Solusi Mudah Untuk Menghilangkan Garis Senyum

February 20, 2018

Tertawa adalah obat terbaik. Ini sangat benar, tapi bagi sebagian orang hal ini dapat menjadi mimpi buruk. Terlalu banyak tertawa mengakibatkan munculnya garis senyum atau garis ketawa di sekitar mulut.

Garis senyum adalah jenis kerutan yang terjadi di sekitar mulut dan garis-garis ini akan lebih terlihat ketika anda tersenyum. Garis ini terjadi karena gerakan wajah yang berulang, termasuk mengerutkan kening, tersenyum, tertawa dan banyak ekspresi wajah lainnya.

Jenis keriput ini adalah bagian normal dari proses penuaan. Ketika anda beranjak tua, setiap garis di wajah anda akan semakin dalam dan bertambah. Penyebab lain dari garis senyum yaitu hilangnya elastisitas (kolagen), dehidrasi kulit, genetika, rokok, stres, posisi tidur yang salah dan kerusakan akibat sinar matahari.

Walaupun garis senyum ini tidak menyebabkan masalah, tapi banyak orang ingin menyingkirkan garis ini karena dapat membuat tampak lebih tua dari umur yang sebenarnya.

Tidak ada yang dapat dilakukan mengenai garis ini jika dikarenakan faktor usia. Tapi anda dapat mencegah terjadinya garis tertawa dengan kebiasaan baik dan beberapa pengobatan rumah yang mudah dan efektif berikut ini.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk membantu mencegah garis senyum. Sifat anti penuaan dari minyak zaitun yang mengandung polifenol dan asam oleat.

Juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dalam minyak, membantu mencegah munculnya garis senyum baru, dan menghaluskan garis yang telah ada.

 

Minyak zaitun bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit dan meregenerasi sel kulit. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Plos menemukan bahwa asupan asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun membuat penampilan lebih sehat dan mencegah penuan kulit.

  • Oleskan minyak zaitun pada wajah dan pijat dengan lembut untuk membantu minyak masuk jauh ke dalam kulit. Lakukan 2 kali sehari.
  • Campurkan minyak zaitun dan madu dalam jumlah yang sama. Oleskan pada garis senyum dengan gerakan melingkar, selama beberapa menit. Cuci wajah anda, kemudian oleskan pelembab, lakukan ini 1-2 kali sehari.

Minyak Argan

Minyak argan mengandung hingga 80 persen asam lemak yang membantu memerangi radikal bebas. Ini akan membantu mencegah keriput dan garis-garis pada wajah.

Vitamin A dan E dalam minyak ini juga membantu mengurangi kerutan serta flek dan kulit kendur. Minyak ini membuat kulit terasa lembab dan meningkatkan elastisitas kulit agar tetap kencang dan awet muda

Sebuah studi yang diterbitkan dalam intervensi klinis melaporkan bahwa asupan harian atau mengaplikasikan minyak ini memiliki efek anti penuaan pada kulit dan membantu meningkatkan elastisitas kulit.

  • Setelah menghapus makeup dan mencuci wajah secara menyeluruh, oleskan beberapa tetes minyak argan pada kulit dan pijat lembut dengan gerakan melingkar. Lakukan sebelum tidur.
  • Konsumsi 1 sendok minyak argan setiap hari.

Scrub Buah Kiwi

Pengelupasan kulit mati seminggu sekali dengan menggunakan scrub kiwi buatan sendiri membantu memudarkan garis senyum.

Exfloating membantu mengangkat sel kulit mati untuk membuat kulit menjadi sehat, lebih muda, sehingga mengurangi garis-garis halus yang disebabkan oleh tertawa dan tersenyum.

Kiwi bekerja sebagai exfoliant alami yang efektif dan juga mengandung antioksidan, terutama vitamin C dan polifenol yang membantu menyehatkan kulit.

  • Masukan 1 sendok kiwi yang telah dihancurkan, gula dan minyak zaitun ke dalam mangkuk, lalu aduk.
  • Oleskan pada wajah dan pijat lembut dengan gerakan memutar
  • Bilas wajah dengan air hangat
  • Lalu oleskan pelembab
  • Gunakan scrub ini 1-2 kali seminggu.

Olahraga Wajah

Olahraga wajah juga dapat membantu mengurangi garis tertawa di sekitar mulut. Ada beberapa latihan otot-otot untuk mengencangkan kulit wajah. Hal ini akan mengurangi munculnya jenis keriput apapun. Anda juga bisa melakukan pijat wajah atau mata untuk kulit tampak lebih muda.

Latihan ini mendorong tubuh untuk memproduksi endorfin, yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit anda.

Latihan 1

  • Jaga gigi anda tetap tertutup
  • Lalu senyum semaksimal mungkin
  • Tahan posisi ini selama sekitar 10 detik, rileks dan ulangi
  • Lakukan 10-20 kali setiap hari.

Latihan 2

  • Jaga bibir anda tetap tertutup
  • Guanakan jari untuk menarik sudut-sudut bibir sejauh mungkin
  • Tahan posisi ini selama 10 detik, rileks dan ulangi
  • Lakukan 10-25 kali setiap hari.

Tabir Surya

Untuk mencegah garis senyum yang diakibatkan sinar matahari, menggunakan tabir surya adalah pilihan yang terbaik.

Terlalu banyak terkena paparan sinar ultraviolet yang berbahaya dapat merusak kulit, terutama elastin dan menyebabkan hilangnya kolagen. Hal ini dapat menyebabkan garis senyum serta bintik-bintik hitam, kulit tidak merata, kulit kering, kulit kasar dan kulit terbakar.

Menggunakan tabir surya di wajah anda setiap hari bertujuan untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Spf 15 atau lebih tinggi untuk penggunaan sehari-hari dan spd 30 untuk kegiatan luar ruangan yang intens atau sedang berada di luar ruangan sepanjang hari seperti piknik atau ke pantai.

Cobalah untuk menghabiskan lebih banyak waktu di tempat teduh, dan kenakan topi untuk melindungi kulit.

Minum Air

Kulit yang dehidrasi lebih rentan untuk terkena garis senyum, sehingga anda perlu menjaga dehidrasi kulit anda dari dalam. Untuk melakukannya, minum air yang cukup sepanjang hari.

Asupan air yang cukup bisa membantu menjaga kulit anda terdehidrasi dan lembab yang membuatnya tampak lebih muda dan sehat.

Ketika anda tidak minum cukup air, kulit anda akan menjadi kering, kusam, dan mengalami masalah seperti garis-garis halus dan kerutan.

Untuk tetap terdehidrasi, minum 8-10 gelas air sehari. Selain air putih anda juga bisa meminum teh hijau, jus buah dan sayuran atau makan buah dan sayuran yang mengandung banyak air.

Berhenti Merokok

Merokok berbahaya untuk kesehatan dan sangat buruk bagi kesehatan kulit. Rokok adalah salah satu penyebab keriput, termasuk garis senyum. Bahan kimia berbahaya dalam asap rokok dapat merusak kolagen dan elastin kulit serta memperburuk garis tertawa yang sudah ada.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal internasional dermatologi menemukan bahwa merokok dikaitkan dengan keriput dini di wajah. Oleh karena itu, terkait kerutan pada wajah orang yang masih muda tampaknya disebabkan oleh merokok.

Studi lain melaporkan bahwa merokok mengurangi pembentukan kolagen, mengakibatkan degradasi kolagen, mengurangi sirkulasi kulit dan juga nikotin dapat mengurangi ketebalan kulit. Hal ini mengurangi elastisitas kulit dan menyebabkan penuaan dini serta menyebabkan keriput.

Jika anda seorang perokok, sebaiknya cobalah untuk berhenti secepat mungkin untuk menyingkirkan garis tertawa dan kerutan.

Kurangi Stres

Tubuh memproduksi hormon kortisol ketika anda sedang stres. Selain memecah sel, kortisol akan mempercepat produksi radikal bebas.

Radikal bebas berbahaya pada kulit anda dengan mencegah tubuh untuk memproduksi kolagen dan elastin. Ini dapat mempercepat proses penuaan pada kulit dan menyebabkan pembentukan keriput pada wajah.

Untuk melawan garis senyum, anda bisa mencoba berjalan-jalan untuk mengurangi stres. Anda juga bisa mencoba mandi dengan air hangat, mendengarkan musik, menghabiskan waktu dengan melakukan hobi favorit anda atau pilih aktivitas lainnya yang dapat mengalihkan pikiran anda.

Tidur Yang Tepat

Waktu tidur anda setiap malam secara langsung mempengaruhi garis senyum yang membentuk di sekitar mulut. Kurang tidur akan membuat tubuh anda memproduksi kortisol, yang dapat mengakibatkan kulit kendur dan garis-garis halus.

Di sisi lain, Mendapatkan tidur yang nyenyak dapat membantu tubuh anda memproduksi hormon pertumbuhan yang memperkuat ikatan antara sel-sel pada kulit anda. Hal ini menyebabkan kulit lebih kencang, lebih halus, dan tampak lebih muda.

Jadi penting untuk mendapatkan waktu tidur 7-8 jam setiap malam. Selain tidur yang nyenyak anda juga harus memperhatikan posisi tidur.

Posisi tidur juga memainkan peran penting terjadinya garis senyum. Saat anda tidur di satu sisi, kulit wajah anda akan mengalami gesekan secara terus menerus yang pada akhirnya terbentuk garis senyum.

Jadi, cobalah untuk tidur dengan wajah yang tetap lurus dan gunakan sarung bantal sutra.

Akupresur

Berdasarkan teknik penyembuhan di Cina yang menggunakan titik-titik tekanan untuk menstimulasi sirkulasi aliran dan meningkatkan energi serta membuat otot anda menjadi lebih rileks.

Merangsang titik akupresur juga membantu memberi kelembaban kembali pada kulit, yang akan membantu mengurangi garis-garis halus.

Pengobatan akupresure melibatkan dengan memijit titik akupresur tertentu di wajah anda, Penting untuk melakukannya pada seorang ahli. Anda juga dapat mengambil kelas untuk belajar dan berlatih secara teratur.

Beberapa tips tambahan yang bisa anda coba :

  • Mencuci wajah anda 1-2 kali sehari dan dilanjutkan dengan memakai pelembab sesuai dengan jenis kulit anda.
  • Berolahraga secara teratur untuk meningkatkan aliran darah ke kulit. Ini membantu menghasilkan minyak alami dan kelembaban yang meningkatkan pertumbuhan sel baru.
  • Makan banyak makanan yang mengandung antioksidan untuk membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit dan menghilangkan garis-garis halus serta kerutan.
  • Makan makanan yang kaya omega 3 asam lemak untuk membantu menghilangkan garis tertawa dengan mengurangi peradangan dan secara alami meningkatkan kesehatan kulit.
  • Menggunakan serum juga dapat membantu mengurangi dan mencegah garis-garis halus yang disebabkan oleh gerakan yang berulang seperti tersenyum dan tertawa.