Orang Tua Mengalami Depresi, Berikut Hal Yang Bisa Anda Lakukan

January 22, 2018

Depresi adalah suatu kondisi yang lebih, dari kondisi keadaan sedih. Bila kondisi seseorang sampai menyebabkan terganggunya aktivitas sosial sehari-harinya maka hal itu disebut sebagai gangguan Depresi Mayor. Jika salah satu atau kedua orang tua anda tertekan dan anda ingin mendukung mereka untuk bisa melalui masa-masa sulit tersebut. Coba dekati mereka dan ekspresikan kekhawatiran anda.

Sulit mengetahui apa yang harus anda lakukan ketika orang tua mengalami depresi. Tergantung pada usia anda, mungkin sangat sedikit yang dapat anda lakukan untuk membantu, berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika orang tua anda tertekan.

Memberi Dukungan

Ketahui gejala-gejala depresi, ketika anda mengetahui orang tua anda telah keluar dari kegiatan yang sebelumnya dia senangi. Orang tua anda mungkin tampak sedih, putus asa atau tak berdaya. Anda mungkin juga melihat perubahan berat badan atau perubahan dalam tidur.

Orang tua anda memiliki perilaku yang berbeda, seperti perasaan lebih jengkel, agresif atau mudah marah dari biasanya. Orang tua anda kekurangan energi dan tampak kelelahan. Meningkatnya penggunaan obat dan konsumsi alkohol atau meningkatnya penggunaan obat tidur.

Anda bisa bertanya apa yang dapat anda lakukan untuk membantu mereka. Bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun, jika orang tua anda tidak mau berbicara anda bisa menawarkan untuk sekedar memijit kepala atau punggung mereka agar bisa sedikit merasa lebih rileks.

Berbicara Pada Orang Tua

Hal yang menakutkan untuk mengangkat dan membicarakan topik tentang depresi, terutama saat berhubungan dengan orang tua. Jika anda prihatin dan merasa tidak ada hal yang lebih baik lagi, tidak apa-apa untuk memulai membahas percakapan tentang depresi. Pendekatan yang anda lakukan untuk menunjukan keprihatinan dan kepedulian bahwa betapa pentingnya dia bagi anda dan ingin melihatnya bahagia.

  • Katakan bahwa anda prihatin terhadap orang tua anda tentang bagaimana kesehatannya dan hal-hal yang berubah darinya, serta apa yang bisa anda lakukan untuk membantunya.
  • Jika orang tua anda mengatakan sesuatu seperti bahwa dia tidak ingin berada disini lagi, anda harus segera mencari bantuan.

Menghabiskan Waktu

Orang tua anda mencintai anda, bahkan jika dia tidak dapat menunjukannya dengan jelas kepada anda. Dengan menunjukan kepada orang tua anda, bahwa anda juga mencintainya luangkanlah waktu untuk menghabiskan waktu bersama mereka. Anda dapat mengambil inisiatif dan mengundang dia untuk melakukan sesuatu dengan anda, lakukan kegiatan yang menyenangkan.

  • Memasak makan malam bersama-sama.
  • Melakukan banyak kegiatan bersama.

Pergi Keluar Dengan Orang Tua

Menikmati sinar matahari dan udara segar, ajaklah orang tua anda untuk sekedar berjalan santai dan membantunya merasa lebih baik. Pergi jalan-jalan di luar dapat menurunkan depresi dan stres. Mengamati pohon-pohon dan binatang-binatang serta menikmati alam dengan pergi ke sebuah taman atau cagar alam serta berjalan-jalan bersama.

Tunjukan Rasa Cinta

Kadang-kadang seseorang bisa tertekan atau depresi saat merasa tidak dicintai atau tidak diinginkan. Anda dapat menulis catatan atau memberi hadiah kecil, apapun itu yang anda lakukan untuk menunjukan bahwa anda mencintai orang tua anda.

Jika anda tidak lagi tinggal bersama orang tua anda, anda dapat menelpon untuk sekedar menanyakan kabar, agar orang tua anda merasa anda masih peduli padanya.

Sentuhan Kekuatan Cinta

Memberikan pelukan yang erat kepada orang tua anda. Orang-orang yang kekurangan kasih sayang cenderung lebih kesepian dan berada pada tingkat depresi yang lebih tinggi. Sementara orang-orang yang cukup mendapatkan kasih sayang cenderung lebih bahagia dan sehat.

  • Peluk orang tua sesering dan senyaman mungkin.
  • Tawarkan bantuan dan sentuh ringan bahu atau lengan untuk memberi dukungan.

Berbicara Dengan Adik Yang Lebih Kecil

Jika anda punya adik yang masih kecil mereka mungkin juga menyadari bahwa ada sesuatu yang berbeda yang terjadi pada orang tua, tapi tidak tahu mengenai hal apa. Jelaskan kepadanya sebaik yang anda bisa agar dia bisa memahaminya dengan baik.

Tahu Apa Yang Harus Dilakukan

Kadang ketika seseorang depresi dia berhenti merawat dirinya seperti berhenti mandi, bekerja bahkan tidak mau makan. Orang tua anda mengabaikan dirinya sendiri bukan berarti kebutuhan anda juga terbengkalai.

Jika kebutuhan anda diabaikan, Anda bisa membantu untuk hal-hal kecil dan bisa meminta bantuan kepada nenek, bibi atau seseorang yang bisa dipercaya.

Mengenali Prilaku Bunuh Diri

Hal ini kedengaran menakutkan tapi mengetahui prilaku bunuh diri ini penting jika orang tua anda tertekan. Orang yang memikirkan tentang bunuh diri akan menunjukan tanda-tanda, dan mengetahuinya di awal akan lebih baik untuk mengambil tindakan sebelum terjadinya hal buruk yang tak terduga. Beberapa tanda bahwa seseorang mencoba bunuh diri :

  • Memberikan barang-barang.
  • Berbicara tentang pergi dan menyelesaikan urusan secara berurutan.
  • Berbicara tentang kematian atau bunuh diri.
  • Berbicara tentang merasa putus asa.
  • Perubahan prilaku mendadak, seperti tenang padahal sebelumnya terus merasa gelisah.
  • Menunjukan prilaku merusak diri, seperti peningkatan konsumsi alkohol serta hal berbahaya lainnya.
  • Mengatakan bahwa anda akan lebih baik tanpa dia atau bahwa dia tidak ingin berada disini lagi dan pernyataan serupa lainnya.

Solusi Untuk Mengatasi Depresi

Tidak ada yang tahu pasti mengapa depresi terus meningkat, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka mengalaminya. Nah ini beberapa solusi yang bisa dilakukan.

  • Meninggalkan situasi atau faktor yang menyebabkan depresi adalah solusi penting.
  • Mengubah pikiran, jika sulit mengubah apapun setidaknya anda dapat mengubah pandangan akan situasi tertentu.
  • Mengeluarkan pikiran-pikiran negatif, dengan melakukan kegiatan fisik seperti pergi berjalan-jalan.
  • Obat antidepresi dan psikoterapi dapat diandalkan dan efisien dalam membantu 80 sampai 90 persen pasien yang mengalami depresi dan ini merupakan peluang yang baik.