Tahukah Anda 10 Kebiasaan Ini Dapat Merusak Sistem Kekebalan Tubuh Lho

January 29, 2018

Pernah gak sih lagi di jalan trus kehujanan, nyampe rumah langsung flu besoknya demam atau saat lagi ada perubahan cuaca tiba-tiba badan ngedrop. Bisa jadi kekebalan tubuh anda sedang bermasalah sehingga gampang sakit atau lelah.

Sistem kekebalan adalah mekanisme pertahanan tubuh yang paling utama. Sistem kekebalan tubuh dan kesehatan berhubungan secara langsung. Semakin kuat sistem kekebalan tubuh maka semakin kuat perlindungan untuk melawan virus penyakit yang dapat menyerang tubuh.

Di sisi lain kekebalan tubuh yang lemah dapat membuat anda lebih rentan terhadap serangan penyakit seperti flu, infeksi sinus dan lambatnya proses penyembuhan, serta menyebabkan anemia dan kelelahan.

Diet dan olahraga teratur merupakan peran penting dalam mengatur fungsi sistem kekebalan tubuh dengan baik. Tetapi ternyata ada kebiasaan sehari-hari umum yang benar-benar membahayakan sistem kekebalan tubuh. Untuk menjaga sistem kekebalan tetap kuat, sangat penting untuk menjaga kebiasaan sehat dan berhenti dari kebiasaan yang buruk.

Berikut 10 kebiasaan buruk sehari-hari yang membahayakan sistem kekebalan tubuh.

1. Terjaga Sepanjang Malam

Jika anda sering bekerja larut malam seperti mengerjakan proyek atau sekedar menonton televisi, berarti anda memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Kebiasaan tidur yang buruk dapat menurunkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan mengurangi tingkat sel-sel yang berfungsi  memerangi kuman.

Kurang tidur juga mengurangi produksi sitokin. Saat anda tidur, sistem kekebalan tubuh anda melepaskan jenis sitokin yang membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

Dalam studi 2017, peneliti mengambil sampel darah dari 11 pasang kembar identik dengan pola tidur berbeda dan menemukan bahwa si kembar dengan durasi tidur yang lebih pendek memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah dibanding saudaranya. Pastikan untuk mendapatkan tidur 7-8 jam setiap hari ya.

2. Mengabaikan Kebersihan Pribadi

Mengabaikan Kebersihan dapat meningkatkan risiko terkena kuman berbahaya, yang akan membuat anda rentan terhadap infeksi dan penyakit lain. Melakukan kebersihan seperti menyikat gigi dua kali sehari, mencuci tangan sebelum makan maupun setelah dari kamar mandi, menjaga kuku tetap bersih, mandi dua kali sehari, memasak makanan secara bersih, memakai pakaian yang bersih dan banyak hal lainnya.

Hindari menggunakan barang-barang orang lain, karena kuman dan virus dapat ditularkan melalui barang-barang pribadi.

3. Menggunakan Fasilitas Umum

Anda bisa saja menjaga rumah anda tetap bersih, tapi bagaimana ketika anda keluar dan harus memakai fasilitas umum, seperti toilet? Beberapa tempat-tempat umum yang paling kotor seperti, menu restoran, pegangan dispenser, gagang pintu toilet, keranjang belanjaan dan seterusnya. Itu semua dapat menjadi perantara, perpindahan virus dan bakteri dari orang ke orang.

Hindari menyentuh benda-benda yang umum untuk mengurangi risiko terkena flu dan berbagai kuman lainnya. Membawa pulpen, kertas, tisu, botol air minum dan hal-hal penting lainnya ketika anda pergi keluar. Juga bisa membawa disinfeksi tangan ketika anda selesai bersentuhan atau memegang hal yang kotor.

4. Kelebihan Konsumsi Gula

Gula dapat mengurangi kemampuan sel darah putih untuk membunuh kuman. Gula mencegah vitamin C masuk ke dalam sel darah putih, sehingga kekebalan tubuh melemah. Menariknya, efek gula menekan kekebalan tubuh mulai dalam waktu 30 menit setelah di konsumsi dan dapat berlangsung selama berjam-jam.

Jika anda ingin makan sesuatu yang manis, pilihlah buah-buahan seperti jeruk, apel, mangga, kiwi, semangka, strawberry dan lain-lain yang mengandung gula alami sesuai selera anda. Vitamin C dalam buah-buahan ini juga akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh anda berfungsi dengan baik.

5. Lupa Minum Air

Ketika anda sedang sibuk bekerja, anda akan lupa untuk minum air. Sebenarnya bukan lupa sepenuhnya, tapi malas bergerak untuk mengambil air minum. Tubuh manusia adalah sebagian besar terdiri dari air, jika anda tidak cukup minum maka pasti akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh anda.

Orang yang sehat harus minum sekitar 8-10 gelas air setiap hari. Namun, jumlah air yang anda perlu minum mungkin tergantung pada iklim dimana anda tinggal dan seberapa aktif kegiatan fisik yang anda lakukan.

6. Minum Alkohol

Minum terlalu banyak alkohol benar-benar akan melemahkan dan membunuh beberapa sel antibodi yang diperlukan untuk menghancurkan sel-sel yang terinfeksi virus. Konsumsi alkohol berlebih juga menghambat produksi sel darah putih dan merah, yang akan melemahkan sistem kekebalan tubuh anda dari waktu ke waktu.

Minum alkohol memiliki banyak efek kesehatan negatif, karena alkohol menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi penting.

7 Menghirup Asap Rokok

Asap rokok sangat beracun dan dapat mendatangkan malapetaka pada daya tahan tubuh dengan menekan sel imun. Racun yang anda hirup ketika terpapar asap rokok mengubah berbagai jumlah sel-sel kekebalan tubuh dan mengganggu fungsi lain.

Terpapar asap rokok dapat membuat anda lebih rentan terhadap infeksi pernapasan, asma, alergi dan bahkan kanker paru-paru. Anda harus mencoba untuk menghindari asap rokok sebanyak yang anda bisa. Hindari menghabiskan waktu dengan orang-orang yang merokok serta anjurkan orang-orang terdekat anda untuk berhenti merokok, terutama pasangan.

8. Makan Junk Food

Junk food adalah makanan tinggi lemak jenuh dan kelebihan lemak adalah penyebab utama obesitas. Lemak jenuh memicu sistem kekebalan tubuh untuk mulai menyerang sel-sel sehat. Selain itu, obesitas dapat mempengaruhi kemampuan sel darah putih berkembang biak yang menghasilkan antibodi, sehingga membuat anda lebih rentan terhadap infeksi.

9 Konsumsi Terlalu Banyak Kafein

Berlebihan dalam mengkonsumsi kafein dapat merangsang sistem saraf anda dengan meningkatkan tingkat stres dalam tubuh. Tingkat stres yang tinggi menyebabkan pelepasan hormon stres seperti kortisol.

Kortisol dikenal untuk menekan sistem kekebalan tubuh, dan membuat anda lebih rentan terhadap infeksi dan masalah kesehatan lainnya. Peningkatan kortisol juga dikaitkan dengan masalah kesehatan yang berhubungan dengan jantung, gula darah dan kolesterol tinggi.

Kopi juga bermanfaat jika anda membatasi konsumsinya hanya 1-2 cangkir kopi sehari.

10. Tidak Menggunakan Tabir Surya

Sinar matahari pagi sangat bagus membantu anda untuk memproduksi vitamin D yang membantu memperkuat kekebalan tubuh. Tetapi ketika anda menghabiskan waktu lebih lama lagi di bawah sinar matahari tanpa perlindungan tabir surya, maka akan membahayakan sistem kekebalan tubuh anda.

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memperburuk masalah yang dapat mengganggu seperti herpes atau infeksi jamur. Hal ini terjadi karena sinar ultraviolet menyebabkan imunologi berubah dalam tubuh. Bahkan dapat merusak atau membunuh sel-sel tertentu dekat permukaan kulit, yang merupakan pertahanan utama terhadap infeksi dan racun kimia.

Jadi ada baiknya setiap kali anda pergi keluar, selalu memakai tabir surya dengan minimal spf 15 atau lebih tinggi.