Terapi Musik Ternyata Bisa Menjadi Alternatif Pengobatan Kanker

February 27, 2018

Apa yang anda ketahui mengenai terapi musik untuk pasien kanker? Anda tau secara umum bahwa musik memiliki efek yang besar, karena dapat membuat anda tersenyum ketika anda merasa stres. Musik bisa membawa anda keluar dari hal yang membosankan juga bisa menyentuh perasaan anda.

Tapi bagaimana dengan orang-orang yang hidup dengan kanker? Sekarang ada 30 pusat kanker National Cancer Institute yang memiliki ruangan khusus untuk menawarkan terapi musik sebagai pengobatan integratif untuk kanker.

Terapi Musik

Terapi musik yaitu menggunakan musik dan suara untuk membantu mngecek emosi dan meningkatkan kesejahteraan emosional dan fisik.

Terapi musik dapat membantu anda untuk :

  • Mengekspresikan emosi
  • Mengatasi gejala penyakit dan perawatannya
  • Bersantai dan merasa nyaman
  • Meningkatkan kesehatan fisik dan emosional
  • Mengembangkan kepercayaan dan harga diri
  • Mengembangkan atau menghidupkan kembali rasa kreativitas.

Anda tidak perlu berbakat dalam bidang musik untuk mendapatkan terapi musik. Ini bukan tentang belajar untuk menyanyi atau memainkan alat musik. Dalam sesi terapi musik anda mungkin akan mendengarkan musik dan bernyanyi serta membuat musik dengan alat yang sederhana.

Terapis musik bekerja sama dengan profesional kesehatan lainnya seperti dokter, perawat, terapis wicara, psikolog dan psikiater. Terapi ini bekerja untuk orang dewasa dan anak-anak yang mengalami :

  • Gejala yang disebabkan oleh penyakit fisik atau mental
  • Efek samping dari kanker dan perawatannya
  • Penyakit seperti kanker.

Ada lebih dari 600 terapis musik terdaftar di Inggris. Mereka bekerja di berbagai tempat, termasuk Rumah Sakit NHS dan rumah sakit lainnya serta panti jompo.

Mengapa Penderita Kanker Menggunakan Terapi Musik

Salah satu alasan utama menggunakan terapi musik pada orang yang menderita kanker adalah karena hal ini membuat mereka merasa baik.

Banyak dari kita tahu bahwa mendengarkan sebuah lagu favorit dapat memberikan efek menenangkan. Hal ini membantu penderita kanker untuk mengatasi efek samping seperti :

  • Rasa sakit
  • Kecemasan
  • Depresi.

Terapi musik dapat menjadi sesuatu tempat yang aman bagi penderita kanker  untuk mengeksplorasi rasa takut, kecemasan, marah dan berbagai tanggapan emosional.

Beberapa studi menunjukan bahwa terapi musik dapat membantu anak-anak penderita kanker untuk mengatasi dan mendorong mereka untuk bekerja sama dan berkomunikasi.

Manfaat Terapi Musik Bagi Penderita Kanker

Manfaat Emosional Atau Psikologis

Emosi para penderita kanker kadang-kadang naik turun seperti roller coaster. Dan roller coaster itu bisa melaju ke dua arah, hanya dalam hitungan menit saja. Apakah musik membantu orang-orang yang mengalami emosi naik turun? Lalu bagaimana dengan ketakutan?

Mengurangi Kecemasan Dan Perbaikan Suasana Hati

Musik mengurangi kecemasan dan memiliki dampak positif yang kuat pada kemampuan orang untuk mengatasi kanker. Subjek studi termasuk orang-orang yang mengambil bagian dalam terapi musik sebagai bagian dari program rumah sakit, serta orang-orang yang hanya mendengarkan rekaman musik.

Salah satu tinjauan juga menemukan bahwa musik bisa menjadi berguna dalam mengurangi depresi yang berhubungan dengan kanker.

Peningkatan Kualitas Hidup

Penelitian secara khusus melihat pasien dalam perawatan paliatif memastikan manfaat ini dan lebih banyak lagi, menyimpulkan bahwa musik dikaitkan dengan peningkatan kualitas hidup secara keseluruhan untuk pasien kanker.

Lebih Baik Mengontrol Rasa Sakit

Efek musik pada nyeri dipelajari secara spesifik di antara orang-orang yang menjalani operasi untuk kanker paru-paru. Pasien-pasien ini tidak hanya mengalami penurunan rasa sakit tapi juga pemakaian obat nyeri yang berkurang. Karena obat nyeri dapat menyebabkan efek samping.

Mengurangi Sesak Nafas

Sebuah studi telah mempelajari efek musik pada sesak napas, dengan musik dapat mengurangi sesak napas sambil memberikan dukungan spiritual yang bermakna secara bersamaan.

Manfaat Fisik

Manfaat fisik yang didapatkan dari terapi musik belum dipelajari sampai seperti tingkat manfaat emosional, tapi apa yang telah dipelajari sampai sejauh ini sangat menggembirakan yaitu:

Efek Tanda Vital

Perbaikan sederhana dalam tanda-tanda vital telah terlihat antara pasien kanker yang berpartisipasi dalam studi terapi musik, termasuk penurunan denyut jantung, penurunan tingkat pernapasan dan penurunan tekanan darah.

Meningkatkan Sel Pembunuh Alami

Beberapa studi telah menemukan bahwa mendengarkan musik menghasilkan peningkatan jumlah serta aktivitas sel pembunuh alami dalam tubuh. Sel-sel pembunuh alami adalah bagian agresif dari sistem kekebalan tubuh yang membantu dalam menghilangkan sel-sel kanker.

Musik Terbaik Untuk Penyembuhan

Tentu saja, tidak semua musik dapat membantu. Musik kebencian atau keras tidak mungkin bisa menjadi yang terbaik, tapi itu tergantung pada kesukaan anda juga. Sebuah studi memandang fungsi kekebalan tubuh, ditemukan bahwa “musik alkali” adalah salah satu yang terbaik.

Musik ini mencakup hal-hal seperti musik klasik yang menenangkan, musik India Timur, musik kecapi dan gitar Brasil untuk pemula.

Berapa Lama Terapi Musik Dilakukan?

Anda bisa bekerja sama dengan terapis musik anda untuk merencanakan program yang sesuai dengan kebutuhan anda. Bersama untuk memutuskan seberapa sering anda harus terapi dan berapa lama setiap sesi akan dilakukan.

Sesi terapi musik biasanya berlangsung antara 30-60 menit. Terapis anda mungkin mendorong untuk bermain atau mendengarkan musik di rumah, antara sesi terapi.

Anda mungkin menjalani terapi reguler selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Atau ikut serta dalam sesi terapi musik kelompok. Hubungan anda dengan terapis musik sangat penting. Jika anda merasa tidak nyaman dengan apa yang terapis anda lakukan, anda bisa membicrakan hal itu dengannya.

Penelitian Terapi Musik Pada Perawatan Kanker

Terapi musik memang tidak dapat menyembuhkan, mengobati ataupun mencegah suatu penyakit, termasuk kanker. Tetapi penelitian menunjukan bahwa terapi musik dapat membantu penderita kanker mengurangi kecemasan.

Juga dapat membantu untuk meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi gejala serta efek samping. Kami tidak tahu tentang semua cara musik apakah dapat mempengaruhi tubuh anda. Tapi ketika terapi musik digunakan dalam cara yang tepat untuk setiap orang, maka dapat membantu mereka merasa lebih baik.