Vampire Facial, Perawatan Kecantikan Solusi Awet Muda

February 12, 2018

Vampire facial, terdengar menakutkan tapi ini benar-benar ada lho. Pertama kali dipopulerkan oleh kim kadarshian, dan seketika langsung booming. Anda mungkin pernah melihat beberapa foto selebritis yang beredar di instagram dengan wajah ditutupi darah.

Ya, vampire facial benar-benar menggunakan darah asli, dan ini merupakan tren perawatan kulit terbaru.

Apa sebenarnya vampire facial ini? Apakah ini benar-benar membuat anda menjadi kembali muda atau hanya sekedar tren perawatan kulit? Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai vampire facial.

Apa Itu Vampire Facial ?

Nama lain dari vampire facial  wajah yang sebenarnya adalah Platelet Rich Plasma (PRP). Hal ini pada dasarnya merupakan terapi regeneratif yang hanya menggunakan darah anda sendiri.

Trombosit adalah sel darah kecil yang memainkan peran penting dalam membantu menghentikan pendarahan serta memperbaiki pembuluh darah yang rusak dan sel-sel dalam tubuh.

Trombosit mengandung sejumlah besar faktor pertumbuhan, yang dapat meregenerasi jaringan. Jika trombosit dikeluarkan dari plasma, yang merupakan bagian dari darah dan kembali disuntikan ke dalam kulit, faktor pertumbuhan dalam trombosit dapat menyebabkan regenerasi jaringan meningkatkan produksi kolagen dalam kulit wajah.

Orang-orang yang menggunakan PRP biasanya untuk beberapa hal berikut :

  • Memperbaiki penampilan terutama keriput pada wajah, bekas luka dan stretch mark
  • Meremajakan daerah bawah mata
  • Mengecilkan dan mengencangkan pori-pori.

Apakah Vampire Facial Menyakitkan Dan Aman?

Sebelum jarum disuntikkan ke wajah, maka akan diolesi oleh krim anestesi terlebih dulu. Ini seharusnya tidak menimbulkan rasa sakit, walaupun ketika suntikan dilakukan di perbatasan bibir akan membuat sedikit rasa sakit.

Efek samping yang kemungkinan terjadi biasanya kulit akan sedikit membengkak, gatal-gatal ringan sekitar 1-2 hari dan memar di sekitar mata. Ini dikarenakan daerah mata memiliki banyak pembuluh darah kecil sehingga susah untuk dihindari.

PRP perawatan yang baik dan cenderung aman untuk kulit anda. Oleh karena itu, risiko reaksi jauh lebih sedikit dibanding perawatan lainnya.

Vampire Facial Membuat Anda Terlihat Lebih Muda

Setiap produk perawatan kulit yang dipasarkan akan menyatakan kemampuannya untuk membuat kulit tampak lebih muda dan hal ini bisa dengan hanya menerapkan vampire facial  wajah.

 

PRP mampu membuat anda terlihat lebih muda dikarenakan faktor-faktor pertumbuhan yang membantu produksi kolagen dan meningkatkan kesehatan epidermis, serta membantu menghilangkan bekas luka dan pigmentasi.

Alasan lain mengapa PRP begitu populer adalah karena hanya membutuhkan sedikit waktu istirahat dan hampir tidak ada rasa sakit.

Dr. Goldenberg menjelaskan bahwa pengobatan ini mampu mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, bekas jerawat, melasma dan keriput serta bagus untuk perawatan secara keseluruhan.

Memerlukan Peralatan Yang Spesifik

Vampire facial memerlukan peralatan medis yang spesifik, peralatan utama yang diperlukan untuk melakukan prosedur PRP adalah proses mengeluarkan darah dan untuk memisahkan komponen sel plasma darah.

Ada dua cara trombosit kembali disuntikan.

  1. Injeksi trombosit dilakukan langsung ke wajah menggunakan jarum standar
  2. Melakukan microneedling terlebih dulu pada wajah kemudian menerapkan trombosit pada kulit untuk memungkinkan penyebaran trombosit masuk ke dalam lubang kecil yang dibuat oleh microneedling.

Hasil akhirnya adalah produksi kolagen meningkat serta meremajakan kulit wajah dan membuatnya segar. Banyak yang menyukai perawatan ini karena tanpa adanya bahan-bahan lain kecuali darah sendiri.

Tidak Harus Dilakukan Di Kantor Medis

Sebagian besar prosedur medis perlu dilakukan di tempat yang steril seperti rumah sakit atau pusat bedah, tapi facial vampir bisa di lakukan di luar kantor medis.

Prosedur menggunakan peralatan steril termasuk jarum sekali pakai tidak harus dilakukan di kantor medis. Bisa dilakukan dirumah pasien sesuai kenyamanannya.

Tidak Sama Seperti Operasi Plastik

Vampire facial  merupakan perawatan yang sangat efektif, tapi hal ini tidak bisa melakukan sama persis seperti operasi plastik.

Operasi plastik seperti facelift yang dapat menarik kulit ke atas dan secara lateral atau ke samping, atau memotong kulit tambahan. Sementara vampire facial  membantu menghilangkan keriput dan garis-garis halus, melasma, jerawat dan bekasnya. Ini adalah masalah yang berbeda dari operasi plastik.

Membandingkan operasi plastik dan vampire facial wajah adalah seperti membandingkan apel dan jeruk. Mereka adalah sama-sama buah-buahan yang baik, tetapi jelas berbeda. Operasi plastik tidak dapat membantu seperti apa yang bisa dilakukan oleh vampire facial wajah.

Vampire Facial  Menjadi Perawatan Alternatif Yang Hebat

Meskipun berbeda antar prosedur bedah dengan facial vampire, tapi keduanya dapat membantu membuat anda terlihat lebih awet muda. Vampire facial  dapat menjadi pilihan alternatif anda untuk menghemat biaya dan tanpa harus melakukan operasi.

Vampire facial dapat meremajakan kulit secara alami, dengan merangsang kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit. Perawatan ini sangat efektif, hasil yang di dapat mampu bertahan lama.

Facelift akan memberikan hasil yang langsung karena dikoreksi oleh ahli bedah bukan dari kulit sendiri. Selain itu hasil dari vampire facial tidak akan sedramatis dibanding facelift karena ini adalah sesuatu yang alami dan lebih halus.

Untuk membuat vampire facial lebih efektif, sebaiknya menggabungkan dengan ultherapy yang bisa mengencangkan kulit.

Membantu Agar Produk Perawatan Kulit Bekerja Lebih Efektif

Banyak orang yang melakukan PRP merasakan tiba-tiba produk perawatan kulit mereka bekerja lebih baik. Padahal itu bukan karena produknya, melainkan kulit melakukan penyembuhan sendiri.

Prosedur yang digunakan dengan microneedling, memberi trik sinyal kepada tubuh bahwa terjadi luka yang besar sehingga memicu tubuh untuk menyembuhkannya. Dengan membuat mikro-cedera dengan microneedling maka akan terjadi pertumbuhan kolagen yang tinggi.

Tindakan Pencegahan Setelah Menjalani Perawatan

Seperti rangkaian prosedur medis lainnya, akan selalu ada hal-hal yang bolah dilakukan dan yang tidak setelah melakukan perawatan, untungnya vampire facial  yang hanya menggunakan darah anda sendiri tanpa adanya bahan-bahan lain tidak terlalu banyak tindakan pencegahan yang perlu dilakukan.

Namun, injeksi trombosit kembali kedalam wajah akan dapat menyebabkan sedikit memerah dan bengkak. Jadi sebaiknya hindari aktivitas berat selama 1-2 hari pasca melakukan perawatan, serta menggunakan beberapa bantal dibawah kepala untuk menjaga agar kepala tetap ditopang pada malam hari saat pertama perawatan.

Melakukan Perawatan Secara Teratur

Tidak seperti operasi plastik, vampire facial  tidak hanya dilakukan sekali lalu selesai. Walaupun hasilnya lama, tapi tidak permanen perlu dilakukan perawatan lagi.

Efek vampire facial  cukup bertahan lama karena faktor pertumbuhan trombosit menyebabkan produksi kolagen meningkat. Namun, karena proses penuaan yang normal pada tubuh, kolagen di wajah akan turun setiap tahun. Jadi untuk melawan pengurangan kolagen, ulangi vampire facial  setidaknya setahun sekali.

Apakah Ini Sekilas Tren?

Sekarang anda pasti bertanya apakah vampire facial akan bertahan atau hanya sebuah tren? Mengingat dari semua banyak manfaat yang di dapat dari vampire facial maka tentu saja hal ini akan bertahan.

Tidak seperti kebanyakan prosedur perawatan kulit populer lainnya, vampire facial adalah satu-satunya yang tidak menyuntikkan zat asing kedalam tubuh. Hal ini juga unik karena dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit.