Solusi Terbaik Untuk Mengatasi Kulit Berminyak Dengan Vitamin Ini

February 13, 2018

Apakah kulit anda berminyak? Apakah anda ingin tahu vitamin apa saja yang terbaik untuk mengontrol kulit berminyak? Pasti risih donk, udah makeup berjam-jam eh baru keluar beberapa menit muka udah minyakan plus harus  touch up bedak berulang ulang.

Kulit berminyak dapat mengganggu penampilan kulit dan cenderung menghilangkan kesegaran kulit serta membuat kulit wajah terlihat kusam. Kulit berminyak disebabkan adanya produksi minyak yang berlebih dari kelenjar sebaceous di kulit. Kelenjar ini menghasilkan minyak untuk menjaga kulit tetap lembut.

Namun, minyak yang berlebihan dapat menyebabkan kulit sangat berminyak dan membuat anda menjadi tidak percaya diri ini juga dipicu karena diet yang salah atau ketidakseimbangan hormon.

Berikut ini ada beberapa vitamin terbaik yang bisa anda konsumsi untuk merawat kulit berminyak agar tetap kelihatan segar.

Vitamin D

Vitamin D secara teknis adalah hormon pro, yang dapat dihasilkan oleh kulit dengan adanya UVB. Jadi, ini sebenarnya bukan vitamin sama sekali.

Vitamin D dapat dihasilkan oleh tubuh melalui kelenjar sebum. Kelenjar ini menghasilkan minyak yang berubah jika terkena sinar ultraviolet dari matahari menjadi vitamin D.

Jika kekurangan vitamin D maka tubuh akan mengirim sinyal kepada kelenjar sebum untuk memaksimalkan produksi vitamin D maka akan menghasilkan lebih banyak minyak dari biasanya. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi vitamin D, anda bisa mengurangi kerja sebum dan dapat mengurangi minyak yang berlebih sebagai salah satu faktor penyebab jerawat.

Anda bisa mendapatkan banyak vitamin D melalui dua pilihan berikut :

  1. Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari pagi. Berjemur memakan waktu sekitar setengah jam dan dilakukan setiap hari. Kulit anda akan membuat sekitar 1.000 iu vitamin D dan akan mencukupi kebutuhan harian.
  2. Anda dapat mengkonsumsi suplemen vitamin D dan tidak perlu menghabiskan waktu berjemur dibawah sinar matahari pagi. Jika anda memutuskan membeli suplemen, maka pastikan anda membeli vitamin D3 karena ini mudah diserap oleh tubuh. Dalam penyerapannya, vitamin D3 larut dalam lemak.

Vitamin D dikenal sebagai salah satu vitamin paling penting untuk kulit berminyak, beberapa bukti juga menunjukan bahwa anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Vitamin B2

Penelitian menunjukan bahwa kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan kulit berminyak, pigmentasi dan bintik hitam.

Konsumsi lebih banyak makanan yang kaya akan vitamin B2 akan membantu dalam menyeimbangkan sekresi kelenjar minyak. Vitamin ini dapat ditemukan di sebagian besar makanan yang berasal dari tumbuhan dan hewan.

Sumber terbaik dari vitamin B2 adalah telur, ragi, daging, gandum, tomat, sayuran berdaun hijau, melon, kacang hitam, kacang-kacangan dan berbagai macam beras. Jaga makanan ini ditempat yang gelap karena cahaya dapat menghilangkan vitamin.

Selain itu, anda juga dapat mengkonsumsi suplemen vitamin B2, hal ini jarang terjadi reaksi alergi atau efek samping yang tidak diinginkan.

Vitamin B3 dan B Kompleks

B3 disebut juga niasin yang dapat membantu melawan jerawat juga digunakan dalam kosmetik anti penuaan.

Vitamin B komplek dengan sifat detoksifikasi dan anti-inflamasi dapat digunakan dalam banyak produk perawatan kulit untuk mengendalikan kulit berminyak. Campuran aktif niasin, asam pantotenat, pantothenol dan piridoksin di dalamnya dianggap berguna untuk melawan munculnya penghitaman pada kulit.

Vitamin B5

Vitamin B5 atau asam pantotenat yang dibutuhkan untuk metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Vitamin ini memiliki 2 mekanisme seperti mencegah dan menghilangkan gejala jerawat.

  1. Vitamin B5 membantu mengurangi ukuran pori-pori kulit, ketika pori-pori mengecil, penumpukan sebum di dorong keluar ke permukaan kulit dengan pengelupasan. Selain itu, penyempitan membantu mengurangi pori-pori kulit tersumbat oleh bakteri, sel kulit mati dan sebum berlebih.
  2. Asam pantotenat membantu mengobati gejala jerawat dengan meningkatkan koenzim A. Maka akan mempercepat metabolisme lemak sehingga produksi sebum akan berkurang.

Selain itu, makan makanan yang mengandung vitamin B5 akan membantu menyeimbangkan sekresi kelenjar minyak pada kulit. Seperti jamur shitake, keju, alpukat, telur, paha ayam, biji bunga matahari, dan ubi jalar.

Vitamin B12

Jika anda menderita masalah kulit kronis atau kulit kusam dan tidak sehat, mungkin anda kekurangan vitamin B12. Vitamin ini membantu dalam mengendalikan minyak pada kulit, penyembuhan kulit rusak dan mempertahankan warna kulit.

Hal ini akan membantu untuk mengelola pigmen kulit, sehingga mencegah pigmentasi yang berlebih yang mengarah ke penggelapan kulit. Selain itu vitamin B12 juga dapat mempertahankan kulit lebih awet muda.

Kekurangan vitamin B12 dapat mengakibatkan garis dan kerutan. Makanan yang mengandung vitamin B12 dapat ditemukan dalam hati, telur, daging, kerang, keju dan ikan.

Vitamin B6

Kulit berminyak dapat dikontrol dengan diet sehat, tambahkan lebih banyak makanan kaya akan vitamin B6 dalam makanan diet anda. Vitamin B6 adalah vitamin yang larut dalam air, sehingga tubuh anda dapat lebih banyak menyerap dari apa yang dibutuhkan.

Vitamin B6 membantu melindungi kulit dan mengontrol kulit berminyak karena bersifat antioksidan. Selain itu, vitamin B6 dalam jumlah yang besar dapat membantu mengobati jerawat, terutama pada wanita yang sedang mengalami periode menstruasi.

Hanya membutuhkan sejumlah kecil vitamin harian untuk mencegah jerawat sekitar 1.9 mg untuk perempuan dan 2.4 mg untuk laki-laki setiap hari. Anda bisa mendapatkan cukup vitamin ini dengan mengkonsumsi 5 porsi sayuran atau buah-buahan setiap hari.

Vitamin E

Bintik-bintik gelap dapat terjadi oleh berbagai faktor seperti penuaan, radikal bebas dan masalah hati. Vitamin E dapat mengatasi masalah ini, dikarenakan sumber yang kaya akan antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas dan mengurangi kerusakan yang mengakibatkan kelebihan pigmentasi.

Vitamin E juga membantu membersihkan kotoran, debu serta kotoran lainnya dan sekaligus mempertahankan keseimbangan minyak pada kulit. Membantu dalam mengatur produksi protein pada kulit seperti elastin dan kolagen.

Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak, sehingga mudah diserap oleh kulit. Hal ini dapat memudarkan bekas luka serta bintik-bintik gelap yang disebabkan oleh jerawat dengan meningkatkan perbaikan jaringan.

Efek dari vitamin E pada bekas jerawat tidak akan terjadi pada semalam, tetapi akan memudar secara bertahap. Perlu waktu 3 bulan untuk melihat efek yang lebih baik. Pilihan lain anda bisa menggunakan vitamin E beberapa tetes lalu oleskan pada wajah 2 kali sehari.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin E adalah biji bunga matahari, alpukat, bayam, lobak, sawi dan almond.

Vitamin A

Vitamin A penting untuk mempertahankan, memperbaiki dan memperkuat jaringan pelindung kulit. Karotin yang diperoleh dari sumber tanaman sementara retinol ditemukan pada hewan. Vitamin A berguna untuk menyembuhkan jerawat, mengurangi produksi minyak serta meremajakan kulit.

Vitamin ini juga membantu mengurangi peradangan yang merupakan respon dari sel imun dan meningkatkan keseimbangan hormon. Vitamin A membantu mencegah pelepasan sebum berlebih serta menyembuhkan pembentukan jerawat yang meradang.

Makanan yang mengandung vitamin A seperti ubui jalar, wortel, daun selada, melon, mangga dan paprika merah.

Vitamin C

Vitamin ini penting untuk menjaga elastisitas kulit serta membantu dalam penyembuhan luka. Juga bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu vitamin C membantu membuat kolagen yang dapat memperbaiki kulit serta melindungi sistem kekebalan tubuh.

Makan lebih banyak makanan yang mengandung kaya akan vitamin C membantu menyeimbangkan sekresi kelenjar minyak pada kulit. Sumber makanan yang terbaik mengandung vitamin C adalah parika kuning, pepaya, tomat, jeruk, brokoli, kiwi dan jambu biji.

Seng Atau Zinc

Seng dapat mengurangi pori-pori besar, komedo dan jerawat terkait dengan kulit berminyak. Suplemen seng akan memberikan sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang penting untuk mengendalikan kelenjar penghasil minyak.

Namun, seng tidak diproduksi oleh tubuh, jadi harus datang dari suplemen atau makanan yang anda makan. Makanan yang mengandung zenk seperti kacang mete, bubuk kakao, labu, bayam, gandum dan daging.

Omega 3 Asam Lemak

Omega 3 asam lemak sangat penting untuk menjaga kulit yang sehat, menyembuhkan kulit terkelupas dan meningkatkan elastisitas kulit. Juga dapat mencegah hormon androgen melepaskan sebum terlalu banyak.

Sumber yang baik dari omega 3 asam lemak termasuk kembang kol, kedelai, tahu, salmon, sarden, kenari dan udang.

Secara umum, kekurangan vitamin bisa menyebabkan kulit tidak sehat. Namun, anda juga perlu ingat bahwa vitamin tidak akan benar-benar selalu dapat mengatasi semua masalah kulit yang anda alami. Sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen.

Sebelum anda mencari vitamin yang tepat untuk kulit anda, sebaiknya anda meminta pendapat kepada keluarga atau teman anda dengan kasus yang sama dengan anda dalam mengatasi kulit berminyak. Mencari informasi vitamin apa yang terbaik dan apa yang anda butuhkan.

Dari semua daftar vitamin diatas, anda bisa mencoba salah satunya untuk mengatasi kulit berminyak yang anda alami serta untuk mendapatakan kulit yang lebih sehat dan tampak muda.