Segudang Manfaat Jalan Pagi Yang Harus Anda Ketahui

February 15, 2018

Berjalan kaki sambil menikmati sinar matahari pagi adalah ide yang sangat bagus. Tidak semua orang mau melakukan ini, beberapa orang mungkin malas untuk bangun pagi dan lebih memilih untuk menarik selimut lalu melanjutkan tidur.

Sebagian lagi memilih untuk bangun pagi, bersantai dan melakukan berbagai hal-hal yang bermanfaat bagi tubuh. Hal ini termasuk memasak sarapan, menonton video yang mampu memotivasi serta berjalan-jalan pagi.

Hayo, anda termasuk bagian yang mana ni? orang pertama atau kedua? Jawab dalam hati aja deh.

Jalan-jalan pagi sangat dianjurkan bagi siapa saja, tetapi lebih diutamakan bagi seseorang yang menderita suatu penyakit, seperti diabetes dan jantung. Jalan pagi dapat meningkatkan mood, mengendurkan sendi dan memberikan energi yang anda perlukan selama seharian.

Memulai Berjalan Di Pagi Hari

Sebelum mulai berjalan, anda harus melakukan pemanasan dan melakukan peregangan tubuh. Berikut hal yang perlu dilakukan :

  • Tidak memaksakan melakukan peregangan pada tubuh
  • Bernapas secara perlahan-lahan selama peregangan
  • Bergerak secara perlahan.

Lakukan kurang lebih 30 menit sebelum anda mulai berjalan kaki, anda juga harus menjaga beberapa hal berikut ini untuk menghindari cedera:

  • Ketika berjalan, jari-jari kaki harus lurus kedepan dengan menggunakan sepatu yang nyaman
  • Pada setiap langkah, tumit harus menyentuh tanah, kemudian berat badan mengikuti gerakan maju ke depan
  • Lengan harus begerak secara alami dan terus-menerus
  • Bahu anda harus mundur sedikit dan dagu agak diangkat sedikit, coba untuk tidak melihat kebawah.

Manfaatnya

Berjalan-jalan di pagi hari sekitar 30 menit secara konsisten dapat memberikan manfaat yang banyak untuk tubuh. Latihan ini membantu mengurangi risiko diabetes, depresi, jenis kanker tertentu dan membantu melawan kolesterol serta tekanan darah tinggi.

Dr Gregg Fonarow juru bicara American Heart Association menyatakan bahwa melakukan latihan fisik dapat mengurangi risiko kematian dini, membantu mengatasi masalah kardiovaskular dan menjaga kesehatan.

Berikut beberapa manfaat yang bisa anda rasakan.

Mengurangi Resiko Diabetes

Kasus diabetes meningkat sepanjang waktu, dan menjadi salah satu penyakit yang serius terkait dengan gaya hidup. Ada banyak cara untuk mengurangi risiko penyakit ini dan salah satunya adalah dengan jalan pagi.

Salah satu manfaat terbesar dari jalan kaki di pagi hari adalah bahwa hal ini membantu untuk mengatur kadar gula darah anda dan juga memungkinkan sel-sel otot membakar lebih banyak lemak serta menggunakan glukosa lebih banyak.

Memberikan Peluang Untuk Berpikir Dan Membuat Keputusan Yang Tepat

Jika anda sedang berargumen dengan seseorang, baik secara langsung ataupun tidak, maka dapat membuat anda merasa cukup buruk. Juga anda tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Atau anda diberi pertanyaan besar dan anda tidak yakin apa yang seharusnya anda jawab.

Berjalan-jalan di pagi hari, memberikan kesempatan untuk anda berpikir, meletakan sesuatu ke dalam perspektif dan membuat keputusan yang tepat.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Jumlah kasus obesitas juga meningkat dan ini adalah salah satu pembunuh terbesar di Amerika. Kenapa orang mendapatkan kelebihan berat badan? Salah satunya adalah makanan yang buruk, dan gaya hidup merupakan faktor utama.

Dengan kata lain, Jika anda tidak banyak bergerak, anda bisa menghasilkan lebih banyak lemak yang tidak baik untuk anda. Ada banyak cara latihan untuk menjaga berat badan tetap stabil. Anda dapat bergabung dengan gym dan latihan lainnya.

Anda juga bisa berjalan di pagi hari saat pergi bekerja dan naik tangga, ini merupakan salah satu cara termudah untuk menurunkan berat badan. Serta dapat meningkatkan detak jantung dan membantu tubuh membakar banyak kalori lebih cepat.

Mencegah Stroke

Untuk mencegah stroke, sangat penting untuk menjaga hati tetap kuat dan sehat. Orang-orang yang berjalan pagi secara teratur menurunkan risiko stroke. Serta lakukan perubahan gaya hidup lainnya.

Meningkatkan Suasana Hati

Banyak orang beralih ke kopi untuk membantu meningkatkan suasana hati di pagi hari, padahal ide yang lebih baik adalah berjalan-jalan sambil menikmati matahari pagi.

Ini adalah bentuk latihan yang memicu pelepasan endorphin di otak dan membuat anda merasa lebih baik. Tentu saja, dimana anda berjalan dengan cuaca  cerah yang juga dapat mempengaruhi suasana hati anda.

Membuat Kulit Bersinar

Ingin kulit bersinar? ingin rambut yang kuat? sebaiknya mulai sekarang anda harus rutin untuk berjalan pagi, karena dapat meningkatkan sirkulasi darah dan jadikan jalan pagi menjadi salah satu bagian penting dalam rangkaian perawatan kecantikan anda.

Meningkatkan Energi

Berjalan-jalan di pagi hari dapat meningkatkan energi anda. Rutinitas pagi adalah kunci bagaimana anda akan menghabisi hari anda. Jika pagi hari diawali dengan hal yang buruk maka kemungkinan sepanjang hari anda akan mengalami hari yang buruk begitu juga sebaliknya.

Sarapan dengan makanan yang kaya akan protein adalah cara yang bagus untuk metabolisme tubuh anda di pagi hari. Lalu dilanjutkan dengan berjalan pagi untuk membakar kalori menjadi energi serta meningkatkan aliran darah.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah pembunuh terbesar pada orang dewasa di Amerika. Hal ini sangat menakutkan tapi penyakit jantung dapat dicegah, jika anda melakukan hal yang benar dalam hidup anda.

Bagaimana anda menjalani hidup anda dan pilihan apa yang anda ambil untuk tidak merusak kesehatan anda. Berjalan singkat di pagi hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung sekitar 10 persen. Berjalan lebih lama sekitar 40 menitan maka akan menurunkan risiko lagi sekitar 20 persen.

Ini sangat menakjubkan, karena berjalan tentu hal yang mudah dan anda pasti bisa melakukkannya. Ayo lakukan lebih sering lagi.

Membentuk Tubuh Anda

Ingin tau cara yang sangat mudah untuk mendapatkan tubuh yang lebih kencang? Berjalan-jalan pagi, dapat membentuk perut, kaki dan otot. Bahkan anda tidak perlu untuk bergabung dalam gym.

Memberi Ide Kreatif

Merasa kehabisan ide? Bekerja pada suatu proyek baru tapi tidak tau harus memulai darimana? punya masalah di tempat kerja? Berjalan-jalan pagi akan memberikan solusi baru di dalam kepala anda.

Ketika anda terjebak di dalam ruangan sepanjang waktu, dikelilingi oleh tumpukan kertas pekerjaan, email dan beberapa kekacauan lainnya, maka akan sangat sulit untuk bisa berpikir jernih. Merasa tertekan karena harus memunculkan ide-ide baru.

Menarik diri dan mencari lingkungan baru yang bebas dari gangguan, agar bisa berpikir dengan lebih jernih. Berjalan-jalan di pagi hari bisa anda lakukan untuk mendapatkan ide kreatif. Bebas dari kekacauan dan anda dapat menemukan solusi yang tepat. Ide-ide baru akan muncul dan anda akan merasa lebih baik.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sehebat apapun sistem kekebalan tubuh anda, hal ini tetap membutuhkan bantuan dari anda untuk tetap berfungsi secara maksimal dan dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Juga dapat memperkuat dan melindungi anda dari berbagai infeksi dan penyakit.

Membantu Mengontrol Kolesterol

Kolesterol ada yang baik dan buruk, jika kadar kolesterol buruk meningkat maka dapat menyebabkan serangan jantung. Maka jaga agar kolesterol anda tetap rendah dengan memperbaiki diet dan membuat gaya hidup lebih aktif termasuk berjalan di pagi hari.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Jalan Pagi

Ketika anda melakukan kegiatan fisik apapun pada umumnya, anda harus mempunyai beberapa tindakan pencegahan untuk menghidari risiko pada keselamaytan anda. Ketika anda berjalan anda harus ingat tempat, waktu dan aspek lainnya.

Sebaiknya hindari mengenakan perhiasan, ini tidak hanya membuat anda lebih nyaman tetapi juga menghindari anda dari target pencurian.  Jika anda berjalan pagi seperti disaat matahari terbit, terbenam atau di malam hari sebaiknya gunakan pakaian berwarna-warni untuk memantulkan cahaya.

Berjalan bersama teman atau kelompok lebih baik untuk meningkatkan keselamatan anda. Anda juga perlu membawa alat komunikasi untuk memudahkan saat anda perlu bantuan. Beritau anggota keluarga anda rute yang anda tempuh.

Saat anda menggunakan headsfree untuk mendengarkan musik, sebaiknya jangan terlalu kuat anda harus bisa mendengarkan suara lalu lintas di sekitar anda.