Waspadai Tanda Dan Gejala Kanker prostat

February 8, 2018

Kanker prostat adalah Jenis kanker kedua yang paling umum ditemukan pada pria di Amerika, setelah kanker kulit. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kanker ini adalah salah satu penyebab utama kematian dikalangan orang-orang dari semua ras dan populasi asal Hispanik.

Kanker prostat dimulai pada kelenjar prostat, sebuah kelenjar seukuran kenari pada laki-laki yang terletak di dasar kandung kemih di depan anus dan mengelilingi bagian atas uretra. Prostat membantu mengatur kontrol kandung kemih dan menghasilkan cairan mani untuk memelihara dan mengangkut sperma.

Menurut CDC, sekitar 176.450 orang di Amerika Serikat didiagnosis mengalami kanker prostat dan 27.681 diantaranya meninggal dunia.

Belum diketahui secara pasti penyebab kanker prostat. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Beberapa faktor risiko, seperti :

  • Umur, kanker prostat umumnya mempengaruhi laki-laki diatas usia 50 dan risiko akan meningkat seiring bertambahnya umur.
  • Sejarah keluarga, mereka yang memiliki riwayat keluarga yang pernah didiagnosa kanker prostat akan lebih tinggi mengalami risiko terkena dibanding mereka yang tidak memiliki keluarga dengan penyakit kanker ini.
  • Suku, Laki-laki berkulit hitam lebih memungkinkan untuk terkena kanker prostat dibanding etnis lainnya.
  • Kurangnya olahraga, kurangnya aktivitas fisik membuat anda rentan terhadap kanker prostat.
  • Kadar testosteron tinggi, Laki-laki yang menggunakan terapi testosteron lebih cenderung menderita kanker prostat.
  • Diet yang buruk, seperti kebanyakan kanker, pola makan yang buruk berisiko tinggi menyebabkan kanker prostat. Juga kelebihan produk susu, diet tinggi kalsium, lemak jenuh, asupan alkohol yang tinggi dan suplemen vitamen E dengan dosis tinggi.

Kanker prostat tumbuh dengan lambat dan mungkin tidak ada gejala yang terjadi selama bertahun-tahun. Dalam tahap awal memang tidak ada gejala apapun, gejala mulai keliatan ketika kanker mulai membesar yang akan memberikan tekanan pada uretra.

Perlu diingat bahwa pembesaran prostat bukan berarti itu adalah gejala kanker. Ketika pria beranjak tua, kelenjar prostat sering membesar. Kondisi ini disebut prostat jinak.

Berikut beberapa gejala dan tanda dari kanker prostat yang perlu anda ketahui.

Perubahan Kebiasaan Kandung Kemih

Karena kelenjar prostat yang berdekatan dengan kandung kemih dan uretra, maka kanker prostat akan menyebabkan berbagai gejala saat buang air kecil. Tergantung pada ukuran dan lokasi, tumor dapat menekan dan mempersempit uretra, yang menyebabkan perubahan pada kebiasaan kandung kemih.

Laki-laki dapat melihat beberapa perubahan pada kebiasaan kandung kemih, seperti :

  • Kesulitan buang air kecil atau kesulitan saat mulai dan berhenti buang air kecil
  • Ada sensasi rasa terbakar dan sakit saat buang air kecil
  • Lebih sering buang air kecil, terutama pada malam hari
  • Kehilangan kendali atas kandung kemih yang dapat menyebabkan kebocoran urin
  • Aliran lemah atau tidak lancar
  • Rasa tidak sepenuhnya keluar saat buang air kecil.

Darah Dalam Urin

Darah yang terjadi dalam urin, meskipun paling sering dikarenakan oleh infeksi kandung kemih, tapi juga merupakan indikasi kemungkinan adanya kanker prostat stadium lanjut. Sayangnya, hal ini tidak memiliki tanda atau gejala pada tahap awal.

Ketika tumor membesar, maka akan menekan uretra dan menghalangi sebagian aliran urin atau mungkin dikarenakan adanya jaringan parut di prostat dan sekitarnya. Hal ini dapat mengakibatkan keluarnya darah saat buang air kecil.

Darah dalam urin juga bisa menjadi tanda pertama dari kanker kandung kemih dan ginjal, jadi anda harus segera untuk berkonsultasi pada dokter. Ini biasanya dapat dikontrol dengan pembedahan atau radioterapi.

Tekanan Pada Saraf Tulang Belakang

Kanker prostat kterkadang dapat menyebar ke tulang belakang anda. Dalam bebereapa kasus yang agak jarang terjadi, ini dapat menyebabkan komplikasi yang disebut kompresi saraf tulang belakang.
Tanda-tanda kompresi tulang belakang termasuk :
  • Kelemahan, kesemutan atau mati rasa di lengan atau kaki
  • Nyeri dibagian lengan, kaki atau tubuh
  • Getaran pada kaki
  • Kesulitan meggerakkan lengan dan kaki.

Seksual Disfungsi

Kelenjar prostat memainkan peran kunci dalam sistem reproduksi laki-laki. Oleh karena itu, setiap ada masalah pada jenis kelenjar ini dapat menyebabkan disfungsi seksual.

Ketika menderita kanker prostat, anda mungkin memiliki masalah untuk mendapatkan dan mempertahankan ereksi atau pengalaman menyakitkan saat ejakulasi. Bahkan darah terkadang juga muncul dalam air mani.

Karena disfungsi seksual adalah masalah umum yang terkait dengan bertambahnya usia, banyak orang mengabaikan gejala ini.

Sering Merasa Sakit Di bagian Pinggul

Setelah kanker prostat menyebar dan mencapai tulang, maka dapat menyebabkan rasa sakit yang sering. Rasa sakit ini juga mungkin terjadi di beberapa daerah. Rasa sakit yang hebat tergantung pada pertumbuhan tumor dan berapa banyak penyebarannya ke daerah sekitar.

Laki-laki dengan kanker prostat dapat mengalami rasa sakit di bagian pinggul atau bagian atas paha. Rasa sakit yang dialami bisa ringan maupun kronis.

Lemah Atau Mati Rasa Di Kaki

Bersamaan dengan rasa sakit yang anda alami, anda juga akan mengalami pembengkakan di kaki dan di daerah pinggul serta mati rasa di pinggul dan kaki. Hal ini juga dapat menyebabkan kekakuan di pinggul, paha dan punggung.

Beberapa orang bahkan mengalami kehilangan kontrol pada kandng kemih dan usus. Hal ini bisa terjadi jika kanker telah menyebar ke tulang belakang dan menyebabkan tekanan pada saraf tulang belakang.

Penurunan Berat Badan Yang Tidak Bisa Dijelaskan

Berat badan turun secara drastis adalah salah satu tanda-tanda nyata pertama dari berbagai jenis kanker, termasuk kanker prostat.

Ketika kanker prostat menyebar ke hati dan mengganggu fungsinya sering terjadi penurunan berat badan. Fungsi hati penting untuk mengatur nafsu makan dan menghilangkan racun.

Jika anda tidak mencoba untuk menurunkan berat badan melalui olahraga dan diet, tetapi berat badan anda terus menurun sebaiknya berkonsultasi kepada dokter.

Hypercalcaemia

Hypercalcaemia adalah adanya peningkatan jumlah kalsium yang hadir dalam darah. Ini bisa jadi akibat kanker yang menyebabkan kalsium dilepaskan dari tulang dimana biasanya disimpan. Gejala hypercalcaemia termasuk :

  • Kelelahan dan kekurangan energi
  • Hilangnya nafsu makan
  • Kebingungan
  • Sembelit
  • Haus
  • Frekuensi buang air kecil sering
  • Merasa sakit dan muntah

Periksakan ke dokter jika anda mengalami gejala seperti ini, biasanya kadar kalsium anda dapat diperiksa dengan tes darah. Jika terdapat kalsium terlalu tinggi anda akan mendapatkan beberapa perawatan khusus.

Anda akan di infus untuk membantu mengeluarkan kelebihan kalsium dari tubuh anda. Anda juga bisa mendapatkan obat-obatan yang disebut bifosfona.

Kelelahan

Pada kenyataannya, kanker dapat menyebabkan kelelahan secara terus menerus tidak peduli seberapa banyak anda tidur dan beristirahat. Kelelahan ini berbeda dari kelelahan yang anda rasakan setelah seharian bekerja atau beraktifitas.

American Cancer Society Merekomendasikan bahwa pria di atas 50 tahun dengan satu atau lebih banyak faktor risiko terkena kanker prostat untuk mendapatkan pemeriksaan yang rutin. Pemeriksaan yang rutin mungkin dapat mendeteksi kanker pada tahap awal, sebelum gejala lain muncul.