi langsung ke akarnya tapi juga mencegah penyebaran dari infeksi ini.

Untuk mengobati kurap, anda perlu 2 persen larutan yodium, yang dengan mudah anda dapatkan di toko obat terdekat.

  1. Rendam kapas dalam larutan 2 persen yodium
  2. Oleskan pada bagian kulit yang terinfeksi
  3. Lakukan 2-3 kali sehari selama beberpa minggu.

Beberapa tips tambahan yang bisa anda lakukan :

  • Tidak menggaruk bagian yang terinfeksi, karena itu hanya akan dapat menyebarkan infeksi ke bagian tubuh lain.
  • Mencegah kontak dengan seseorang yang terinfeksi.
  • Jika anda memiliki hewan peliharaan, pastikan dia bersih dari infeksi kurap
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan infeksi dengan makan makanan yang kaya akan vitamin C, D dan seng.
  • Makan makanan seperti gandum utuh, sayuran, zaitun, kelapa, telur, makanan laut, yogurt, bawang putih, lemon dan jeruk.
  • Hindari makanan seperti gula, alkohol, keju, roti yang mengandung ragi dan cokelat.
  • Untuk mengobati kurap ringan, anda dapat mencoba memakai krim anti jamur pada kulit anda.
  • Hindari menggunakan pakaian tebal untuk jangka waktu yang lama dalam cuaca hangat dan lembab.
  • Hindari keringat berlebihan dengan berada di tempat yang dingin dan sejuk.