Tips Serta Makanan Yang Bisa Mengatasi Dengkuran

April 5, 2018

Mendengkur bukanlah masalah langka dan ini cukup umum disekitar anda, atau mungkin anda sendiri yang mengalaminya. Mendengkur dapat mengganggu tidur pasangan anda dan juga bisa saja menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang serius.

Nah, berikut beberapa tips dan makanan yang bisa membantu menghentikan dengkuran anda. Serta mengontrol masalah dan membuat anda tidur dengan tenang tanpa harus mengganggu orang lain.

Tips Untuk Membantu Menghentikan Dengkuran

Mendengkur dapat terjadi karena berbagai alasan seperti hidung tersumbat. Hal ini biasanya merupakan masalah kronis yang mengganggu banyak orang, bagi sipenderitan juga pasangannya. Anda bisa mencoba tips berikut ini untuk membantu mengontrol dengkuran tanpa harus menggunakan jenis obat-obatan.

1. Mempertahankan Diet Yang sehat

Apakah anda tau bahwa kelebihan berat badan beberapa kilogram dapat menyebabkan dengkuran? Jaringan lemak di sekitar leher dapat mencegah udara mengalir masuk dan keluar ke dalam tubuh anda secara bebas. Anda perlu menghindari mengkonsumsi makanan berat dan produk susu.

2. Mengubah Posisi Tidur

Hal ini lebih baik jika anda tidur miring ke samping daripada tidur telentang. Ketika tidur telentang, Lidah dan langit-langit menekan belakang tenggorokan, ini menyebabkan dengkuran. Oleh karena itu, Tidur dengan miring ke samping dapat membantu anda mencegah masalah ini.

3. Hindari Alkohol

Alkohol serta obat penenang dapat menurunkan tekanan otot-otot di belakang tenggorokan Anda. Jika anda minum anggur atau minuman beralkohol sebelum tidur, anda akan mengalami kondisi mendengkur yang buruk. Bahkan, orang-orang yang tidak mendengkur sekalipun akan mendengkur setelah minum alkohol.

4. Berhenti Merokok

Sekali anda merokok, kemungkinan anda mendengkur akan tinggi karena saluran udara terhambat oleh iritasi selaput ditenggorokan dan hidung.

5. Jaga Bagian Dalam Pernapasan Tetap Bersih

Lebih baik melakukan pernapasan melalui hidung daripada mulut. Untuk melakukannya anda perlu untuk menjaga agar saluran pada hidung tetap bersih. Hal ini akan memungkinkan udara untuk mengalir lebih lambat.

Saluran hidung yang sempit, membuat udara bergerak cepat di dalam hidung. Hal ini akan mengakibatkan dengkuran. Untuk melancarkan saluran hidung, anda bisa mencoba mandi air hangat sebelum tidur. Cara lainnya adalah dengan menggosok beberapa tetes minyak kayu putih ke sarung bantal.

6. Mengganti Bantal

Terkadang, alergi pada bantal dapat menyebabkan kondisi mendengkur. Bantal dapat menjadi tempat berkumpulnya tungau debu yang akan menyebabkan reaksi alergi dan akhirnya membuat anda mendengkur. Dengan demikian, perlu untuk menjemur bantal setiap beberapa minggu untuk mengurangi alergi.

Cara terbaik adalah dengan mengganti bantal setiap 6 bulan dan jaga agar hewan peliharaan anda tidak memasuki kamar tidur.

7. Tetap Terhidrasi Dengan Baik

Ini berarti bahwa anda perlu minum banyak cairan. Jika anda mengalami dehidrasi, dengkuran akan menjadi lebih buruk daripada biasanya. Menurut penelitian Institute of Medicine, laki-laki yang sehat perlu setidaknya minum 16 cangkir sementara perempuan 11 cangkir.

8. Menghindari Asap Rokok

Asap rokok juga berbahaya sama seperti perokok aktif. Hal ini juga dapat menyebabkan dengkuran. Jika memungkinkan dorong pasanganmu untuk tidak merokok serta hindari asap rokok di restoran dan tempat lainnya.

9. Meningkatkan Kebugaran

Tubuh yang aktif berolahraga dapat membantu mengatur pola tidur dan meningkatkan massa otot. Lakukan minimal 2 kali seminggu akan membawa hasil yang luar biasa untuk mengatasi dengkuran.

Makanan Yang Bisa Membantu Mengatasi Dengkuran

1. Susu Kedelai

Faktanya susu sapi dapat membuat anda mendengkur, terutama mereka yang sensitif terhadap laktosa. Masalahnya adalah protein khusus yang dihasilkan dari susu sapi menyebabkan reaksi alergi yang serius.

Reaksi alergi dapat meningkatkan penyumbatan pada bagian hidung sehingga mengakibatkan dengkuran. Kebanyakan dokter menyarankan tidak minum susu sapi untuk mencegah kondisi menjadi lebih buruk. Tetapi anda bisa mencoba minum susu kedelai sebagai alternatif.

2. Madu

Madu adalah anti-inflamasi serta anti-mikroba. Jika anda mengalami dengkuran ketika tidur, cobalah untuk mengkonsumsi madu untuk mengurangi pembengkakan di tenggorok yang merupakan penyebab dari masalah anda.

Anda bisa meminumnya dengan menambahkan madu ke dalam teh sebelum tidur setiap malam. Ini banyak diterapkan oleh banyak penyanyi opera yang terkenal di dunia untuk merilekskan tenggorokan mereka.

3. Makan Ikan Dan Hindari Daging Merah

Ini kedengarannya kontrovesi. Namun, ada hubungannya antara daging dan mendengkur. Daging yang mengandung lemak jenuh menyebabkan sedikit kejang di arteri. Oleh karena itu, Sangatlah penting bagi anda untuk menghindari makan daging merah selama 1-2 minggu untuk melihat perubahannya.

Dengan kata lain, anda harus mengkonsumsi ikan untuk mengatasi dengkuran anda. Asupan daging putih seperti ikan ini dianjurkan bagi orang yang mengalami dengkuran. Ketika anda mendengkur anda bisa mengkonsumsi ikan tuna sirip biru karena efektivitasannya mengatasi dengkuran.

4. Diet Rendah Karbohidrat

Jenis diet ini dapat membantu anda dalam mengurangi dengkur dengan mengembalikan keseimbangan insulin. Alasannya adalah bahwa ruang tidur adalah komponen dari sindrom resistensi insulin. Jadi, jika anda menerapkan diet rendah karbohidrat, anda dapat meningkatkan ruang tidur secara signifikan.

Untuk memiliki rencana diet yang sehat dalam mengelola dengkuran, anda harus mengikuti pedoman resep makanan penutup yang mudah dan lezat seta panduan mengumpulkan makanan sehat.

5. Jauhi Makanan Gula Sederhana

Gula sederhana termasuk seperti permen, minuman beralkohol dan minuman ringan. Bagian hidung akan melembabkan udara sebelum masuk ke paru-paru. Ketika orang mengalami dehidrasi, tubuh mereka akan merespon melalui pernapasan mulut yang akan menyebabkan dengkuran.

Hal ini yang menyebabkan kenapa banyak orang mendengkur setelah minum banyak alkohol yang berlebihan. Alkohol dapat membuat tubuh dehidrasi.

6. Teh

Hubungan teh dan mendengkur terbukti kuat. Teh panas dapat membantu beberapa orang dalam mengurangi dengkuran. Teh mengurangi kemacetan dan lendir. Teh chamomile atau teh hitam yang dicampur dengan madu dan jeruk nipis.

Teh putih dan teh hijau diakitkan dengan pengurangan kemacetan. Dengan demikian, anda dapat menambahkan teh ke dalam makanan harian untuk mengatasi kondisi dengkuran anda secara alami.

7. Bawang

Membiasakan makan bawang tidak hanya memiliki peran anti-inflamasi tetapi juga merupakan kaya akan antioksidan. Mereka juga berfungsi sebagai dekongestan yang dapat membersihkan agar udara bisa lewat dan mencegah terjadinya dengkuran.

8. Minyak Zaitun

Minyak zaitun baik daripada lemak jenuh seperti mentega. Minyak jenuh dapat mengakibatkan pembentukan asam reflux yang dapat menyebabkan mulas pada perut. Sebaliknya, minyak zaitun bertindak sebagai anti-inflamasi dan mengurangi peradangan arteri.

Jika anda tidak memiliki cukup waktu untuk sering berolahraga, maka anda dapat mengikuti beberapa latihan sederhana berikut ini yang juga berguna untuk mengatasi dengkuran

  • Tutup mulut dan lakukan gerakan mengunyah. Pastikan kedua geraham bergerak terpisah, kemudian buat suara “mmmmm”. Lakukan hal ini rutin setidaknya 1 menit.
  • Kedengarannya ini adalah hal lucu, tapi benar-benar berguna. Anda dapat bernyanyi la-la-la, ka-ka-ka, dan ma-ma-ma dengan keras sebanyak masing-masing 5 kali untuk memperkuat otot tenggorokan dan membantu membuat tenggorokan merasa rileks.
  • Tersenyum lebar dan coba lakukan selebar mungkin yang anda bisa selama 10 detik. Jika memungkinkan lakukan latihan ini selama berkali-kali sepanjang hari.
  • Latihan yang dilakukan sebelum tidur dapat membantu anda untuk tidak mendengkur ketika tidur.